6 Cara Mencari Air Di Gunung Yang Harus Dipelajari

1 min read

Cara mencari air di gunung

Saat mendaki maupun berkemah di gunung, anda pastinya butuh cara mencari air di gunung ini. Karena sejatinya air adalah sumber kehidupan yang anda butuhkan. Walaupun mungkin anda membawa banyak air untuk minum. Bagaimana jika ingin buang air kecil maupun air besar tetap saja anda butuh sumber mata air, bukan? Lantas, bagaimana cara mencari air di gunung? Apalagi ketika keadaan darurat? Nah, mari simak pembahasannya berikut ini.

Kawasan Burung Terbang

Tahukah anda jika kawanan sekelompok burung bisa menjadi penolong terbaik saat berkemah atau mendaki Gunung? Pasti anda pernah melihat video atau mendengar cerita pendaki yang dituntun untuk menemukan jalan benar oleh burung jalak ketika di gunung, bukan? Kali ini memang, kita akan membahas bagaimana cara mencari air di gunung. Tapi, tahukah anda jika salah satu cara mencari air di gunung berhubungan dengan kawanan burung? Jika anda tidak tahu dimana lokasi sumber air terdekat. Maka, pastikan saja anda sudah menemukan kawanan burung. Lihat arah terbang mereka saat pagi ataupun sore hari. Biasanya akan mengarah pada salah satu sumber air.

Jejak Hewan

Nah, salah satu cara mencari air di gunung selanjutnya adalah mengamati jejak hewan. Kenapa harus melihat jika ada jejak hewan pada tanah? Karena sejatinya para hewan memiliki insting kuat dan mengetahui dimana letak sumber mata air. Namun, berhati-hatilah dengan jejak hewan buas. Bisa saja anda menemukan sumber mata air namun mereka juga ada disana loh!

Dataran Lebih Rendah

Kemudian, tips atau cara mencari air di gunung selanjutnya yang juga bisa anda coba adalah berjalan ke kawasan lebih rendah. Bagaimana pun, hukum alam menyatakan jika air akan selalu mengalir dari tempat tinggi ke tempat rendah, bukan? Nah, kebanyakan sumber mata air pada kawasan pegunungan ada di kawasan lebih rendah. Untuk itu, cobalah menemukan lokasi yang lebih rendah dari lokasi anda berada saat itu.

 

Perhatikan Kawasan Tumbuhan Yang Subur

Anda juga bisa mencari tahu dimana saja lokasi di gunung dengan tumbuhan yang hidup lebih hijau dan lebih subur. Kenapa? Tanda ini merupakan salah satu tanda dimana anda bisa menemukan sumber mata air. Karena sejatinya dimana ada air maka tumbuhan juga akan tumbuh lebih subur.

Perangkap Air

Jika cara mencari air di gunung sebelumnya di atas tidak ada yang berhasil. Maka sebaiknya anda membuat perangkat air agar anda bisa menikmati beberapa liter air saat ada keperluan mendesak saat camping atau mendaki gunung. Ada banyak tutorial lengkap cara membuat perangkap air ini kok. Cara ini akan memaksimalkan air yang anda dapatkan dari embun atau bisa saja air hujan.

Baca Juga : Ingin Berkemah Dengan Aman? Kenali 6 Tips Camping Di Gunung Berikut

Tanaman Mengandung Air

Selain mengetahui cara menemukan air di gunung, anda juga harus tahu tanaman apa saja mengandung air yang cukup. Biasanya cara ini dilakukan jika anda berada dalam keadaan terdesak, darurat dan tidak menemukan sumber mata air. Beberapa tumbuhan tersebut misalnya:

  • Bambu : bagian batang yang berwarna coklat ini biasanya menyimpan cukup air. Cara mengeceknya tinggal ketik saja jika suaranya tidak nyaring maka di dalam bambu tersebut ada simpanan air.
  • Kantong Semar : Cara Selanjutnya adalah mencari kantong semar. Tanaman ini menyimpan cukup air dalam kantongnya.
  • Batang Pisang : Tahukah anda bagian dalam pohon pisang mengandung banyak air yang bisa anda gunakan untuk minum?

Demikianlah cara mencari air di gunung yang wajib anda ketahui, apalagi ketika keadaan darurat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.