6 Daftar Olahan Ikan Nusantara Yang Lezat

1 min read

Olahan ikan Nusantara

Bukan hal yang aneh jika ada banyak resep olahan ikan Nusantara yang bisa kita cicipi. Karena memang negara kita merupakan negara kepulauan yang dikelilingi oleh laut. Jadi, hasil laut yang melimpah membuat banyak sekali ide untuk mengolah ikan menjadi makanan yang nikmat. Sedangkan kamu, olahan ikan apa yang kamu ketahui dan sangat sukai? Agar tidak penasaran, yuk kita simak daftar olahan ikan Nusantara paling terkenal berikut ini.

Arsik

Jika kamu berasal dari sekitar Sumatera Utara, pasti kamu sudah tidak asing dengan arsik, bukan? Ini adalah nama untuk olahan ikan mas. Olahan Nusantara yang satu ini biasanya dibuat menjelang upacara pernikahan agar bisa memeriahkan acara dan menjadi simbol yang baik. Ketika kamu mencicipi arsik, hal yang paling menarik adalah ikan tersebut akan diolah utuh. Ya! Bahkan sisik ikan tidak akan dibuang. Walaupun demikian, bumbu asli dari olahan ini sangatlah lezat. Kamu akan merasakan sensasi rasa asam dan pedas yang lezat di lidah.

Gohu Ikan

Apakah kamu penggemar makanan ikan mentah seperti sushi atau sashimi ala negeri Sakura? Jika iya, kamu juga harus menikmati salah satu masakan asli Nusantara dengan tema yang sama. Benar sekali, gohu ikan ini adalah hidangan ikan mentah. Ikan yang biasa digunakan adalah ikan tongkol. Masyarakat asli Maluku Utara dimana makanan ini berasal biasa menyebutnya dengan nama cakalang. Ikan tongkol akan dipotong-potong dan kemudian diberikan bumbu. Bumbu ikan berupa potongan cabe rawit, bawang dan siraman air jeruk nipis. Tidak jarang juga akan diberikan siraman minyak panas.

Otak-Otak

 

Siapa yang tidak kenal dengan makanan khas Kepulauan Riau ini? Otak-Otak adalah makanan yang dimasak dengan cara dikukus. Karena namanya otak, bukan berarti ini adalah makanan yang murni dibuat dari otak, ya! Otak-Otak adalah nama masakan yang terbuat dari olahan ikan. Olahan ikan Nusantara yang sudah dihaluskan ini akan diberi bumbu dan dicampur dengan tepung sagu. Dibentuk di dalam daun pisang yang telah dibersihkan. Kemudian dikukus hingga matang. Jika kamu belum pernah mencobanya, silahkan dicoba, lezat loh!

Pempek

Jajanan olahan ikan yang satu ini pasti sudah tidak asing lagi bagi kamu, bukan? Makanan khas Palembang ini sudah banyak dijajakan di berbagai daerah. Bahkan, ada banyak sekali jenis dari pempek yang bisa kamu coba. Namun, pada dasarnya ini adalah olahan ikan tenggiri yang akan dicampur dengan adonan tepung. Sehingga menghasilkan olahan yang kenyal dan nikmat. Belum lagi dengan tambahan saus yang menambah citra rasa gurih, segar dan pedas.

Baca Juga : Bebek Perdikan, Restoran Unik Bernuansa Jawa

Sate Lilit

Apakah kamu penyuka sate? Jika iya, sudah pernah mencoba sate lilit, belum? Ini adalah makanan khas Bali yang menggunakan olahan ikan Nusantara loh. Kamu bisa menikmati olahan dari daging ikan tuna segar yang dipadukan dengan sambal matah hingga kelapa parut. Sehingga, sate ini memiliki citra rasa unik dari ikan yang sudah tidak ada durinya. 

Batagor

Olahan ikan Nusantara ini adalah jajanan terkenal terutama bagi anak-anak. Sebab, para penjual batagor sangat sering nongkrong di sekolah-sekolah. Bahkan, salah satu hidangan hasil dari olahan ikan tenggiri ini juga disukai oleh orang dewasa tentunya. Campuran daging ikan dan tepung ini akan dikukus hingga terasa gurih dan kenyal. Biasanya, penjual batagor atau siomay akan menambahkan kuah kacang dan saus serta kecap manis.

Bagaimana? Apakah ada salah satu dari olahan ikan Nusantara di atas yang belum kamu coba?

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.