Wisata Gatep Lawas, Destinasi River Tubing Asyik di Bali

1 min read

Wisata Gatep Lawas

Berwisata ke Bali ternyata tidak melulu selalu pantai, Kamu bisa menjajal river tubing di Bali di wisata Gatep Lawas. Tentu, kamu bisa mendapatkan sensasi yang menyegarkan ketika liburan ke destinasi yang satu ini.

Wisata River Tubing Gatep Lawas ini berada di Banjar Pabantentan, Desa Ambengan, Kecamatan Sukasada, Buleleng, Bali ini tentu sangat indah dan memanjakan mata. Ada pohon besar yang usianya ratusan tahun ditambah aliran sungai Gatep Lawas yang jernih. Pantas, apabila tempat wisata ini menjadi destinasi yang menakjubkan dan banyak dikunjungi.

Sungai yang jernih menjadi salah satu daya tarik utama dari wisata Gatep Lawas. Tidak hanya itu, keindahan alam yang masih asri dan indah menjadi keunggulan tersendiri dari tempat wisata ini. Dulunya, Sungai Gatep Lawas menjadi saluran air yang kerap digunakan masyarakat lokal untuk mandi dan berendam.

Seperti biasa, kekuatan sosial media tetap menjadi keunggulan. Gatep Lawas pun viral di sosial media pada 2019 hingga dikunjungi banyak wisatawan. Oleh karena itu, tempat wisata Gatep Lawas akhirnya dikelola secara resmi oleh Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) dan Lembaga Pengelolaan Hutan Desa (LPHD) Ambengan.

Buat kamu yang ingin datang ke sini, destinasi wisata ini tidak terlalu sulit untuk dijangkau. Jaraknya hanya 12 Kilometer dari pusat Kota Singaraja. Dengan kata lain, kamu cukup menempuh perjalanan selama 28 menit untuk bisa menikmati segarnya sungai Gatep Lawas.

Apabila kamu datang dari Kota Denpasar, tentu akan menghabiskan waktu lebih banyak lagi. Kamu harus menempuh perjalanan dengan kendaraan bermotor selama kurang lebih 2 jam lamanya.

Tidak hanya itu, jalan yang harus kamu lalui untuk bisa masuk ke wisata Gatep Lawas pun cukup ekstrim. Meskipun begitu, rasa lelah di perjalanan dijamin bisa hilang ketika merasakan udara sejuk dan segarnya air sungai Gatep Lawas yang jernih.

Mengenai asal muasal nama Gatep Lawas ternyata bukan sembarang nama. Gatep Lawas terdiri atas dua suku kata yang memiliki sejarah yang cukup panjang. Kata Lawas adalah nama subak yang terdapat di Banjar Pebantenan. Sementara kata Gatep merupakan nama sebuah pohon yaitu pohon gatep.

Nah, di sungai Gatep Lawas ini ada sebuah pohon besar yang rindang dan konon berusia ratusan tahun. Masyarakat lokal percaya bahwa pohon itu tumbuh di destinasi wisata Gatep Lawas. Jauh sebelum menjadi destinasi wisata, Gatep Lawas kerap dijadikan titik kumpul anggota subak yang ingin menggelar gotong royong.

Baca Juga: Sungai Tamborasi, Sungai Terpendek di Dunia

Fasilitas di Wisata Gatep Lawas

Dikarenakan fasilitas yang ada di wisata Gatep Lawas belum lengkap seperti tempat wisata lainnya, alangkah baiknya untuk membawa bekal makanan dari rumah supaya kamu tidak kelaparan ketika liburan di sini.

Selain itu, kamu pun wajib untuk menjaga lingkungan sekitar wisata Gatep Lawas dengan tidak membuang sampah sembarangan. Tentunya hal ini juga membantu agar tempat wisata ini tetap asri dan enak dipandang.

Tidak hanya itu, harga tiket masuk ke wisata Gatep Lawas pun terkenal dengan murah. Hal ini tentunya karena tempat wisata ini masih baru dan masih minim fasilitas. Meskipun begitu, seiring berjalannya waktu tentu tempat wisata ini akan semakin baik.

Untuk bisa masuk ke sini kamu cukup membayar Rp10 ribu saja sebagai uang masuk. Tentu uang itu juga untuk kebutuhan pengelolaan supaya wisata Gatep Lawas bisa semakin bagus. Bagaimana? Tertarik untuk wisata ke sini? Yuk, masukin ke weekend list!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.