Air Terjun Tumpak Sewu, 5 Rekomendasi Kegiatan Seru

1 min read

Air terjun Tumpak Sewu

Jika kamu sedang berada di kawasan Lumajang, maka sangat disarankan berhenti sejenak dan menikmati keindahan alam. Pasti kamu penasaran dimana kamu bisa menikmati hal tersebut, bukan? Perkenalkan air terjun Tumpak Sewu dengan semua keindahannya yang akan dibahas kali ini.

Siapapun pasti setuju jika bermain dengan alam apalagi di tengah sungai dengan air terjun adalah hal yang seru. Bagaimana tidak, kulit yang bersentuhan langsung dengan air sejuk pasti membuat tubuh lebih rileks. Apalagi kawasan ini juga dikenal akan keindahannya, daripada penasaran, yuk simak ulasannya!

 

Fun Facts Tentang Air Terjun Tumpak Sewu

Mari kita mulai dengan fakta menarik alias fun facts tentang air terjun ini. Beberapa hal yang perlu kamu ketahui adalah:

  • Di Atas Goa : Ya, air terjun indah ini sebenarnya berada di atas sebuah goa yang letaknya tersembunyi. Selain menikmati indahnya air terjun, kamu juga bisa menelusuri dan masuk ke bagian goa tersebut.
  • Dikenal Sebagai Niagara Indonesia : Jika kamu membandingkan gambaran air terjun ini dengan air terjun Niagara di Brazil pasti tahu mengapa dinamai demikian. Sebab, air terjun ini memang terlihat seperti Niagara. Apalagi dengan derasnya debit air dan ketinggian yang lumayan tinggi tersebut.
  • Memiliki Banyak Spot Foto : Nah, ini adalah fakta yang disukai banyak wisatawan. Bagaimana tidak, kamu bisa mengabadikan momen tersebut, baik dengan latar alam yang menghijau. Atau, kamu juga bisa mendapatkan foto indah di kolam sekitaran air terjun.
  • Mitos : Sepertinya setiap keindahan alam memiliki mitosnya tersendiri. Salah satu mitos yang terkenal adalah khasiat dari air terjun tersebut. Konon kabarnya bisa membuat awet muda loh.

Fasilitas Air Terjun Tumpak Sewu

Selain fakta menarik, kamu juga harus tahu apa saja fasilitas yang disediakan. Dimana ada lahan parkir yang tidak terlalu sempit. Cukup untuk menampung banyaknya wisatawan pada hari libur atau weekend.

Disana juga terdapat fasilitas kamar mandi bagi kamu yang ingin mandi setelah berenang di bawah air terjun. Bahkan juga ada banyak warung atau tempat makan jika pengunjung ingin makan di sana. Selain itu juga ada mushola dan toilet kok.

Kamu bisa datang kapan saja sebab air terjun tumpak sewu buka setiap hari kecuali ada peraturan khusus. Untuk masuk kamu hanya perlu menyediakan uang sebanyak 10.000. Dan tentu saja akan dikenakan biaya parkir kendaraan agar aman dari tangan-tangan jahil.

Baca Juga : Air Terjun Madakaripura, Keindahan yang Tersembunyi Dibalik Kepercayaan Mitos

Aktivitas Seru Saat Berkunjung Ke Air Terjun Tumpak Sewu

Jika kamu memutuskan untuk berkunjung, maka kamu bisa melakukan beberapa aktivitas seru berikut ini:

  1. Menelusuri lembah agar bisa melihat keindahan air terjun tersebut di bagian bawah. Tirai-tirai air terjun akan terlihat indah di bagian ini.
  2. Trekking menelusuri jalanan lembah yang memacu adrenalin. Dimana perjalanan akan membuahkan keindahan air terjun yang memukau.
  3. Berenang dan mandi di bawah air terjun dengan air yang jernih dan sejuk.
  4. Bermain dan berfoto di air terjun kecil pada bagian bawah Tumpak Sewu. Ada banyak, loh! Pasti seru.
  5. Menelusuri goa tersembunyi di bawah air terjun tersebut. Perjalanannya memang menantang tapi terbayarkan dengan keindahan di dalam goa tersebut.

Bagaimana? Apakah kamu sudah berencana untuk pergi liburan ke air terjun Tumpak Sewu ini? Jika iya, usahakan untuk pergi di musim panas, ya.

Jika kamu pergi di musim hujan mama rute dan jalanan yang ditempuh akan lebih sulit dan licin. Juga jangan lupa membawa baju ganti, sebab tidak ada yang bisa menahan pesona air terjun ini. Ujung-ujungnya pasti kamu mandi, loh.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.