Ingin Berkemah Dengan Aman? Kenali 6 Tips Camping Di Gunung Berikut

1 min read

tips camping di gunung
0
(0)

Berkemah dan wisata di gunung adalah hal menarik untuk anda lakukan. Hanya saja, bagi anda yang baru pertama harus tahu terlebih dahulu bagaimana caranya. Agar nanti anda bisa menikmati camping di gunung tersebut. Jadi, apakah anda sudah tahu tips camping di gunung ini? Jika, anda tidak pernah mengetahui atau mempelajari tips camping di gunung, maka anda akan menemukan banyak kesulitan. 

Kesulitan bagaimana? Sebenarnya ada banyak loh. Hanya saja sedikit yang tahu bahaya atau kesulitan tersebut. Misalnya saja ketika anda menemukan cuaca ekstrim. Terkena badai, kesulitan mencari sumber air hingga gangguan binatang liar. Lantas, apa saja tips camping di gunung yang harus anda ketahui?

 

Jangan Halangi Jalur Pendakian

Gunung yang menjadi tujuan anda untuk berkemah mungkin menjadi lokasi menarik bagi pendaki. Nah, salah satu tips camping di gunung yang harus anda ketahui adalah jangan menghalangi jalur pendakian. Memang, ketika anda mendirikan tenda pada jalur pendakian ini, maka anda akan lebih sering bertemu orang lain (para pendaki). Namun, sayangnya ini akan menghalangi jalur mereka dan mereka akan kesulitan.

Hindari Berkemah Di Sekitar Pohon Besar

Memang, mendirikan tenda di sekitar pohon apalagi yang besar dan rindang. Karena suasana tersebut membuat tenda anda lebih sejuk dan terhindar dari sengatan matahari langsung di siang hari. Tapi, sayangnya anda juga harus tahu tips camping di gunung berikutnya yakni menghindari kawasan pohon besar. Kenapa? Karena ini nantinya akan membuat tenda anda mudah kejatuhan ranting maupun daun berguguran. Belum lagi potensi tertimpa dahan yang lebih besar, bahaya pokoknya!

Jaga Tata Bahasa dan Jangan Berisik

Tips camping di gunung ini memang tidak selalu berkaitan dengan hal gaib atau makhluk halus. Karena mimin yakin tidak semua orang di sini yang membaca postingan ini percaya pada makhluk halus. Tapi, setidaknya tetap harus menjaga tata krama di kawasan gunung. Bagaimanapun dunia lain memang ada loh. Atau, setidaknya anjuran jangan berisik ini bisa menghindari anda dari berbagai gangguan binatang buas. 

Cari Waktu Terbaik Untuk Camping

Sebenarnya, ini bukan hanya tips camping di gunung saja. Kapanpun dan dimanapun anda ingin berkemah sebaiknya anda mengetahui kapan waktu yang tepat. Mimin tidak menyuruh anda mencari ramalan yang lainnya ya! Yang anda perlukan hanyalah ramalan cuaca saja kok. Atau, sebaiknya hindari musim penghujan atau menghindari badai saat anda berkemah.

Bekal Makanan Secukupnya

Siapa sih yang pernah berkemah dan ingin membawa banyak peralatan hingga makanan dan minuman untuk bekal, bukan? Tapi, sebaiknya anda juga tahu tips camping di gunung ini yakni membawa perlengkapan seperlunya saja. Bawa yang penting-penting saja ya! Misalnya anda hanya membawa makanan instan, kompor portable. Atau meminimalisir tempat dengan membawa kantong tidur saja. Lebih hemat tanpa harus bawa selimut bantal apalagi kasur, bukan? Sebab anda hanya ingin berkemah bukan pindahan.

Ketahui Cara Mencari Sumber Air

Tips camping di gunung selanjutnya adalah mengetahui bagaimana mencari sumber mata air. Sebab, sumber mata air tidak akan tersedia dengan mudah apalagi jika anda baru datang dan mengenali gunung tersebut. Jika anda belum tahu caranya, maka anda bisa mempelajarinya di postingan selanjutnya yah! Sebab, ini adalah ilmu penting loh! Bayangkan anda berada di gunung dan bahkan tidak mengetahui sumber mata air. Repot pastinya. So, stay tune yah!

Apakah Artikel Ini Berguna?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.