7 Oleh-Oleh Khas Jogja Ini Enak dan Melegenda Loh!

1 min read

Oleh-oleh khas Jogja

Dari puluhan tahun lalu, Jogja memang menjadi salah satu destinasi wisata yang sering dikunjungi. Karena suasana kota yang nyaman dan banyak sekali kawasan wisata untuk dikunjungi. Tak lupa juga, anda harus tahu tentang daftar oleh-oleh khas Jogja yang legendaris ini. Kenapa? Kurang rasanya jika anda tidak membeli oleh-oleh khas Jogja jika pulang dari berwisata ke kota pelajar ini, bukan? Namun, anda harus tahu terlebih dahulu apa saja daftar oleh-oleh khas Jogja yang sebaiknya anda beli.

 

1. Ampyang 

Sudah pernah dengan nama ini belum? Ini adalah salah satu oleh-oleh khas Jogja yang tahan lama loh. Jadi, sangat disarankan anda beli untuk kudapan di rumah atau, jika anda ingin memberikan ke keluarga, teman ataupun tetangga. Rasanya gurih dan manis. Cocok untuk menjadi cemilan sehari-hari. Ampyang sendiri terbuat dari campuran gula jawa, jahe dan kacang tanah.

2. Bakpia

Sudah bukan hal yang aneh lagi jika setiap pelancong yang datang ke Jogja mencari salah satu oleh-oleh khas Jogja terkenal ini. Sebab, bakpia sendiri tidak hanya terkenal lezat saja, kue lezat ini juga dikenal lebih tahan lama untuk anda gunakan sebagai cemilan. Karena lebih tahan lama dan banyak varian yang bisa anda pilih. Maka, ini menjadi salah satu cemilan legendaris yang sayang sekali jika tidak anda beli.

3. Walang Goreng

Ya, anda tidak salah dengar kok. Walang goreng ini memang belalang goreng. Dan seperti namanya, yang akan anda dapatkan adalah sekumpulan belalang yang sudah digoreng. Sebagian orang mungkin tidak biasa memakan cemilan seperti ini, bukan? Ada dua jenis cemilan walang goreng yang bisa anda beli. Yakni belalang yang digoreng utuh serta bagian kakinya saja. Jika anda terlalu takut memakan makanan belalang utuh maka anda bisa mencoba goreng kaki belalang. Rasanya pedas, sedikit manis dari daging belalang dan kriuk pastinya.

Baca Juga : 7 Tips Liburan Murah Tanpa Takut Hutang!

4. Yangko

Ingin cemilan berupa oleh-oleh khas Jogja yang tahan lama lagi? Maka anda bisa membeli Yangko, ini adalah cemilan yang terbuat dari campuran gula serta ketan yang sudah dihaluskan (tepung). Bentuknya seperti permen petak warna-warni. Bagi orang dewasa hingga anak-anak menyukainya, sebab tekstur dari cemilan ini kenyal dan juga terasa lebih manis. Bahkan, semakin canggih perkembangan zaman, maka pilihan rasa Yangko saat ini sangat beragam.

5. Geplak

Oleh-oleh khas Jogja yang satu ini memang tidak se-awet ampyang, bakpia ataupun walang goreng sebelumnya. Namun, tetap layak untuk anda beli apalagi jika anda butuh cemilan di sepanjang perjalanan anda. Sebab, Geplak sendiri memiliki citra rasa manis yang menggoda. Apalagi bentuknya sama dengan Yangko yang penuh warna. Menarik untuk anda cicipi. Geplak ini dibuat dari campuran gula dan parutan daging kelapa.

6. Coklat Monggo

Apakah anda pecinta coklat? Jika iya, anda perlu mempertimbangkan untuk membeli salah satu oleh-oleh khas Jogja yang populer ini. Namanya adalah Coklat Monggo. Pemilik asli dari Coklat Monggo ini adalah orang asing yang berasal dari Belgia. Jadi, jangan heran jika anda bisa menemukan citra rasa coklat asli Belgia yang harganya pasti jauh lebih mahal. 

7. Keripik Belut

Oleh-oleh khas Jogja terakhir yang sangat legendaris dan renyah dimulut adalah keripik belut. Anda bisa menikmati sensasi memakan belut yang digoreng dengan tepung sehingga sangat gurih dan enak! Pasti anda tidak bisa menyangkal jika rasa daging belut juara, bukan?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.