Museum Benteng Vredeburg Bangunan Sejarah Indah Di Jogja

1 min read

Museum benteng Vredeburg

Perjalanan wisata bersejarah tidak kalah menyenangkan dengan adanya wisata alam loh. Coba saja berkunjung ke salah satu museum yang ada di daerah Jogja ini. Museum benteng vredeburg sendiri sebenarnya memiliki beberapa sejarah yang wajib diketahui. Tidak ada salahnya untuk mempelajari sedikit tentang bagunan bersejarah milik bangsa kita bukan? 

Sejarah Singkat Benteng  Vredeburg

Mungkin masih banyak yang belum mengetahui bahwa sebenarnya nama asli dari benteng ini sebenarnya bukanlah benteng Vredeburg. Benteng Vredeburg ini sebenarnya dinamai benteng peristirahatan atau benteng Rustenburg yang telah didirikan pada tahun 1760. Bahkan fakta sejarah menggambarkan bahwa benteng vredeburg ini  sebenarnya dibangun atas perintah dari Sri sultan Hamengku Buwono I. Beliau menuruti permintaan Gubernur Pantai Utara Jawa pada masa itu, Nicolaas Harting. 

Tujuan utama dari pembentukan benteng ini sebenarnya adalah untuk sebuah keamanan di daerah keraton Yogyakarta padahal ada misi terselubung Belanda yaitu untuk memantau setiap pergerakan orang keraton.

Koleksi Museum Benteng Vredeburg

Ada beberapa koleksi yang dimiliki oleh museum benteng vredeburg di Jogja ini. Di museum benteng Vredeburg ini Anda akan mendapatkan dorama yang terpisah ke dalam 2 bangunan yang berbeda. Selain dari 4 bagian dorama yang terpisah pada ruangan berbeda. Ada juga beberapa koleksi seperti seni grafik, lukisan dan layar sentuh yang akan menggambarkan nuansa sejarah yang pekat pada museum tersebut. Museum benteng Vredeburg ini menyajikan sajian dorama yang unik dimana kisah dan ceritanya sangat nyambung antara satu dan yang lainnya. 

Dimana bangunan bersejarah tersebut tampak kental dengan nuansa bangunan kolonial yang serba putih walaupun cat nya sudah mulai memudar. Ketika bagian luar dari bangunan akan menyajikan sebuah gambaran langit yang biru dan indah dengan kumpulan awal tebal. Dimana anda bisa menikmati sensasi pemandangan dua buah patung yang berdiri gagah dan kokoh. 

Museum vredeburg ini syarat dengan nuansa sejarah yang melambangkan pemerintahan keraton Jogja dengan kolonial belanda kala itu. Untuk sebuah informasi, Vredeburg sendiri memiliki istilah : Perdamaian. 

Bangunan yang indah dan bersejarah ini kerap dikunjungi pengunjung yang penasaran akan nuansa sejarah yang terkandung didalamnya. Museum ini juga mendapatkan julukan sebagai salah satu museum terlengkap di Indonesia.

Informasi Jam Buka Benteng Vredeburg

Benteng ini akan buka setiap hari kecuali pada hari libur nasional dan hari senin. Sedangkan untuk informasi jam buka benteng vredeburg sendiri adalah dari jam 08.00 hingga jam 16.00. Untuk biaya masuk hanya dikenakan biaya tiket masuk benteng vredeburg seharga Rp. 2.000 untuk orang dewasa dan Rp. 1000 untuk anak-anak. 

Cukup murah bukan? Dengan harga yang murah tersebut anda sudah bisa mengunjungi daerah wisata bersejarah yang ada di daerah Jogja. Selain menikmati wisata bersejarah ada banyak permainan harian yang biasanya dimainkan di dalam museum benteng vredeburg tersebut. Seperti permainan melawan belanda dan permainan mencocokan gambar. Tidak hanya itu, ada cafe yang banyak memikat pengunjung dengan citra rasa terbaik mereka.

Nah, demikianlah beberapa ulasan dan petunjuk yang menggambarkan suasana di dalam museum tersebut. Jika Anda sedang berlibur ke jogja, jangan lupa mampir dan menikmati suasana di Museum Benteng Vredeburg tersebut. 

Karena ada banyak nuansa sejarah yang bisa digali dan dinikmati disini. Karena benteng tersebut bersih dan tetap terawat walaupun sudah berumur puluhan tahun lamanya. Bahkan tidak kalah romantis juga jika dijadikan tujuan wisata bersama pasangan maupun tujuan bersama keluarga. Selamat berlibur dan menikmati indahnya budaya Indonesia.

Baca Juga : Tugu Jogja, Sejarah dan Keindahan Dibalik Wisata Ikonik

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.