5 Souvenir Khas Malioboro Kamu Bisa Beli

2 min read

Berlibur ke Jogja rasanya tidak lengkap jika tidak mampir ke Malioboro untuk membeli oleh-oleh. Ada beberapa souvenir khas Malioboro yang sayang jika tidak dibawa pulang. Mulai dari gantunga kunci, pakaian, makanan ringan, hingga aksesoris. Berikut ini adalah rekomendasi souvenir yang bisa Anda jadikan buah tangan untuk teman atau keluarga.

Rekomendasi Souvenir Khas Malioboro

souvenir khas malioboro
Photo by culturetrip on Unsplash

Berikut adalah beberapa souvenir khas Malioboro yang bisa Anda jadikan oleh-oleh buat orang tersayang atau kawan :

  1. Kerajinan Perak

Kerajinan perak selama ini identik dengan satu daerah bernama Kotagede di Yogyakarta. Namun, di Sumatera Barat ada satu daerah yang juga dikenal dengan keindahan kerajinan peraknya. Daerah ini bernama Koto Gadang Agam, kawasan pusat seni yang terkenal sebagai sentra kerajinan perak

Tak jauh dari Malioboro, Anda bisa menemukan kerajinan perak di Kotagede. Kerajinan perak yang ada di tempat ini juga khas, ada berbagai jenis perhiasan dan hiasan, semuanya tentu dihargai terjangkau karena Anda membelinya langsung di tempat produksi.

Produk perak khas Kotagede terkenal karena memiliki keindahan dan ketelitian yang unik. Banyak wisatawan yang sekalian ingin membeli perhiasan perak ketika mampir di Malioboro dan menjadikan Kotagede sebagai tujuan. Beberapa kerajinan perak yang terkenal adalah gelang, bros, cincin dan juga replica candi.

  1. Kaos Dagadu

Kerajinan Jogja murah lain yang bisa Anda pilih adalah kaos Dagadu. Dagadu merupakan brand lokal khas Jogja yang terkenal. Kaos yang dibuat oleh Dagadu memiliki ciri khas sendiri, inilah yang membuatnya unik dibandingkan kaos lainnya.

Untuk mendapatkan kaos Dagadu yang asli, Anda bisa datang ke gerai aslinya, baik di Malioboro Mall, di Jogja City Mall dan masih banyak lagi. Anda juga bisa membeli lewat toko-toko retail yang ada di sekitar Malioboro, namun hati-hati jangan sampai membeli yang palsu.

  1. Batik

Batik adalah hasil karya bangsa Indonesia yang merupakan perpaduan antara seni dan teknologi oleh leluhur bangsa Indonesia.

Batik Indonesia dapat berkembang hingga sampai pada suatu tingkatan yang tak ada bandingannya baik dalam desain/motif maupun prosesnyaBatik merupakan salah satu kebudayaan khas yang ada di Jogja, karena itu Anda bisa menemukan batik dengan mudah di Malioboro.

Harganya juga terjangkau, sehingga bisa Anda beli secara borongan. Batik Jogja memiliki ciri khas berupa motif dan hiasannya, yakni dasar gelap, kebiruan dan menggunakan corak warna putih.

Ada banyak jenis model batik yang bisa Anda beli, ada untuk anak-anak, wanita dewasa atau pria dewasa. Motif dan gayanya juga beragam, beberapa bahkan mengikuti fashion khas anak muda. Tempat yang paling murah untuk menemukan batik adalah di Pasar Beringharjo.

  1. Gerabah Kasongan

Oleh oleh khas Malioboro lain yang bisa Anda coba beli adalah gerabah kasongan. Yogyakarta selain terkenal karena kerajinan peraknya, juga terkenal karena sentra kerajinan gerabahnya. Produk yang terkenal antara lain guci, hiasan, patung, kursi keramik dan lainnya.

Tidak hanya sekedar belanja, Anda juga bisa melakukan praktik pembuatan gerabah disana. Biasanya ada pelajar, baik dari TK atau SD yang sering melakukan wisata edukasi di tempat pembuatan gerabah. Gerabah yang terkenal berasal dari Desa Kasongan yang dekat dengan Malioboro.

  1. Aksesoris Khas Jogja

Selain berbagai souvenir khas malioboro diatas, Anda juga bisa membeli aksesori khas Malioboro. Barang-barang ini bisa berupa gelang, kalung, atau pernak-pernik lainnya. Untuk Anda yang mencari oleh oleh khas Malioboro untuk pacar, maka aksesoris seperti ini bisa menjadi pilihan yang tepat.

Barang-barang kecil ini harganya cukup terjangkau, beberapa diantaranya adalah gantungan kunci, gelang, tas bahkan kalung. Anda bisa membeli aksesorisnya di sekitar jalan Malioboro atau ke kios-kios di sekitar jalan tersebut. Jangan ragu untuk menawar jika Anda membeli dalam jumlah besar.

Itulah beberapa rekomendasi souvenir khas Malioboro yang bisa Anda bawa pulang ketika berkunjung kesana. Selain membeli souvenir, ketika di Malioboro Anda juga bisa mengunjungi berbagai destinasi wisata menarik disana. Mulai dari jalanan Malioboro yang estetik, keraton, atau Taman Pintar di sampingnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.