7 Makanan Khas Palembang Ini Terkenal Loh!

2 min read

Makanan khas Palembang

Siapa yang pernah atau sering berkunjung ke salah satu kota tertua di Indonesia ini? Jika pernah sudah tahu belum tentang makanan khas Palembang? Kota ini tidak hanya tercatat sebagai salah satu kota terbesar di Sumatera saja loh. Bahkan, kota ini memiliki banyak sejarah menarik tentunya tidak luput akan makanan khas yang lezat. Agar kita mengenali banyak makanan menarik yang bisa dicicipi. Berikut daftar makanan khas Palembang yang sayang jika dilewatkan. Penasaran kan apa saja makanan khas Palembang yang direkomendasikan tersebut? Mari simak daftarnya di bawah ini.

 

Pempek

Wah, sudah tidak asing lagi pastinya bagi kita untuk mendengar nama makanan khas Palembang satu ini. Kenyalnya sagu yang bercampur dengan lezatnya olahan ikan menjadi satu dengan saus atau kuah spesial. Siapapun pasti merasa campuran antara saus dan adonan sagu ikan ini sangat menggugah selera. Bagaimana tidak, saus tersebut terasa spesial di lidah. Ada rasa manis bercampur pedas yang khas. Saking populernya, tidak hanya di Palembang saja kita bisa menikmati sajian Pempek ini. Bahkan, sudah ada banyak penjual makanan ini tersebar di Nusantara.

Laksan

Jika mendengar nama laksan, mungkin masih banyak diantara kita yang belum tahu tentang makanan khas Palembang ini, bukan? Padahal, kuliner ini biasa dikenal dengan nama Pempek Lenjer, loh. Sebenarnya isian nya sama saja dengan Pempek. Berbentuk oval atau lonjong terbuat dari campuran adonan sagu dan ikan. Namun, yang membedakan adalah kuah santan pada laksan tersebut. Sehingga, sepintas terlihat sangat mirip dengan lontong sayur.

Tekwan

Siapa yang gemar sekali memakan bakso di sini? Bagi penggemar bakso, sebaiknya mencoba bakso ala Palembang, ya! Bakso yang disajikan merupakan bakso ikan. Yakni olahan ikan dan tepung tapioka sehingga terasa nikmat dan kenyal menyatu dengan baik. Tidak hanya dibekali dengan bakso ikan saja. Tekwan juga dilengkapi dengan mie putih, jamur kuping dan disertai kuah bening yang terbuat dari sari udang nikmat.

Mie Celor

Siapa sih yang tidak menyukai olahan mie? Rata-rata orang Indonesia menyukainya, bukan? Nah, makanan khas Palembang ini terkenal dengan nama mie celor. Mie celor sendiri adalah nama lain dari mie celup. Yang istimewa di sini adalah kuah dari olahan mie tersebut. Biasanya cuma diberi kuah dengan tambahan cabe, bukan? Namun, olahan ini menggunakan kuah santan dan rebusan air kaldu sehingga terasa nikmat dan gurih. Mie ini juga dihidangkan bersama telur rebus dan tambahan tauge.

Baca Juga : 6 Daftar Olahan Ikan Nusantara Yang Lezat

Kemplang

Siapa juga di sini penyuka kerupuk? Pasti sudah tidak asing dengan varian kerupuk Palembang, bukan? Nah, salah satu jenis kerupuk khas Palembang adalah kemplang. Setiap keping kerupuk ini lidah akan dimanjakan dengan rasa ikan yang menjadi khas masakan daerah ini. Terasa makin nikmat karena campuran bumbu penyedap bersatu dengan gurihnya tepung kanji. Kerupuk ini biasanya akan menjadi teman bersantai di sore dan di malam hari.

Gulo Puan

Meski dahulunya ini termasuk salah satu jajanan orang kaya atau bangsawan, gulo puan makin sulit ditemukan saat ini. Padahal, ini adalah salah satu makanan khas bersejarah, loh. Sebab, ada rasa manis dari susu kerbau yang diolah dengan gula. Jadi, penikmat jajanan manis, pasti menyukainya.

Burgo

Makanan olahan yang terlihat seperti dadar namun terbuat dari tepung-tepungan ini juga nikmat untuk disantap. Sepintas, burgo akan terlihat mirip dengan telur gulung yang dipotong-potong. Hanya saja berwarna putih karena diolah dari tepung. Sajian ini semakin nikmat dengan kuah santan dan tak lupa tambahan ikan suwir yang lezat.

Nah, itu tadi rekomendasi 7 makanan khas Palembang yang dijamin nikmat. Makanan di nomor berapakah yang pernah anda coba?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.