Tidak Enak Badan? Cicipi 5 Makanan Pereda Demam Berikut

1 min read

Makanan pereda demam

 

Siapa yang mudah sakit seperti terkena serangan panas atau demam? Tahukah anda ada jenis makanan pereda demam? Daya tahan yang melemah membuat seseorang mudah terserang sakit. Belum lagi perubahan cuaca yang ekstrim juga memperburuk keadaan. Demam adalah salah satu reflek pertahanan tubuh ketika terjadi infeksi atau serangan baik dari bakteri dan virus. Masalahnya, selain mengkonsumsi obat, kamu juga harus makan, kan? Dan sayangnya lagi ketika menderita demam, lidah akan terasa lebih pahit dan selera makan juga menurun. Untuk itu, konsumsi makanan pereda demam bawah ini agar kamu tetap ternutrisi saat demam.

Sup

Sudah bukan hal yang aneh lagi jika kamu disuruh mengkonsumsi sup saat sakit demam, kan? Sebab, sup ini makanan pereda demam bahkan ketika perut kosong, lidah pahit dan selera makan menurun.  Baik sup ayam maupun sup tulang dan daging sama-sama bagus dan berkhasiat untuk kamu yang sedang mengalami demam sebaiknya mengkonsumsi sup. Sebab, kandungan kaldu yang terdapat di dalam kuah sup sangat baik untuk menutrisi tubuh. Di dalamnya terdapat magnesium, kalium dan kalsium. Jika kamu belum tahu, ketiga nutrisi tersebut baik untuk menghidrasi tubuh. Sebab, panas yang dikeluarkan oleh tubuh membuat cairan menjadi berkurang dan tubuh harus cukup hidrasi. Nah, selain minum air putih, cairan elektrolit di dalam kuah sup sangat bagus untuk hidrasi saat demam.

Tekwan

Makanan pereda demam selanjutnya yang baik dikonsumsi saat demam adalah tekwan. Secara garis besar, tekwan ini adalah bakso ikan yang bentuknya tidak bulat sempurna memang. Namun, dengan banyaknya olahan ikan yang bergizi, belum lagi dicampur dengan tepung kenyal membuat kita lebih semangat untuk mengunyah. Selain itu, kuahnya yang terbuat dari campuran ebi terasa sangat menggoda walaupun selera makan tengah tidak stabil dan menurun. Tidak jauh berbeda dengan sup. Tekwan ini akan memberikan rasa gurih dan banyak bahan lainnya yang bisa dinikmati juga. Misalnya mie putih, potongan mentimun hingga banyak rempah yang bisa menghangatkan badan.

Pempek

Mungkin tidak banyak yang mencoba mengkonsumsi pempek ketika demam. Namun, ada beberapa hal yang harus kamu tahu. Dimana pempek ini memiliki rasa ikan yang khas. Dan tentu saja ada banyak kandungan gizi dalam ikan yang baik untuk kesehatan tubuh kamu. Belum lagi lidah yang terasa pahit bisa diatasi dengan menikmati saus pempek yang manis serta pedas. Setidaknya, makanan pereda demam ini akan membangkitkan kembali selera makan, loh.

Baca Juga : 6 Daftar Olahan Ikan Nusantara Yang Lezat

Bakso

Tidak selamanya bakso dianggap makanan yang buruk bagi kesehatan loh. Apalagi kalau bakso yang dibuat secara alami. Bukan bakso yang dibeli secara kemasan dan sudah tentunya memiliki bahan pengawet. Bakso juga memiliki kuah bening yang kaya akan rempah-rempah. Bahkan, mengkonsumsi kuahnya saja, bisa secara perlahan mengembalikan nafsu makan kamu. Jadi, cobalah cicipi makanan pereda demam ketika kamu demam dan kehilangan nafsu makan.

Smoothie

Tidak hanya kehilangan nafsu makan dan lidah menjadi terasa pahit. Namun, kebanyakan gejala saat demam ditandai dengan tenggorokan yang ikut sakit, bukan? Nah, jika kesulitan menelan, tentu kamu akan menjadi semakin malas untuk makan. Agar masalah ini teratasi, cobalah mengkonsumsi smoothie. Sangat disarankan untuk memilih smoothie berry. Sebab, kaya akan vitamin C yang baik untuk mengatasi radang. Sehingga masalah demam dan nyeri tenggorokan akan berangsur-angsur pulih.

Demikian daftar makanan pereda demam sebaiknya kamu konsumsi saat sakit. Jangan biarkan kondisimu semakin drop, ya! 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.