7 Wahana Di Taman Pintar Jogja Ini Benar-Benar Membuat Kita Cerdas!

1 min read

Taman Pintar

Apa itu taman pintar? Mendengar namanya pasti akan membuat kita berpikir bahwa ini merupakan salah satu tempat yang akan menyediakan layanan belajar atau sejenisnya. Mengingat ada kata-kata “pintar” yang diselipkan di namanya. Tapi memang benar, taman pintar ini adalah sebuah taman yang dibentuk dalam keunikan tersendiri. 

Dimana taman ini memiliki bentuk bangunan seperti sebuah rumah belajar. Di Dalam taman pintar, ada banyak sekali wahana pendidikan yang akan membuat anda bisa mempelajari banyak hal. Misalnya saja : seni, sejarah, dan ilmu pengetahuan yang lainnya.

Sebenarnya, konsep dari pendirian taman pintar ini adalah sebuah taman belajar yang dikhususkan untuk siswa dan para mahasiswa. Dimana pemerintah sebenarnya meresmikan dan mengembangkan taman belajar ini agar membuat para siswa dan mahasiswa bisa belajar dan mengembangkan imajinasi mereka seluas mungkin. Ini merupakan salah satu layanan wisata yang bersifat edukatif selain wisata budaya seperti benteng Vredeburg, gedung agung dan taman budaya. 

Akses Masuk Taman Pintar

Lokasi wisata ini walaupun diperuntukan untuk para siswa dan mahasiswa namun bisa diakses para orang tua dan dewasa juga. Lokasi taman pintar ini terletak di jl. Panembahan Senopati no. 1 -3 Jogja. Jika anda baru saja mengunjungi Benteng Vredeburg atau masih di kawasan Benteng, maka anda hanya memerlukan waktu 15 menit untuk sampai di kawasan taman pintar ini. 

Bahkan dari benteng, anda hanya perlu mengikuti jalan lurus. Sedangkan untuk informasi jam buka taman pintar ini adalah dari jam 9 pagi hingga jam 4 sore. Untuk masalah harga tiket masuk taman pintar tergolong cukup murah. Dimana anda perlu membayar hara sebesar Rp. 15. 000 untuk dewasa tanpa rombongan dan Rp. 10.000 untuk anak-anak.

Wahana Apa Saja Yang Ada?

Ada banyak sekali jenis wahana seru dan edukatif yang dimiliki oleh taman pintar ini. Berikut akan kami jabarkan beberapa diantaranya :

  1. Wahana Sejarah Keratonan : Ini adalah salah satu wahana yang ada di Gedung Memorable. Dimana ada banyak pelajaran sejarah tentang seluk beluk keraton Jogja yang bisa dipelajari disini. Mulai dari sejarah Sultan Hamengkubuwono dan beragam sejarah yang menyangkut masalah keratonan ada disini.
  2. Wahana Tokoh Pendidikan : Sama dengan wahana diatas, ini juga wahana yang ada di gedung Memorable, hanya saja berbeda letak ruangan. Sesuai dengan namanya, disini bisa mengajarkan berbagai tokoh-tokoh yang berjasa dibidang pendidikan.
  3. Kepustakaan Presiden : Ini merupakan wahana yang memiliki sejuta hal untuk dipelajari, seperti sejarah dari negara kita, sejarah dari presiden kita dan tentunya ada banyak pelajaran sejarah lainnya.
  4. Aquarium Air Tawar : Ini adalah wahana yang ada di gedung Oval. Ada banyak jenis hewan darat dan ikan air tawar yang bisa dinikmati disini.
  5. Perpustakaan : Sesuai dengan namanya, ini adalah tempatnya buku-buku berada. Dan tidak jauh berbeda dengan berbagai perpustakaan yang lain. Ada banyak sekali koleksi buku yang berharga disini.
  6. Zona Pusaka : Jika anda ingin menikmati perjalanan dimana anda bisa menikmati peninggalan pusaka bersejarah. Maka kunjungilah zona pusaka yang ada di taman pintar ini. Ada banyak pusaka bersejarah disini.
  7. Planetarium : Ini merupakan salah satu planetarium yang tidak jauh berbeda dengan planetarium lainnya. Dimana bisa mempelajari berbagai hal tentang benda luar angkasa dan sejarah tentang planet tata surya.

Menarik bukan? Inilah mengapa sangat disarankan berlibur dan menikmati pengalaman berharga mengunjungi wisata edukatif di taman pintar Jogja.

Baca Juga : Museum Sonobudoyo : Wisata Budaya Yang Bersejarah

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.