6 Destinasi Muncak di Jawa Tengah, Pemandangannya Bikin Kamu Melongo!

2 min read

destinasi muncak di jawa tengah

Destinasi muncak di Jawa Tengah mempunyai magnet tersendiri bagi para pendaki. Kegiatan pendakian juga semakin digandrungi kawula muda. Apalagi untuk Anda yang memiliki hobi menjelajah alam, destinasi muncak bisa menjadi prioritas utama melepas penat.

Jawa Tengah sendiri punya berbagai destinasi wisata alam dataran tinggi yang memukau.

Berikut adalah rekomendasi gunung di Jawa Tengah yang bisa anda jadikan destinasi liburan.

Destinasi Muncak di Jawa Tengah

Gunung Merapi

destinasi muncak di jawa tengah
Photo by Frenky Harry on Unsplash

Gunung Merapi merupakan gunung yang ada di Jawa Tengah dan masih aktif, terletak di DI Yogyakarta, walaupun sebagian juga ada di provinsi Jawa Tengah. Anda bisa memilih pendakian via jalur Selo, waktu tempuhnya hanya waktu 4 sampai 5 jam.

Spot unik di Gunung Merapi yang  terkenal adalah Pasar Bubrah. Pasar ini merupakan areal lapang berada tepat sebelum kawasan puncak gunung. Pemandangan yang terdapat di area ini cocok menjadi lokasi fotografi.

Gunung Merbabu

destinasi muncak di jawa tengah
Photo by Falaq Lazuardi on Unsplash

Gunung Merbabu menjadi gunung yang masih aktif sampai sekarang. Letaknya sejajar dengan Gunung Merapi dan Gunung Unggaran. Mendaki Gunung Merbabu yang memiliki ketinggian 3.145 MDPL, Anda akan mendapatkan pemandangan hutan yang rindang.

Jalur pendakian gunung dengan salah satu puncak tertinggi di pulau Jawa ini menyediakan lima jalur yang bisa dipilih pendaki.

Jalur pendakian tersebut diantaranya Jalur Kopeng, Wekas, Seko, Chuntel dan Suwanting.

Gunung Slamet

Gunung Slamet menjadi gunung dengan puncak tertinggi di Jawa Tengah. Ketinggiannya sekitar 3.428 MDPL, menyajikan pemandangan puncak yang menakjubkan.

Gunung ini terkenal karena berbagai cerita horror dari para pendaki yang tanpa sengaja mengalami kejadian ghaib.

Gunung Slamet terkenal karena treknya yang sulit, cocok untuk Anda yang menyukai tantangan.

Jalur yang bisa Anda lewati menuju puncak gunung ini adalah Daerah Blambangan, Desa Kutabawa, Kecamatan Karangreja.

Gunung Sindoro

Gunung Sindoro juga menjadi salah satu rekomendasi destinasi muncak yang ada di Jawa Tengah. Ketinggiannya berkisar di angka 3.150 MDPL, dengan pemandangan savanna dan padang edelwise yang terkenal.

Puncak gunung Sindoro dapat ditempuh selama 5 sampai 6 jam, jadi tidak membutuhkan waktu lama untuk sampai ke puncaknya.

Gunung ini juga menjadi lokasi favorit untuk pendaki yang berasal dari Jawa Tengah, Jawa Timur dan Yogyakarta.

Gunung Sumbing

Gunung Sumbing berlokasi di 3 wilayah kabupaten di JawaTengah, yakni Magelang, Wonosobo dan Temanggung. Pesona yang dimilki oleh gunung ini adalah pemandangannya yang indah. Gunung Sumbing juga terkenal karena sebutan triple S, yang mengarah pada Sindoro, Sumbing dan Slamet.

Puncak gunung ini tergolong tinggi, ketinggiannya ada di angka 3.371 MDPL. Karena berjajar dengan Gunung Sindoro, gunung ini juga disebut gunung kembar oleh para pendaki.

Gunung Ungaran

Destinasi favorit para pendaki di Jawa Tengah selanjutnya adalah Gunung Ungaran. Berlokasikan di Kabupaten Semarang, Jawa Tengah, ketinggiannya 2.050 MDPL, tidak terlalu tinggi untuk ukuran gunung pendakian.

Dengan ketinggian tersebut, Anda yang baru mulai mendaki tidak akan merasa keberatan.

Gunung ini terkenal karena memiliki tiga puncak dengan tiga jalur pendakian. Jika Anda berhasil naik ke puncaknya, Anda bisa melihat deretan gunung yang ada di Jawa Tengah.

Mulai dari Gunung Sindoro, Merbabu, hingga Sumbing. Jalur tempuh untuk mencapai puncak cukup singkat, cocok untuk camping di akhir pekan.

Apa Yang Harus Disiapkan Sebelum Menuju ke Destinasi Muncak di Jawa Tengah

Beberapa hal yang harus disiapkan sebelum menuju ke destinasi muncak di jawa tengah tentu saja kondisi tubuh yang fit dan sehat, peralatan yang mendukung, dan juga berbekal pengetahuan atau bahkan diiringi oleh pemandu.

Demikian rekomendasi destinasi Muncak di Jawa Tengah tadi, mungkin Anda bisa mencoba mendakinya, atau sekedar mengunjunginya untuk mengisi waktu liburan ataupun akhir pekan. Pastikan tubuh dalam keadaan fit sebelum mulai mendaki, sehingga perjalanan bisa dilakukan dengan lebih mudah. Jangan lupa pula membawa peralatan yang dibutuhkan untuk kegiatan muncak

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.