Wisata Sumber Maron, Rekreasi Keren di Malang

1 min read

Wisata Sumber Maron

Berbicara soal destinasi wisata di Kabupaten Malang memang tiada habisnya, salah satunya adalah wisata Sumber Maron. Tempat wisata ini wajib banget kamu kunjungi. Dengan udara yang sejuk, pemkamungan yang asri, hingga air terjun yang menawan menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan.

Awalnya, Sumber Maron merupakan salah satu sumber mata air untuk petani. Bahkan, lokasinya pun sempat menjadi lahan kangkung bagi masyarakat lokal. Hingga pada 2012, Bupati Malang meresmikan wisata Sumber Maron sekaligus PLTMH yang jadi sumber listrik masyarakat.

Wisata Sumber Maron berada di Dusun Adi Luwih, Desa Karangsuko, Kecamatan Pagelaran, Kabupaten Malang. Tempat wisata ini buka setiap hari mulai pukul 07.00 hingga 18.00 WIB.

Biaya yang dibutuhkan untuk berlibur ke Wisata Sumber Maron sangat terjangkau. Untuk pembayaran tiket kamu perlu membayar 5 ribu per-orang. Jika kamu menggunakan sepeda motor, akan dikenakan biaya parkir 3 ribu per- unit. Sementara itu, untuk parkir kendaraan roda empat sebesar 5 ribu per unit.

Untuk menikmati fasilitas berupa ban, loker serta toilet kamu perlu membayar lagi. penyewaan ban sesuai ukuran dimulai dengan harga 3 ribu hingga 7 ribu saja. Sedangkan untuk penyewaan loker sebagai tempat penyimpanan ketika berenang, kamu perlu membayar 5 ribu per-loker. Rincian harga tersebut dapat berubah sewaktu-waktu sesuai dengan kebijakan dari pengelola.

Baca Juga: Wisata Alam Gosari Gresik, Liburan Murah yang Menyenangkan

Fasilitas Wisata Sumber Maron

Fasilitas yang disediakan di Wisata Sumber Maron cukup lengkap. Mulai dari parkir kendaraan, kamar mandi, ruang ganti pakaian, mushola, serta warung makan. Selain itu, pihak penglola Sumber Maron juga menyediakan penyewaan ban untuk river tubing serta loker untuk penyimpanan barang ketika pengunjung bermain air.

Wisata Sumber Maron memiliki wahana yang menjadi daya tarik bagi para wisatawan. Seperti air terjun grojogan sewu, river tubing, terapi ikan, flying fox, dan masih banyak lagi. Nah, simak ulasan berikut ini untuk informasi lebih lengkapnya. 

Wahana menarik pertama yaitu air terjun yang berada di tengah aliran sungai. Namanya air terjun Grojokan Sewu. Berbeda dengan air terjun lainnya, Grojokan Sewu memiliki kemiringan 60 derajat dengan tinggi 6 meter. Sehingga, menjadi spot foto menarik bagi wisatawan dengan latar belakang batuan-batuan besar. Tentunya, kamu harus tetap berhati-hati untuk menjaga keselamatan.

Selain bermain di bawah air terjun, hal menarik lainnya yakni bermain river tubing bersama dengan keluarga atau teman-teman kamu. Aliran air yang deras serta batuan yang besar akan membuat permainan menjadi lebih seru. Untuk menjaga keselamatan, ada penjaga yang selalu mengawasi para pengunjung. Pihak pengelola juga menyediakan fasilitas seperti penyewaan ban berbagai ukuran dengan harga yang terjangkau.

Spot favorit para pengunjung selanjutnya yaitu terapi ikan untuk kesehatan. Biasanya spot ini ramai dikunjungi oleh orang tua. Pengunjung akan dimanjakan oleh terapi ikan kecil-kecil. Rasakan sensasi geli yang mana ikan akan mengerubungi kaki kamu. Harga yang ditawarkan juga sangat terjangkau.

Jika kamu menyukai permainan yang menguji adrenalin, kamu dapat mencoba permainan flying fox. Areanya berada tepat di atas aliran sungai wisata alam Sumber Maron. Sehingga, akan menambah suasana menegangkan dan seru. kamu juga dapat melihat keindahan pemkamungan dari atas. Menarik bukan?

Selain wisata alam, Sumber Maron juga menyediakan wisata edukasi. Seperti yang telah disebutkan bahwa masyarakat memanfaatkan air terjun sebagai tenaga untuk PLTMH atau Pembangkit Listrik Tenaga Mikro Hidro. Pembangkit listrik ini telah dibangun sejak 2005 dan telah memberikan banyak manfaat untuk warga sekitar.

Bagaimana? Tertarik liburan ke wisata Sumber Maron? Yuk, masukin ke weekend list kamu!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.