Museum Sonobudoyo : Wisata Budaya Yang Bersejarah

1 min read

Museum Sonobudoyo

 

Salah satu tempat wisata bersejarah yang sering dikunjungi berbagai wisatawan lokal maupun mancanegara yang mengunjungi Jogja adalah Museum Sonobudoyo. Bagi wisatawan lokal, museum yang satu ini memang sudah sangat familiar. Namun bagi anda yang masih baru mengunjungi Jogja maka sangat disarankan untuk mengunjungi museum ini. 

Ada banyak sekali manfaat yang bisa didapatkan jika mengunjungi museum bersejarah yang satu ini. 

Lokasi Museum Sonobudoyo

Sebenarnya museum ini ada di 2 lokasi yang berbeda. Yakni di Ndalem Condrokiranan Wijilan dan di jl. Trikora No. 6, Yogyakarta. Namun, museum ini tetap mudah diakses dari segala penjuru di Jogja. 

Karena tempatnya ada di pusat kota

Museum Sonobudoyo memiliki dua lokasi yang berbeda. Yakni di jalan Trikora No. 6 Yogyakarta dan lokasi kedua berada di Ndalem Condrokiranan Wijilan Yogyakarta. Karena letaknya yang berada di pusat kota, museum ini memiliki akses yang mudah dicapai dari segala arah. Anda juga bisa menjangkaunya dengan berjalan kaki dari Malioboro.

Apa saja sih hal yang bisa dinikmati ketika mengunjungi Museum Sonobudoyo?

Jika anda mengunjungi museum di Jogja ini sebenarnya ada banyak hal menarik yang bisa anda pelajari dan dapatkan disini. Namun sebelumnya, anda juga harus tahu harga tiket masuk museum sonobudoyo dan jam buka museum sonobudoyo. Jam buka Museum Sonobudoyo akan buka jam 08.00 hingga 15.30 dari selasa hingga minggu. Kecuali hari jumat akan buka dari jam 08.00 hingga jam 14.00. 

Sedangkan harga tiket masuk sonobudoyo adalah dewasa perorangan Rp. 3.000 . Untuk dewasa jika berombongan Rp. 2.500 dan wisatawan asing Rp. 5.000. Untuk anak-anak perorangan Rp. 2.000 dan anak-anak berombongan Rp. 2.000.

Ruang Pendopo

Jika kalian mengunjungi museum sonobudoyo ini maka akan bisa menikmati 43 ribu dari koleksi bersejarah yang ada terletak di salah satu ruangan di pendopo. Akan ada pemandangan berupa arca dan beragam relief yang juga disertai dengan adanya 2 buah meriam bersejarah yang di tata sangat bagus. Dan juga memiliki relief tersendiri yang merupakan peninggalan dari umat Hindu dan Budha pada masa lalu.

Ruang Pengenalan

Ruangan ini merupakan salah satu ruangan yang syarat dengan budaya pemujaan dimana akan terdapat koleksi pasren dan krobongan. Krobongan adalah sebuah kamar yang dimaksudkan untuk pemakaian dan penempatan sesajen dan beragam hal lainnya. Keperluannya untuk pemujaan sedangkan pasren adalah sebuah bentuk ruangan altar yang tujuannya untuk pemujaan Dewi Sri. 

Ruang Prasejarah Yang Mencerminkan Kehidupan Masa Lampau

Ya, ini adalah ruangan yang akan memperlihatkan kehidupan di masa lampau. Dimana anda berupa pengunjung bisa menikmati pesta ini bersama keluarga kerabat dan kekasih.

Menikmati Pesona Kain Batik 

Anda bahkan bisa mencobakan koleksi kain batik yang berada pada ruang batik ini loh. Ada banyak koleksi batik yang tertata rapi disini. Tidak hanya koleksi batik di sini anda juga bisa mendapatkan beragam alat untuk proses pembuatan kain batik itu sendiri. Pengenalan alat berupa dingklik atau bangku, taplak, canting dan bantul.

Menikmati Ruang Wayang

Akan ada ratusan dari koleksi wayang yang bisa anda nikmati disini. Sesuai dengan namanya yaitu ruang wayang, maka ada banyak jenis wayang dari jenis wayang kulit hingga jenis wayang golek bisa ditemukan disini.

Ruang Keris

Selain beberapa ruang yang telah disebutkan diatas, ruang tempat penyimpanan ribuan peninggalan benda pusaka berupa keris ini juga harus anda kunjungi. Selain menikmati keindahan pusaka budaya, bisnis anda juga bisa melihat berbagai bentuk serta corak keris yang menjadi peninggalan sejarah tersebut. Nah, bagaimana? Keren bukan?

Baca Juga : 5 Fakta Gereja Ayam, Bangunan Tua Nan Unik

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.