Staycation, Mengenal Konsep Liburan Asyik yang Lagi Hits

2 min read

Staycation

Siapa nih yang suka dengan yang namanya vacation alias liburan? Rata-rata semua orang menyukai aktivitas ini, bukan? Nah ada tren baru lagi loh yang dinamakan staycation, apa sih maknanya?

 

Jika kamu jeli, staycation ini terdiri dari dua kata loh, yakni stay dan vacation. Maka jika diartikan berarti berlibur dan menetap. Makna sesungguhnya dari istilah tersebut adalah berlibur sekaligus menginap!

Ya, kamu tidak salah membaca kok, jika kamu memilih paket ini, berarti kamu bisa lebih nyaman. Karena tidak harus terburu-buru ketika berlibur dan menikmati tempat wisatanya, bukan? Sebab, kamu akan menginap dan penginapannya bisa jadi tempat yang nyaman dan indah juga loh.

Trend Staycation Di Indonesia

Jika kamu menanyakan pengertiannya, maka jawabannya akan tetap sama. Sebab, di Amerika sendiri, dimana trend ini bermula juga menyatakan hal yang sama. Yakni stay dan vacation.

Jadi, liburan yang akan kamu lakukan akan lebih lama dan lebih intens. Bagaimana tidak, jika tidak puas pada hari pertama kamu masih bisa menjelajah pada hari kedua. Sebab, kamu menginap bukan?

Sedangkan trend ini baru masuk di negara kita dan masih sering digunakan hanya untuk kota-kota besar saja. Biasanya, pilihan untuk menginap jatuh kepada tempat nyaman seperti hotel, villa maupun apartment. Jadi, budget yang diperlukan juga lumayan banyak.

Kebanyakan orang yang melakukan perjalanan liburan dengan menginap ini biasanya untuk perjalanan tertentu. Misalnya saja perayaan seperti ulang tahun atau anniversary. Bahkan tidak jarang juga dilakukan sendiri dan beramai-ramai.

Mengapa Pilihan Staycation Makin Digemari?

Pasti ada alasan mengapa trend ini makin disukai, bukan? Nah, beberapa alasan di bawah ini akan menjawab pertanyaan kamu tersebut.

1. Mudah Direncanakan

Kamu hanya perlu mencari penginapan seperti hotel atau villa di sebuah lokasi wisata. Selanjutnya, kamu bisa bepergian kemana saja tanpa takut kehabisan waktu. Sebab, kamu sudah memesan tempat untuk menginap sebelumnya.

Kamu bahkan tidak perlu mencari langsung ke lokasi yang akan dituju, kok. Sebab, sekarang udah banyak layanan online untuk pemesanan hot ataupun tempat menginap lainnya. Kamu juga bisa melihat bagaimana rating dan pelayanan yang bisa didapatkan.

2. Biaya Terpadu

Dibandingkan jika kamu melakukan vacation secara terpisah, tentu pilihan trend ini lebih murah. Sebab, semua biaya sudah dipadukan dan biasanya penyedia layanan memberikan harga hemat. Karena, kamu sudah memilih paket full vacation loh.

3. Bisa Dilakukan Kapan Saja

Karena tujuan utama dari tren ini adalah berlibur dan menginap, maka kamu bisa saja melakukannya kapan saja. Sebab, kamu tidak perlu jauh-jauh. Cari saja penginapan di dalam kota yang memiliki keindahan dan kenyamanan.

Bahkan, tidak jarang orang-orang melakukan trend ini sendirian saat weekend. Misalnya menginap setelah disibukkan dengan rutinitas kerja dan besoknya jalan-jalan di sekeliling penginapan tersebut. Terasa menyenangkan, bukan?

4. Efek Menyegarkan Mood

Kenapa kamu ingin berlibur? Pasti alasannya ingin refreshing, kan? Siapa sih yang menolak menyingkir sejenak dari rutinitas yang selalu terulang setiap hari?

Selain berlibur ke tempat yang jauh kamu bisa loh menginap. Tapi, carilah penginapan yang memang membuat suasana menjadi lebih fresh dan santai. Sesekali menginap di villa atau hotel berbintang juga tidak masalah, bukan?

Jadi, efek yang dihasilkan tetap sama, yakni menyegarkan mood dan refreshing. Walaupun, kamu hanya berjarak beberapa kilometer saja dari rumah, why not!

Karena efeknya sama saja dengan liburan keluar kota, makanya trend ini kian hits.

Baca Juga : Staycation di Hotel? Lakukan 4 Kegiatan Ini Agar Tetap Seru!

Apa Saja Persiapan Yang Diperlukan?

Tentu harus ada persiapan yang akan kamu persiapkan terlebih dahulu, bukan? Nah, untuk staycation ini, beberapa hal di bawah ini perlu kamu persiapkan dengan baik, yaitu:

  • Dana : Tentu, jika kamu ingin melakukan hal yang seru, maka kamu membutuhkan dana, bukan? Setidaknya dana untuk menginap. Sebab, terkadang sudah ada paket lengkap dari penginapan. Misalnya paket makan hingga jalan-jalan.
  • Menentukan Jadwal : Sebenarnya, kamu bisa melakukan hal ini kapan saja. Namun, setidaknya siapkan waktu yang tepat agar kamu tidak mengalami gangguan misalnya saat weekend. Lagipula, memilih jadwal yang pas memperbesar kemungkinan kamu bisa berlibur bersama keluarga dan teman-teman.
  • Promo : Tahukah kamu? Ada banyak penyedia jasa liburan yang selalu menawarkan beragam promo menarik. Jadi, kamu bisa menggunakan kesempatan ini agar bisa mengikuti trend tanpa banyak mengeluarkan uang.
  • Persiapan Liburan : Walaupun mungkin kamu cuma akan berjalan-jalan dan menginap di hotel terdekat. Tapi, jangan lupakan berbagai keperluan ya. Misalnya saja pakaian ganti, charger hingga kamera untuk mengabadikan momen tersebut.
  • To Do List : Persiapkan juga apa saja yang akan kamu lakukan nantinya. Ya, setidaknya kamu harus tahu apa saja yang keren untuk dilakukan. Jangan sampai menyesal udah liburan ternyata ada list yang ketinggalan.
  • Kendaraan : Nah, pikirkan juga tentang kendaraan ya. Siapa tahu kamu akan berkeliling dan menikmati pemandangan sekitar. Walaupun kamu tidak punya kendaraan pribadi, kamu bisa kok menggunakan kendaraan sewaan.
  • Rekomendasi : Walaupun mungkin kamu sudah punya tujuan untuk menginap. Tidak ada salahnya membuat daftar rekomendasi bukan? Nah, daftar ini nantinya bisa menjadi perbandingan jika ada kendala pada tujuan utama.

Akhir Kata

Bagaimana? Apakah sampai di penjelasan ini kamu sudah memahami apa itu staycation? Seharusnya, kamu sudah mulai paham akan tren ini dan bagaimana cara merencanakannya.

Sebab, jika kamu bisa merencanakan dengan baik maka staycation kamu pasti lebih seru. Perencanaan yang kamu perlukan tidak harus ribet kok! Cek saja list di atas dan selamat berlibur, ya!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.