Ini Dia 7 Tips Solo Traveling Bagi Pemula Anti Ribet!

1 min read

Tips solo traveling

Melakukan perjalanan wisata sendiri memang ada plus dan minusnya. Dimana anda bisa menikmati kegiatan sendirian dan bisa bersantai sepuasnya. Tapi, jika anda adalah seorang pemula, maka pelajari 7 tips solo traveling berikut ini terlebih dahulu, ya! Sebab, jika anda tidak memiliki bekal yang cukup atau pengetahuan tentang tips solo traveling maka liburan anda bisa berantakan. Lantas, apa saja sih tips solo traveling tersebut?

Bawa Perlengkapan Yang Cukup

Berat memang jika anda harus bawa banyak barang sendirian. Apalagi jika anda berencana pergi dalam waktu yang cukup lama yakni misalnya 3-5 harian. Tentu saja perlengkapan yang anda butuhkan juga lebih banyak. Salah satunya adalah pakaian. Bagaimana cara anda menyiasatinya? Karena semakin banyak barang maka anda semakin tidak leluasa untuk berlibur apalagi jarak jauh, ya kan?

Untuk itu, perkirakan berapa pakaian yang harus anda bawa. Sisakan 1-2 pasang untuk jaga-jaga. Misalnya saja pakaian anda mendadak kotor atau basah. Gunakan tas ransel besar agar bisa memuat lebih banyak barang dan anda tidak perlu membawa banyak kantong agar barang tidak mudah tercecer.

Cari Tahu Tujuan Destinasi Wisata Anda

Kemudian, anda juga wajib tahu bagaimana sebenarnya lokasi wisata yang akan anda tuju nantinya. Apakah aman bagi seorang solo traveling atau tidak? Jika tidak maka tips solo traveling ini harus anda baca baik-baik. Dimana anda harus berada di sekitar pemukiman penduduk. Jangan jauh-jauh masuk ke dalam hutan atau daerah sepi sendirian, ya!

Jangan Membawa Budget Pas-Pasan!

Berkeliling ke kawasan yang masih asri seperti pedesaan pastinya menyenangkan bagi anda yang membaca tips solo traveling ini, kan? Sayangnya, karena anda sendirian maka jangan lupa menyiapkan budget liburan. Anda mungkin memang sudah membuat rencana anggaran pengeluaran. Tapi, setidaknya sisa atau lebihkan budget tersebut. Kenapa? Untuk jaga-jaga siapa tahu harga yang harus anda bayarkan entah untuk makan, penginapan, atau bahkan membeli obat lebih mahal dari perkiraan anda.

Gunakan Fitur Pesan dan Belanja Online

Memang tidak ada yang melarang anda menggunakan metode konvensional alias offline. Namun, menggunakan layanan online ini sangat efektif bagi anda yang butuh tips solo traveling loh! Nantinya, anda tidak perlu repot mencari tiket, mencari makanan tengah malam atau akomodasi saat berlibur pada kawasan yang baru anda datangi. Bayangkan anda sendirian dan tidak ada teman tapi, anda tidak tahu harus kemana. Kan repot? Inilah mengapa dalam tips solo traveling anda lebih disarankan menggunakan layanan online.

Bawa Uang Cash Secukupnya!

Dalam tips solo traveling poin sebelumnya, anda memang diingatkan untuk membawa budget lebih. Tapi, jangan semuanya anda bawa dalam bentuk uang cash. Kenapa? Mengingat anda akan berada di kawasan daerah lain. Maka, anda harus antisipasi hal terburuk. Misalnya uang tersebut tercecer, hilang atau bahkan anda mendapatkan tindakan kejahatan. Tentu anda akan kesulitan nantinya jika semua uang anda tidak ada lagi, ya kan?

Berinteraksi Dengan Penduduk Sekitar

Jangan ragu untuk berinteraksi. Selain hal ini adalah perilaku yang baik. Anda juga bisa menemukan banyak hal yang mungkin tidak tertulis pada informasi online. Misalnya anda tahu dimana lokasi menarik untuk anda kunjungi, tempat makan lezat terdekat atau dimana anda bisa menginap.

Layanan Tour Guide!

Jika anda ragu, maka anda bisa gunakan tips solo traveling terakhir dengan memakai jasa tour guide. Nantinya anda akan dapat panduan dan pastinya anda tidak melewatkan apa saja kegiatan seru pada kawasan tersebut. Selamat berlibur!

Baca Juga : 5 Tips Liburan Self Healing Terbaik Low Budget Yang Patut Anda Coba

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.