Ini Dia 5 Daftar Makanan Olahan Ikan Tenggiri Yang Wajib Dicoba

2 min read

Olahan ikan tenggiri

Kamu pasti sudah tidak asing dengan ikan laut seperti ikan tenggiri, bukan? Karena memang negara kita adalah negara kepulauan yang dikelilingi oleh lautan. Namun, mungkin tidak banyak dari kita yang mengenal masakan olahan ikan tenggiri. Tidak heran jika banyak yang memanfaatkan hasil laut yang melimpah tersebut untuk diolah. Seperti salah satu ikan yang sering dikonsumsi oleh masyarakat kita. Yakni ikan tenggiri. Sayangnya, tidak semua orang mungkin sudah mengenal dan mengetahui olahan apa saja yang bisa dibuat dari ikan ini, bukan? Untuk itu, mari kita bahas olahan ikan tenggiri yang lezat dan pastinya wajib kamu coba. Apa saja? Ini dia daftarnya.

Otak-Otak

Kamu yang menyukai otak-otak pastinya sudah tahu jika bahan dasar makanan ini adalah ikan, bukan? Kuliner yang satu ini sering ditemukan di berbagai tempat. Bahkan, di jajanan kaki lima juga banyak yang menjajakan otak-otak. Menu ini juga merupakan salah satu olahan ikan tenggiri loh. Uniknya lagi, jika menggunakan daging ikan tenggiri maka rasa otak-otak tersebut lebih gurih dan nikmat. Belum lagi jika ditambahkan kuah kacang yang menggoda. Kuah kacang biasanya memang digunakan untuk dicampur dengan olahan otak-otak agar rasanya lebih menyatu.

Siomay

Apakah kamu pecinta siomay? Siomay juga merupakan jajanan olahan ikan tenggiri. Kekenyalan dan cita rasa ikan tenggiri yang diolah menggunakan tepung ini sangatlah menggoda. Tidak jarang, orang-orang akan berusaha mati-matian mencari penjual siomay. Makanan khas yang berasal dari Bandung ini biasanya akan disajikan dengan berbagai sayuran. Misalnya kentang rebus, kol rebus, pare dan telur rebus. Tidak hanya disajikan dengan sayuran saja. Siomay juga disajikan lengkap dengan kuah kacang. Sekaligus saus dan kecap manis. Apalagi ada yang memberikan pilihan untuk menikmati siomay lengkap dengan batagor. Hanya saja bedanya, batagor disajikan setelah digoreng dan tidak menggunakan sayuran. Sedangkan siomay dikukus dan disajikan lengkap dengan sayuran.

Baca Juga : 6 Daftar Olahan Ikan Nusantara Yang Lezat

Pempek

Pempek juga merupakan olahan ikan tenggiri yang disajikan dengan lezat bagi kamu yang menyukai masakan khas Palembang. Makanan ini akan disajikan lengkap dengan saus cuka. Sehingga, kamu akan merasakan cita rasa yang bercampur di lidah. Ada rasa manis, pedas dan asam. Biasanya, adonan pempek yang dibuat dengan baik akan menghasilkan jajanan yang kenyal serta gurih. Dan jika ikan tenggiri dihaluskan dengan baik maka anda akan mendapatkan cita rasa ikan yang terasa dengan kental. Pasti kamu akan ketagihan dengan perpaduan rasa nikmat di lidah ini, kan?

Kerupuk

Kemudian olahan ikan tenggiri berikutnya yang tidak bisa dipisahkan dari kelezatan ikan ini adalah kerupuk. Dimana kerupuk ini memang dibuat secara langsung dari ikan tenggiri yang dihaluskan. Sebenarnya, olahan kerupuk ikan tenggiri ini bukan jenis jajanan yang sulit untuk dibuat. Hanya saja, mungkin tidak semua orang mengetahui resepnya. Jika kamu berniat mencari tahu, sangat mudah loh cara membuatnya. Belum lagi, kerupuk ini bisa dijadikan sebagai cemilan yang sedap baik untuk pagi, siang maupun malam. Kerupuk ikan tenggiri juga baik untuk cemilan keluarga. Sebab, rasa ikan yang gurih dan tekstur renyah pasti disukai banyak orang.

Sempol

Apakah kamu tahu dengan jajanan yang satu ini? Sempol merupakan jajanan yang biasa kamu temukan di pedagang kaki lima. Belum lagi bentuknya yang khas seperti sate yang ditusuk atau seperti donat paha ayam. Sebenarnya, orang-orang pasti mengira jika ini hanyalah olahan dari telur kocok saja. Padahal, ada campuran daging ikan tenggiri halus yang dimasukkan ke dalam adonan tersebut. Sehingga, kamu akan mencicipi rasa ikan laut yang khas.

 

Itu tadi jenis olahan ikan tenggiri yang patut untuk kamu coba. Sebab, rasanya luar biasa nikmat loh!

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.