Pantai Karang Agung, Wisata Cantik yang Penuh Tantangan

2 min read

Pantai karang agung wisata kebumen

Suka main ke pantai? Pantai Karang Agung adalah salah satu jawaban terbaik! Pantai ini adalah salah satu tempat wisata yang wajib didatangi saat berkunjung ke Kebumen, Jawa Tengah. Selain itu, pantai ini pun cocok buat kamu yang senang dengan petualangan atau mencari suasana tenang dari alam.

Pantai Karang Agung ternyata lokasinya cukup tersembunyi. Pantai ini terletak di balik barisan perbukitan karst yang tinggi. Tepatnya, Pantai Karang Agung berlokasi di Desa Argopeni, Kecamatan Ayah, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah. Selain itu, pantai ini pun lokasinya cukup dengan dengan Pantai Wedi Putih serta Bukit Wanalela.

Agar bisa sampai ke sini, kamu harus menempuh perjuangan yang cukup menguras tenaga. Sebab, sepeda motor dan mobil tidak dapat mengakses pantai ini secara langsung. Tidak hanya itu, agar bisa mencapai pantai ini, kamu harus menempuh perjalanan dengan berjalan kaki sepanjang 1 kilometer lebih.

Bahkan, jalan yang perlu dilalui untuk trekking pun cukup curam dan ekstrem. Maka, dibutuhkan kehati-hatian yang ekstra serta kesabaran untuk menuju lokasi ini. Akan tetapi, kalau kamu senang dengan tantangan, maka pantai ini harus jadi daftar traveling kamu.

Baca Juga: Nyobain Mie Ayam Coet Chef Wawan yang Unik dan Istimewa

Rute Menuju Pantai Karang Agung

1. Alun-Alun Kota Kebumen – Jl. Ronggowarsito – Jl. Sokka Petanahan – Jl. Kali Sentul – Jl. Klegenrejo – Jl. Deandels – Jl. Pantai Petanahan – Jl. Urut Sewu/ Jalur Pantai Selatan Jawa – Jl. Pangeran Diponegoro/ Jl. Pantai Suwuk – Jl. Ayah Karangbolong – Pantai Karang Agung ( jarak sejauh 43,9 km dengan waktu tempuh sekitar 1 jam 14 menit)

2. Stasiun Gombong – Jl. Gombong Kuarasan/ Jl. Puring Gombong – Jl. Nasional III _ Jl. Raya Jatijajar – Jl. Jatijajar Logending – Jl. Raya Demangsari – Jl. Raya Ijo – Jl. Ayah Karangbolong – Pantai Karang Agung ( jarak sejauh 30,5 km dengan waktu tempuh sekitar 54 menit)

3. Stasiun Kebumen – Jl. Stasiun – Jl. Pemuda – Jl. Cenderawasih – Jl. kejayan – Jl. Pantai Bocor – Jl. Urut Sewu/ Jalur Pantai Selatan Jawa – Jl. Pangeran Diponegoro/ Jl. Pantai Suwuk – Jl. Ayah Karangbolong – Pantai Karang Agung ( jarak sejauh 48,3 km dengan waktu tempuh sekitar 1 jam 20 menit)

Meskipun rute yang ditempuh cukup jauh dan menantang, namun keindahan yang ada di pantai ini pasti akan mengobati rasa lelah di perjalanan. Pantai ini mempunyai pemandangan laut serta bebatuan karang yang tersebar di bibir pantai.

Hal yang unik dari Pantai Karang Agung ini ialah tidak mempunyai pasir. Kemudian, daya tarik utama pantai ini ialah batu-batu karangnya yang indah. Konon, ada salah satu batu yang dianggap sakral oleh masyrakat lokal. Yakni batu karang besar yang ditumbuhi oleh pepohonan hijau. Selain besar, batu ini pun cukup tinggi dan kokoh melawan deburan ombak yang dikenal ganas tersebut.

Selain itu, buat kamu yang suka fotografi, Pantai Karang Agung bisa menjadi salah satu destinasi liburan dengan spot-spot foto cantik yang alami. Bebatuan karang indah dengan deretan pohon kelapa di pantai ini jadi objek foto yang cukup menarik.

Pemandangan sunset pun di pantai ini cukup indah dan memanjakan mata. Maka, sore hari adalah waktu yang sangat tepat untuk menikmati destinasi liburan di Kebumen, Jawa Tengah ini.

Dengan segala keindahannya, banyak wisatawan yang datang jauh-jauh ke Kebumen agar bisa memandangi sunset di Pantai Karang Agung. Soal biaya, agar kamu bisa menikmati kecantikan karang agung, wisatawan hanya merogoh kocek Rp5.000 saja.

Baca Juga: Saung Awi 88 Cianjur, Restoran Khas Sunda Untuk Keluarga

Camping Asyik di Pantai Karang Agung

Berkemah atau kamping menjadi salah satu cara terbaik untuk menikmati pantai ini. Kamu bisa mendirikan tenda di area hutan jati. Pada malam hari, pemandangan penuh bintang pun menghiasi langit Pantai Karang Agung.

Apalagi kalau sudah membuat api unggun, suasana akan semakin hangat. Polusi cahaya yang cukup kurang membuat suasana malam lebih gelap pekat. Kalau beruntung, kamu pun bisa melihat milky way atau gugus galaksi Bimasakti.

Tentunya, untuk berkemah di sini kamu perlu menyiapkan banyak peralatan yang diperlukan. Sebab, di pantai ini cukup sulit untuk menemukan persewaan alat-alat outdoor.

Hal ini dikarenakan Pantai Karang Agung ini masih alami dan belum banyak orang yang mengunjunginya. Makanya, destinasi ini sangat cocok buat kamu yang ingin healing dari penatnya bekerja atau hingar bingar perkotaan.

Akan tetapi, kalau kamu tidak mau ribet mendirikan tenda, kamu dapat menginap di hotel atau penginapan. Salah satu penginapan terdekat di pantai ini adalah RedDoorz near Jatijajar 2. Penginapan ini berjarak sekitar 13 km dari Pantai Karang Agung.

Selain itu, tarif menginap per malam pun cukup terjangkau. Kamu cukup merogoh kocek mulai dari Rp92 ribu hingga Rp125 ribu per orang. Penginapan ini pun sudah dilengkapi dengan kamar, toilet, tempat parkir luas, WiFi, serta AC. Gimana? Tertarik berpetualang ke Pantai Karang Agung?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.