6 Pilihan Makanan Khas Aceh Yang Menggoda

1 min read

Makanan khas Aceh

Siapa nih yang penasaran dan berencana datang ke kawasan paling ujung di Indonesia yakni Aceh? Ada banyak hal unik yang bisa anda temukan di sana loh! Selain mengenal budayanya, anda juga bisa mengetahui apa saja sih makanan khas Aceh ini?

Padahal, sebagian dari kita mungkin sudah pernah mencoba dan merasakan makanan khas Aceh kok. Hanya saja mungkin masih banyak yang belum menyadarinya. Lantas, apa saja sih makanan khas Aceh yang rasanya sangat lezat hingga beredar di berbagai kota di Nusantara?

Ungkot Kemamah

Makanan khas Aceh yang pertama ini boleh dibilang agak mahal loh gais. Sebab, terbuat dari bahan baku ikan tuna! Yap, pasti anda sudah tidak asing dengan ikan tuna ya kan? Nah, pada menu ini, ikan tuna akan dimasak dengan cara direbus.

Setelah ikan tersebut direbus maka akan dikeringkan dan nantinya akan diolah lagi dengan banyak bumbu. Bahkan anda bisa menemukan parutan kelapa juga loh pada menu ini. Inget menu urap? Ya, sekilas mirip lah.

Mie Aceh

Hayo, siapa nih yang pernah makan mie Aceh? Dari namanya saja sudah bisa kita perkirakan jika ini adalah salah satu makanan khas Aceh. Mie Aceh ini rata-rata sudah menjadi salah satu menu kuliner jalanan loh gais.

Jadi jangan heran banyak kawasan lainnya yang mengetahui dan pernah mencobanya. Selain dimasak dengan kuah yang banyak, mie Aceh ini juga menggunakan banyak toping pilihan. Misalnya potongan daging, udang, hingga pilihan seafood lainnya.

Kue Adee

Namanya memang unik. Tapi tahukah anda jika ini adalah salah satu jenis kue yang kerap dibeli oleh para wisatawan untuk oleh-oleh? Sebab, bisa anda nikmati selama perjalanan dan juga bisa anda berikan pada orang lain.

Kue ini memiliki tekstur yang ringan, lembek dan rasanya manis. Jadi, biasanya akan digunakan oleh masyarakat sekitar untuk jajanan teman ngopi. Weh, bisa dibayangkan anda ngeteh atau ngopi sembari mencicipi kue ini, ya kan?

Pacri Nanas

Pernah memakan olahan nanas dengan kuah? Penasaran dengan rasanya? Anda bisa datang dan beli Pacri Nanas. Ini adalah salah satu makanan khas Aceh dengan rasa yang unik. Dimana nanas akan diolah dan diberikan kuah. Ada rasa asam, manis dan pedas menyatu jadi satu. Inget permen nano-nano? Yap, seramai itu rasanya!

Sambal Ganja

Eh, eh eh! Jangan salah sangka dulu ya gais. Sambal ganja ini tidak menggunakan ganja dalam proses pembuatannya kok. Ya, walaupun menggunakan nama yang aneh bin unik. Apalagi semenjak kasus penemuan kebun ganja luas di Aceh tempo dulu.

Pasti anda yang belum tahu atau tidak berasal dari Aceh mencurigainya. Ya, mimin paham sih. Tapi, ada alasan mengapa dinamai sebagai sambal ganja kok. Karena kabarnya ketika anda mencicipi maka akan sulit untuk berhenti makan. Seenak itu loh!

Pisang Sale

Wah, siapa nih yang tidak suka dengan olahan pisang? Pisang sale asal Aceh ini memiliki rasa yang manis loh! Sebab, pisang akan diasapi sebelumnya sudah dilumuri dengan gula tebu.

Jangan tanya bagaimana rasanya. Mirip dengan piscok kok. Hanya saja ini merupakan olahan pisang dengan gula alami. Jadi, manisnya terasa lebih nikmat bagi pecinta makanan manis.

Wah, ternyata ada banyak sekali pilihan makanan khas Aceh yang menggoda selera, ya kan? Coba deh sekali-kali berkunjung ke kawasan ujung negara kita ini. Dijamin bakalan nagih!

Baca Juga 6 Makanan Khas Bogor Yang Lezat Tiada Dua

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.