Air Terjun Madakaripura, Keindahan yang Tersembunyi Dibalik Kepercayaan Mitos

1 min read

Air terjun Madakaripura

Selalu ada sejarah ataupun mitos dibalik sebuah keindahan alam seperti air terjun Madakaripura ini. Apalagi dengan julukan sebagai salah satu air terjun terindah di Indonesia, sayang rasanya jika kamu tidak mengenalinya. Setidaknya, kamu harus tahu seluk beluk air terjun ini terlebih dahulu.

Jika kamu mungkin masih asing dengan nama air terjun ini, tapi kamu pasti sudah familiar dengan gunung Bromo, bukan? Nah, air terjun ini lokasinya tidak jauh dari lokasi gunung tersebut. Konon kabarnya, banyak hal magis yang ada di sana, penasaran? Yuk kita simak sejarahnya!

 

Mitos Air Terjun Madakaripura

Seperti yang sebelumnya kita bahas, dibalik keindahan air terjun ini, terdapat banyak cerita dan mitos yang dipercayai. Jika kamu menelusuri namanya, maka akan terdapat 3 kata. Yakni Mada, Kari dan Pura.

Jika diartikan maka Mada adalah Gajah, Kari merupakan peninggalan dan Pura adalah semedi. Hal ini disangkutpautkan dengan asal usul air terjun ini. Yakni tempat semedi dari patih Gajah Mada.

Konon kabarnya, di sinilah Gajah Mada menghembuskan nafas terakhirnya ketika sedang bersembahyang. Belum lagi mitos yang menyatakan pengunjung harus pulang sebelum jam 2 siang. Konon, jika tidak maka debit air akan naik dan membuat pengunjung sulit pulang.

Belum lagi mitos yang menyatakan bahwa niat pengunjung akan menentukan keselamatan mereka. Jika kamu memiliki niat jelek maka akan tertimpa sial dan begitu juga sebaliknya. Mitos selanjutnya adalah air tersebut bisa membuat kamu awet muda.

Pesona dan Daya Tarik Air Terjun Madakaripura

Jika kamu berkunjung, maka kamu akan terbius dengan bentuk yang menyerupai gua pada kawasan air terjun ini. Belum lagi ketinggian puncak jatuh air adalah 1.000 mdpl. Jadi, tidak heran jika di bawahnya akan terasa sejuk dan segar.

Perjalanan menuju ke air terjun ini akan disambut dengan keindahan 4 air terjun lainnya. Bahkan salah satu air terjun berbentuk rongga, loh! Air terjun utama juga berbentuk melingkar memang persis seperti sebuah gua.

Jika diperhatikan lagi, titik jatuh air terjun ini menyebar sehingga terbentuk seperti air hujan. Dan, jika sedang terik maka kamu akan beruntung untuk melihat bias pelangi di sana. Aliran airnya juga terlihat sangat jernih dan berwarna kebiruan loh.

Bahkan suasana alam juga sangat mendukung. Bagaimana tidak, kamu akan dimanjakan dengan pemandangan serba hijau nan asri dari atas ke bawah. Sehingga, sangat cocok untuk meredakan penat.

Baca Juga : Keindahan Air Terjun Sri Gethuk, 2 Aktivitas Seru Ini Wajib Anda Lakukan

Aktivitas Seru Bagi Wisatawan

Jika kamu memilih untuk berkunjung maka kamu tidak akan kecewa, sebab aktivitas di sini sudah diawasi dan terstruktur. Sebelum bertemu dengan air terjun, maka kamu akan melakukan trekking atau berjalan kaki menikmati panorama alam. Agak jauh memang, jarak yang ditempuh selama 1 jam perjalanan.

Kamu juga bisa menikmati dingin dan jernihnya air terjun ini dengan berenang. Hati-hati loh, bagian tengah bisa mencapai kedalaman 6 hingga 7 meter. Namun, bagi kamu yang suka berenang maka ini merupakan tempat yang nyaman.

Selain aktivitas di atas, di kawasan air terjun ini juga menyediakan beberapa fasilitas umum. Seperti adanya toilet, lahan parkir, kamar mandi, mushola hingga toko untuk membeli souvenir. Sehingga, perjalanan kamu menelusuri air terjun ini pastinya menyenangkan.

Air terjun ini buka setiap hari, jadi kamu bisa datang kapan saja. Belum lagi tiket masuk juga dijual dengan harga yang terjangkau. Nah, bagaimana? Sudah lengkap informasi tentang air terjun Madakaripura ini, bukan?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.