Pantai Ora : Keindahan Tersembunyi Di Tanah Maluku

1 min read

Sudah tahu bukan jika Maluku memiliki banyak deretan pulau indah nan eksotis? Diantara banyak pulau yang ada di sana, ada banyak juga pantai-pantai indah untuk anda kunjungi. Salah satunya yang tidak boleh dilupakan adalah Pantai Ora. Ini adalah pantai eksotis dengan banyak pesona memukau membius para wisatawan yang datang. Jika anda memiliki waktu dan kesempatan untuk berkunjung ke Maluku, jangan lupa mampir ke Pantai Ora, ya!

Lokasi Pantai Ora

Sebenarnya, Pantai ini berada di kawasan Maluku Tengah, tepatnya ada di Kecamatan Seram Utara. Jika anda ingin berkunjung anda juga harus tahu lokasi tepatnya, kan? Pantai ini berada diantara dua desa loh! Desa tersebut adalah Desa Sawai dan Saleman. Bahkan, anda harus masuk hutan terlebih dahulu agar bisa sampai ke kawasan Pantai Ora. Namun, kesulitan rute perjalanan yang akan anda tempuh bisa terobati dengan keindahan alam di sana.

Karena agak sulit dijangkau (masuk kawasan hutan lindung). Maka, anda mungkin harus menyediakan budget lebih banyak agar bisa menikmati perjalanan dengan transportasi memadai. Tapi, jika sudah sampai pinggiran Desa Saleman, anda bisa menempuh jarak ke pantai ini dengan berjalan kaki. Bahkan, jika anda menggunakan rute dengan berjalan kaki, maka tiket masuk ke pantai tidak harus dibayar alias gratis, loh. Bahkan, anda bisa menikmati seharian di kawasan pantai. Sebab, tidak ada jam operasional, alias pantai ini buka seharian (24 jam).

Apa Saja Daya Tarik Pantai Ini?

Tidak perlu bercerita panjang lebar sebenarnya. Sebab, ketika anda masuk dan mengunjunginya maka anda akan tahu betapa bagusnya kawasan pantai tersebut. Anda bisa menikmati keindahan alam di sepanjang bibir pantai. Ingin bersantai sembari menikmati pasir pantai yang halus dan bersih? Bisa sekali!

Apalagi dengan pemandangan biota laut yang kaya akan jenis-jenis ikan serta terumbu karang indah. Anda bahkan tidak perlu langsung snorkeling atau diving untuk melihat keindahan bawah laut di pantai ini, loh! Karena kawasan air bawah lautnya sangat jernih, berwarna tosca nan indah. Jadi, dilihat dari tepian pantai juga bisa anda nikmati kok.

Sayangnya, sebagai salah satu wisatawan yang gemar berenang atau menyelam maka anda harus ingat membawa perlengkapan masing-masing. Sebab, tidak banyak penjual perlengkapan di kawasan pantai ini. Jadi, jangan menyesal nantinya anda terhambat tidak bisa menyelam hanya karena lupa bawa peralatan ya!

Berjalan-jalan sedikit ke bagian belakang pantai, maka anda akan menemukan Taman Nasional Manusela. Di Taman Nasional ini ada ratusan spesies burung loh. Termasuk beberapa varian langka seperti:

  • Kakatua Maluku
  • Nuri Bayan

Capek menjelajahi taman ini? Anda bisa juga datang ke wisata kuliner terdekat. Bahkan, ini adalah solusi terbaik untuk anda yang bosan atau bahkan tidak suka sama sekali dengan nasi. Sebab, salah satu pilihan makanan tradisi terbaik di kawasan ini adalah mie sagu dengan lalapan ikan kering, loh.

Bahkan dua desa yang mengapit Pantai ini didiami oleh beberapa suku tradisional. Sehingga, anda bisa melihat, mempelajari dan mengetahui budaya asli penduduk di Pulau Seram ini. Ada dua suku yang mendiami kedua desa tersebut, yakni:

  • Suku Alifuru¬†
  • Suku Hoaulu

Dan, jika anda tidak merasa cukup untuk menikmati keindahan Pantai Ora. Maka, anda bisa menginap di beberapa resort di kawasan ini. Ada banyak resort yang menarik untuk anda kunjungi serta menyediakan kamar estetik dan pemandangan asri.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.