Healing? Main ke Bukit Tamiang, Bikin Mata Seger!

2 min read

Bukit Tamiang

Ingin healing dan menyendiri? Atau camping dengan teman satu circle? Bukit Tamiang jawabannya. Memang, Kabupaten Tanah Laut, Kalimantan Selatan menjanjikan banyak tempat indah. Jadinya, kamu tidak harus kebingungan memilih tempat wisata. Apalagi, sudah jadi rahasia umum bahwa Kabupaten ini punya banyak wisata alam khususnya perbukitan.

Tidak hanya itu, morfologi kawasan Tanah Laut dengan perbukitan membuat Kabupaten ini populer sebagai tujuan wisata dengan pemandangan alam pedesaan di Kalimantan Selatan. Cocok buat kamu yang sudah jenuh dengan suasana perkotaan yang sempit.

Bukit Tamiang merupakan salah tempat wisata kesuakaan masyarakat lokal Tanah Laut. Meskipun banyak bukit yang bisa menjadi tujuan, akan tetapi bukit Tamiang selalu pas untuk menenangkan pikiran dari hiruk pikuk kota. Apalagi di tengah pandemi Covid-19 ini rutinitas seolah-olah berjalan lebih lambat dari biasanya. Itu artinya kamu stres dan butuh liburan.

Baca Juga: Lanting River Sun, Restoran Nuansa Alam yang Bikin Betah

Bukit Tamiang Punya Pemandangan Menakjubkan

Bukit Tamiang populer dengan pemandangan alam dengan hamparan rumput liar. Bahkan, ketika menempuh perjalanan, kamu pasti akan disuguhkan dengan pemandangan gunung, sawah, serta perkebunan milik warga sekitar. Pemandangan ini pasti bisa bikin seger mata kamu yang lelah dengan layar ponsel atau komputer.

Sementara itu, agar kamu bisa naik ke puncak, harus menempuh waktu sektiar 1 jam. Bahkan, jalur yang dilalui pun yang cukup menantang. Tapi, bukan berarti berbahaya, loh. Hanya, bukit ini memiliki tanjakan yang beragam dan banyak.

Tapi, seketika lelah kamu akan terobati dengan pemandangan yang memanjakan mata dan membuat kamu ingin bersantai untuk melepas penat. Sepanjang perjalanan menuju puncak, kamu pasti tidak akan merasa kelelahan dengan pemandangan pedesaan yang asri dan jauh dari berisik lalu lalang kendaraan.

Dari ketinggian, kamu pun bisa semakin menikmati angin semilir yang menenangkan. Ditambah pemandangan indah Kabupaten Tanah Laut. Kalau sudah begini, rasanya ingin ngopi sambil mendengarkan musik mellow.

Lokasi Bukit Tamiang

Buat kamu yang ingin datang, Bukit Tamiang berada di Desa Panyipatan, Kecamatan Panyipatan, Kabuapten Tanah Laut, Kalimantan Selatan. Kalau kamu datang dari Banjarmasin, perlu waktu 2 jam 15 menit dengan jarak 100 KM. Tapi, kalau kamu berangkat dari kota Pelaihari, cukup memakan waktu 20 menit dengan jarak 18 KM.

Hal yang menarik dari tempat wisata ini adalah searah dengan Pantai Batakan dan Bukit Liang. Jadinya, kamu pun bisa langsung safari wisata dengan mudah setelah puas berada di Bukit Tamiang. Selain itu, jalan yang cukup mulus pun semakin memudahkan kamu menuju obyek wisata selanjutnya.

Rute perjalanan ke Bukit Tamiang cukup mudah. Hanya lurus dari Bundaran Angsau Pelaihari – Belok kanan menuju jalan Pancasila – Belok kiri ke jalan Pangeran Antasari – lurus hingga Jalan Raya Panyimpatan dan bertemu plang Bukit Tamiang di sisi kiri. Jalan masuk tempat wisata alam tersebut terletak di pinggir jalan.

Kamu yang ingin ke sini tidak harus khawatir soal jam operasi, karena kamu bisa datang 24 jam. Bahkan, kamu pun tidak harus takut kantong kamu kering, karena hanya dengan Rp10.000 saja kamu bisa menikmati Bukit Tamiang termasuk biaya parkir. Namun, sebelum kamu menaiki puncak bukit, pastikan tubuh kamu sehat dan memiliki stamina yang cukup, ya.

Buat pemburu sunrise, Bukit Tamiang pun bisa jadi tempat yang cocok. Bukit ini memiliki pemandangan sunrise yang cukup mempesona. Lalu, jangan lupa mengabadikan momen kamu ketika berlibur ke sini, ya. Ada banyak kok spot yang keren dan instagramable.

Akan tetapi, buat kamu yang ingin camping, sangat disarankan untuk membawa alat kemah masing-masing. Jangan lupa bawa bekal makanan dan minuman pun adalah pilihan yang pas untuk teman bersantai di bukit ini. Sebab, bukit ini masih asri dan belum memiliki fasilitas pendukung.

Baca Juga: Main ke Pantai Goa Lawah, Wisata Bali yang Indah dan Asri

Akomodasi

Kalau kamu datang dari luar kota atau provinsi, jangan khawatir karena ada banyak penginapan dekat Bukit Tamiang. Penginapan terdekat adalah Hotel Candri. Hotel ini terletak di Jalan Gembira, Angsau, dekat dengan SMP Negeri 1 Pelaihari.

Harganya cukup terjangkau mulai dari Rp100 ribuan per malam. Untuk pemesanan kamar dapat melalui nomor telepon (0512) 21249. Fasilitas yang ada di hotel ini di antaranya standar bed, Wi-Fi, dan AC.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.