Tidak Hanya Makanan, Ini Dia 7 Oleh-Oleh Khas Aceh Yang Ikonik

1 min read

Oleh-oleh khas Aceh

Kita sudah membahas berbagai macam serba serbi Aceh mulai dari makanan hingga wisata populer. Nah, jika anda sudah selesai bersenang-senang, bagaimana dengan rencana membeli oleh-oleh khas Aceh?

Nsh, apa saja nih yang bisa anda bawa pulang sebagai cindera mata saat berkunjung ke serambi Mekkah? Jika anda masih ragu dan belum punya daftar. Yuk simak apa saja rincian daftar oleh-oleh khas Aceh berikut ini.

Sulam Kasab

Pasti sudah tahu tentang anyaman atau sulaman kain, kan? Nah, di Banda Aceh sendiri ada salah satu kerajinan dengan nama Sulam Kasab. Anda bisa menemukan kain sulam yang berbentuk alas tudung saji hingga keset. Oleh-oleh khas Aceh ini tentu saja menarik dan fungsional.

Kopi Aceh

Nama kopinya saja sudah menggunakan kata-kata Aceh, ya kan? Sudah jelas kalau ini adalah salah satu oleh-oleh khas Aceh yang perlu banget anda beli jika anda atau salah satu keluarga menyukai kopi.

Ada banyak jenis kopi tradisional yang ada di daerah ini. Bahkan kabarnya bagi anda yang memang suka dengan kopi. Maka, anda akan menemukan citra rasa unik berbeda dan nikmat pada kopi tersebut, loh!

Songket

Songket biasanya sudah menjadi salah satu ciri khas bangsa Melayu, ya kan? Nah, jika anda berkunjung ke sini. Maka, anda akan menemukan oleh-oleh khas Aceh berupa songket ini berjejeran di pasar tradisional maupun modern. Karena memang disukai oleh para pengunjung.

Rencong

Ini adalah alat tradisional yang masih bernilai tinggi di kawasan Banda Aceh. Ada banyak jenis dan ragam harga berbeda-beda. Bahkan, anda bisa menemukan rencong yang dijual dengan harga puluhan juta rupiah loh! Walaupun berupa belati kecil.

Tapi, rencong sendiri memang memiliki nilai sejarah yang unik. Kabarnya, para bangsawan dan pendahulu yang memiliki tahta tinggilah yang menggunakan senjata unik ini. Bahkan, semakin unik ukiran serta bahan pembuatnya, maka semakin mahal juga harganya.

Kembang Loyang

Siapa nih yang suka sekali ngemil cemilan yang memang mirip bunga alias kembang ini? Ternyata, kembang loyang juga menjadi salah satu oleh-oleh khas Aceh loh! Rasa dari cemilan ini manis dan juga gurih tentunya.

Jika datang ke Aceh jangan hanya membeli satu bungkus saja ya! Dijamin anda bisa menghabiskan cemilan ini dalam sekejap apalagi ketika anda nikmati saat dalam perjalanan.

Ikan Kayu

Memang, jika dilihat sangat tidak menarik. Namun, olahan ikan tongkol yang merupakan oleh-oleh khas Aceh ini sangat awet loh. Rasanya juga tidak akan berubah walaupun anda simpan selama berbulan-bulan.

Teksturnya yang gurih dan agak asin ini membuat namanya menjadi ikan kayu. Karena memang sudah sangat keras atau garing. Konon kabarnya bisa bertahan sampai 2 tahunan, wow!

Kupiah Riman

Kupiah atau peralatan ibadah yakni topi khas Agama Islam ini bisa menjadi salah satu oleh-oleh khas Aceh yang bermanfaat. Sebab selain bisa anda gunakan untuk beribadah. Bentuk kupiah ini juga unik ya guys. Menggunakan ayaman dengan benang yang bermacam-macam warna.

Sangat estetik sekali untuk anda gunakan dalam beribadah. Konon kabarnya pada dahulu kala hanya para petinggi di Aceh saja yang menggunakan Kupiah ini. Jadi, sangat layak sekali anda beli dan abadikan di rumah, ya kan? Jangan khawatir akan kualitasnya.

Kupiah ini dibuat oleh para pengrajin Profesional di Banda Aceh. Jadi, ada harga ada kualitas ya gais. Bagaimana nih? Udah siap berbelanja belum?

Baca Juga : 6 Pilihan Makanan Khas Aceh Yang Menggoda

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.