Tugu Jogja, Sejarah dan Keindahan Dibalik Wisata Ikonik

1 min read

Tugu Jogja

Siapa sih yang belum tahu dan mendengar tentang nama tugu Jogja ini? Ini merupakan salah satu lambang dari kota Jogja yang kerap kali menjadi tempat untuk dikunjungi dan diabadikan oleh para wisatawan. Sebab, ini memang merupakan salah satu ikonik yang khas melambangkan kota Jogja.

Sejarah Tugu Jogja

Sri Sultan Hamengku Buwono I adalah orang yang berjasa atas berdirinya tugu putih nan ikonik ini pada tahun 1755. Ada beberapa hal yang tersirat dari tugu Jogja ini. Salah satunya adalah filosofi tugu Jogja yang terkenal yaitu : Manunggaling Kawula Gusti  yang artinya adalah persatuan antara pihak rakyat beserta pihak sang pemimpin. 

Serta adanya sebuah himbauan berupa semangat untuk mengusir adanya pemerintahan asing dari Indonesia. Tinggi tugu Jogja ini mencapai 25 meter, loh. Namun sayangnya tinggi bangunan ini telah dipangkas menjadi 15 meter saat ini.

Pesona Keindahan Tugu Jogja

Salah satu lambang dari kota Jogja yang menjadi landmark ini memang merupakan salah satu magnet yang kerap kali mengundang wisatawan baik itu wisatawan lokal maupun asing untuk mengunjungi daerah ini. Apalagi jika sudah menjelang malam, karena akan ada gemerlap lampu yang akan menyinari dan menerangi malam-malam yang indah di tugu Jogja ini.

Tips Berwisata di Tugu Jogja

Karena keindahan dari ikonik kota Jogja ini tidak dipungkiri bahwa sudah banyak yang menggunakan tempat ini menjadi tujuan utama untuk dikunjungi. Namun, ikuti anjuran berikut jika anda hendak berwisata ke daerah ini:

  • Karena banyaknya kendaraan yang sering melewati daerah tugu, jadi sebaiknya berhati-hatilah ketika anda hendak berfoto di daerah ini.
  • Sekedar saran, namun memang waktu terbaik untuk berfoto yang sangat dianjurkan adalah jam 11 malam.
  • Anda akan sulit menemukan lahan untuk parkit ketika mengunjungi tempat ini pada weekend atau sabtu minggu.
  • Selalu menjaga kelestarian dari daerah tugu dan jangan merusak apapun yang ada disekitar bangunan tugu.

Fasilitas 

Fasilitas yang ada disini sangatlah terbatas. Karena pada dasarnya daerah tugu Jogja ini tidak secara umum diperuntukan untuk tujuan wisata. Namun, para wisatawan yang sering mampir disini biasanya akan memanfaatkan berbagai fasilitas yang tersedia di dekat daerah tugu Jogja berupa SPBU dan Kantor. Walaupun demikian, tetap ada bangku yang ada di dekat tugu yang tentunya bisa digunakan sebagai tempat untuk bersantai para wisatawan.

Ada taman di sekitar tugu yang disediakan untuk para wisatawan menikmati keindahan dari tugu beserta menikmati wisata kuliner yang bisa dinikmati disana. Karena banyaknya kuliner yang tersedia disana anda tidak perlu lagi pergi jauh-jauh jika lapar. Karena disana ada banyak warung, cafe, dan bahkan angkringan. Jika ingin merasakan beragam makanan khas Jogja maka mampirlah kesini.

Menikmati Keindahan Tugu Jogja

Jika memang ingin menikmati keindahan yang didapati di Tugu Jogja. Maka datanglah kesini pada waktu pagi hari atau ketika malam hari ketika masih tidak banyak yang mengunjungi tempat ini. 

Karena dengan sepinya pengunjung anda bisa menikmati keindahan wisata yang telah berusia 250 tahun lalu tersebut. Yang merupakan sebuah ikonik kebangaan dari penduduk Yogyakarta.

Hunting Foto

Ini merupakan titik spot yang sangat bagus buat berselfie ria. Ya, gunakan waktu-waktu senggang untuk berselfie ria agar bisa mendapatkan spot bagus dan suasana bagus. Makanya sangat disarankan untuk kesana pada waktu dini hari atau menjelang tengah malam. Cobalah, suasananya sangat indah loh!

Baca Juga : Daftar 9 Desa Wisata Di Jogja Dengan Segala Keunikan dan Keindahan Budaya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.