Sudah Tahu Belum Tentang 7 Jenis Pempek Palembang Ini?

1 min read

Jenis pempek
0
(0)

Siapa sih yang tidak kenal dengan pempek? Rasanya nama makanan ini sudah tidak asing lagi ditelinga kita, bukan? Namun, pernahkah kamu datang ke penjual pempek dan mereka menanyakan jenis pempek tersebut? Nah, pempek ini memang memiliki banyak jenis atau varian, loh. Agar kamu tidak salah memesan mana jenis yang kamu inginkan. Ada baiknya, kamu mengenali jenis pempek ini terlebih dahulu.

Pempek Kulit

Seperti namanya, jenis pempek yang satu ini  memang terbuat dari olahan kulit ikan. Dimana kulit tersebut nanti akan dicampur dengan bumbu-bumbu beserta adonan tepung. Dan, kamu akan menikmati gurihnya tepung dan kulit ikan yang sudah digoreng kering. Karena berbentuk pipih kamu pasti bisa membayangkan betapa gurihnya makanan ini, kan?

Kapal Selam

Sepertinya, jenis pempekyang satu ini selalu ada di daftar menu warung yang menjual pempek, bukan? Kamu akan merasakan cita rasa adonan lenjer dan di dalamnya terdapat telur rebus. Kemudian, direbus atau dikukus dan digoreng. Rasanya sangat nikmat apalagi dicampur dengan kuah khusu yang terasa gurih, manis, pedas bercampur menjadi satu di lidah.

Lenjer

Jenis pempek ini merupakan jenis dasar dari semua jenis pempek. Adonan lenjer ini berbentuk lonjong seperti sebuah guling. Ukurannya beragam. Ada yang menyediakan lenjer dengan ukuran besar, sedang atau kecil. Tidak hanya kekenyalannya yang membuat orang ketagihan. Namun, nikmatnya bumbu lenjer bercampur kuah sangat menyatu di lidah. Jadi, jangan heran jika lenjer sangat populer di pasaran.

Pistel

Jika kamu mendengar namanya, pasti teringat akan adonan pastel, kan? Padahal memang jenis pempek yang satu ini dibuat seperti sebuah pastel dengan tepian bergerigi. Hanya saja, isian dari varian ini sedikit berbeda. Pistel ini mengandung isian pepaya muda. Pepaya muda tersebut akan diparut dan diolah dengan santan beserta bumbu-bumbu yang nikmat. Tak lupa, juga akan ada campuran ebi yang menambah rasa nikmat di dalam jenis pempek ini. Sayangnya, jenis ini kurang awet jika dibandingkan dengan jenis lainnya. Sebab, berisikan sayuran yang tentunya tidak tahan lama.

Baca Juga : 7 Makanan Khas Palembang Ini Terkenal Loh!

Pempek Keriting

Dari namanya saja, kamu pasti bisa membayangkan bagaimana bentuk dari jenis pempek yang satu ini, kan? Jika dilihat, maka sepintas akan mirip dengan bola mie. Sebab, memang terlihat keriting dengan bentuk bulat. Namun, jenis yang satu ini lumayan jarang ditemukan. Sebab, pengolahannya tergolong sulit jika dibandingkan dengan jenis yang lain. Namun, dengan bentuknya yang unik serta rasanya yang khas. Membuat pempek keriting memiliki banyak penggemar.

Adaan

Pempek Adaan juga tak kalah populer. Apalagi dengan aroma khasnya yang wangi dan menggugah selera. Pempek ini bahkan bisa diolah langsung dengan cara menggoreng. Jadi, hemat waktu tanpa harus mengukusnya terlebih dahulu. Adaan atau yang dikenal juga dengan sebutan pempek bulat diolah dengan tepung, bawang serta santan. Tak heran jika memiliki rasa gurih yang nikmat.

Model

Nah, kamu yang sering membeli pempek pasti sudah tidak asing dengan nama pempek model, kan? Adonan dasarnya terbuat dari lenjer. Hanya saja model ini berisikan tahu yang nantinya akan digoreng agar lebih gurih dan nikmat. Belum lagi perpaduan kuah bening dengan olahan udang menambah nikmatnya jenis pempek model ini.

 

Sangat menarik mempelajari varian dan jenis pempek ini, kan? Padahal, dasar dari semua varian di atas terdiri dari konsep yang sama. Yakni adonan tepung dan campuran olahan ikan tenggiri. Namun, dengan perkembangan pengetahuan tentu membuat masyarakat banyak memiliki varian menu yang lezat dan menarik untuk dicoba.

 

Apakah Artikel Ini Berguna?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.