Mengenal Asal Usul Pulau Seram Yang Tidak Menyeramkan

1 min read

Asal Usul Pulau Seram

Tahukah anda sejarah dan fakta tentang asal usul Pulau Seram? Namanya memang terdengar mengerikan dan membuat wisatawan luar Maluku enggan datang mengunjungi pulau ini. Padahal, sebenarnya Pulau Seram ini memiliki banyak daya tarik yang pastinya memukau wisatawan loh! Lantas, kenapa namanya menjadi Pulau Seram? Apakah lingkungan sekitar di kawasan ini benar-benar menakutkan?

Sebenarnya, ada banyak mitos yang berhubungan dengan asal muasal salah satu pulau terbesar yang ada di dataran Maluku ini. Hanya saja, selain dikenal dengan legenda yang sudah terdengar dari mulut ke mulut. Sebenarnya, Pulau ini sangatlah indah. Anda bisa menemukan banyak wisata alam yang keindahannya diakui oleh banyak orang terutama warga diluar tanah Maluku. Ini adalah pulau yang bahkan tidak terlihat sisi seramnya sama sekali kok.

Mungkin, beberapa waktu lampau memang banyak kisah mistis dan budaya unik dari masyarakat lokal Maluku sendiri. Namun, karena sekarang sudah sangat modern, pembangunan dimana-mana dan tentu saja pulau di Maluku juga sudah sangat berkembang. Sebelum merdeka juga kawasan ini dahulunya sangat disukai oleh para penjajah. Apakah anda tahu kenapa? Ya karena ini adalah salah satu kawasan surganya rempah-rempah.

Karena kita ketahui rempah-rempah sendiri adalah salah satu alasan mengapa banyak bangsa penjajah datang lagi dan lagi. Dan, selain fakta sejarah tersebut, ada banyak legenda tentang asal usul Pulau Seram ini sendiri. Bahkan konon kabarnya ini adalah pulau pertama. Dan, peradaban dimulai dari pulau ini. Benarkah? Sekilas cerita rakyat ini terdengar cukup mustahil di telinga kita bukan? Namun, terkadang yang terdengar mustahil, aneh atau hanya dianggap dongeng cukup seru untuk disimak. Apalagi tidak jarang cerita tersebut sebenarnya nyata dan banyak hikmahnya.

Baca Juga : Pantai Ora : Keindahan Tersembunyi Di Tanah Maluku

Asal Usul Pulau Seram

Ada banyak kisah yang menceritakan tentang asal usul Pulau Seram ini. Dahulu kala pulau ini konon dikenal dengan nama Nusa Ina. Dan cerita tentang perubahan nama Pulau ini ada banyak sekali versinya. Konon kabarnya, Nusa Ina atau Pulau Ibu ini mengalami bencana yang teramat dahsyat sehingga pulau tersebut tenggelam. Hal ini terjadi karena turunnya hujan dalam curah besar siang dan malam tanpa henti. Namun, setelahnya muncul lagi pulau baru yang tentu saja memiliki bentuk fisik berbeda. Dan, karena itulah konon kabarnya nama pulau ini berubah. 

Ada juga kisah yang menyatakan jika asal muasal nama ini karena dialek atau logat dari masyarakat sekitar. Konon kabarnya, ada seorang kakek yang membawa hasil hutan dan kerajinan tangan yang ia buat ke sekitaran pantai. Tujuan utama kakek ini untuk menukarkan barang miliknya dengan pedagang asing (barter). Sayangnya, dirinya terkendala bahasa, karena bahasa mereka berbeda. Maka, sang kakek mengenal para pedagang dengan sebutan Batik. Sedangkan sang kakek dikenal dengan sebutan Siran. Nah, lama kelamaan orang-orang mengenal masyarakat dari kawasan pulau tersebut sebagai Seram. 

Namun, banyak juga yang mengatakan jika asal-usul nama Pulau Seram ini sebenarnya berkaitan dengan misteri besar. Tidak sembarangan orang boleh menceritakan kisah tersebut. Bahkan, boleh jadi nyawa taruhannya. Karena itulah belum ada cerita asli yang benar-benar berasal dari garis turun-temurun warga Pulau ini. Benarkah? Mungkin teman-teman ada yang tahu cerita aslinya yuk komentar di bawah! Terlebih dari misteri nama dan asal usul Pulau Seram, tetap saja ada banyak potensi wisata yang bisa anda kunjungi loh.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.