5 Destinasi Muncak di Bali dan NTT Kamu Harus Kunjungi

2 min read

Destinasi muncak di Bali dan NTT terkenal karena pemandangan alamnya yang indah. Trek gunung yang didaki pun bisa disesuaikan dengan kemampuan pendaki.

Bali dan NTT memiliki  lokasi yang tidak begitu jauh, inilah kenapa destinasi muncaknya bisa dijangkau sekali jalan.

Kekayaan panorama yang disuguhkan pada kedua daerah ini pun tidak kalah menarik. Anda masih bisa menikmati keindahan pepohonan yang hijau, maupun pantai dengan ombak yang menyejukkan.

Berikut ini merupakan destinasi muncak favorit yang bisa Anda singgahi jika sedang berkunjung ke Bali atau NTT. Jangan lupa siapkan mental dan perlengkapan yang cukup untuk mendaki, sehingga Anda bisa mencapai puncak dengan selamat.

Destinasi Muncak di Bali dan NTT

destinasi muncak di bali dan ntt

Gunung Batur

Destinasi Muncak di Bali dan NTT yang pertama adalah Gunung Batur, gunung ini termasuk dalam Provinsi Bali dan memiliki pemandangan yang indah. Tidak heran, Gunung Batur menjadi lokasi yang banyak dipilih anak muda untuk muncak. Belum lagi ketinggiannya hanya 1.717 mdpl saja.

Meski tidak terlalu tinggi, pemandangan lerengnya tidak perlu Anda ragukan lagi. Terdapat spot khusus yang bisa Anda gunakna untuk melihat matahari terbit yang cantik dari puncaknya. Jika baru belajar mendaki, Gunung Batur bisa menjadi pilihan yang tepat.

Gunung Rinjani

Beralih ke NTT, Anda tetu tidak asing dengan Gunung Rinjani. Gunung ini termasuk dalam wilayah konservasi Taman Nasional Gunung Rinjani.

Keindahan yang akan Anda dapatkan tidak kalah cantik dengan gunung di Bali. Keaneka ragaman hayati yang ada di gunung ini juga termasuk yang terbaik di Indonesia.

Gunung Rinjani menempati posisi sebagai gunung tertinggi ketiga yang ada di Indonesia.

Itulah kenapa Anda harus menyiapkan mental, fisik dan perlengkapan yang cukup untuk mendaki sampai puncaknya. Gunung ini buka setiap hari untuk aktifitas pendakian, baik weekday ataupun weekend.

Gunung Lesung

Nama Gunung Lesung mungkin masih kurang familiar bagi para pendaki, namun gunung ini sayang jika Anda lewatkan begitu saja jika sedang berkunjung ke Bali. Ada banyak bangunan tua yang bisa Anda temukan disana, tersebar di lereng dan sepanjang perjalanan naik, membuatnya menjadi tempat spot foto menarik.

Di sebelah selatan gunung, Anda bisa menemukan danau cantik bernama Danau Tamblingan. Danau ini memiliki panorama yang indah, baik di sore hari ataupun pagi hari. Gunung Lesung termasuk dalam daftar 10 gunung di Bali yang wajib Anda daki.

Gunung Tambora

Gunung Tambora yang terletak di Dompu, NTT ini juga termasuk gunung yang menarik untuk didaki. Bagian yang paling menarik dari Gunung Tambora adalah kawahnya yang cantik, kawah ini juga menjadi destinasi wisata yang menarik bagi wisawatan yang berkunjung ke Tambora.

Selain mendaki, aktifitas lain yang bisa Anda lakukan di Gunung Tambora adalah melakukan susur hutan. Alam yang ada di Gunung Tambora masih terjaga dengan baik, sehingga sering digunakan sebagai kawasan penelitian.

Gunung Agung

Destinasi muncak di Bali dan NTT yang paling terakhir adalah Gunung Agung. Di Bali, semua orang pasti tahu mengenai Gunung Agung. Gunung ini merupakan spot muncak di Bali yang sering didaki oleh pendaki, baik yang pemula atau sudah berpengalaman. Gunung ini termasuk gunung yang masih aktif, terakhir meletus pada tahun 2017 lalu.

Gunung ini memiliki pemandangan yang indah, treknya juga tidak begitu sulit untuk ditaklukkan. Karena masih dalam kondisi aktif, jika ingin mendaki gunung ini, Anda harus mematuhi berbagai peraturan yang berlaku. Sehingga keselamatan Anda selama pendakian tidak akan terancam.

Rekomendasi destinasi muncak di Bali dan NTT diatas semoga bisa menjadi panduan Anda yang ingin mencari spot muncak. Tidak hanya bisa mendapatkan pengalaman pendakian yang tidak terlupakan, Anda juga bisa mendapatkan panorama alam yang indah.

Pastikan selalu agar anda tidak lupa untuk selalu siap sedia ketika ingin muncak atau mendaki ke gunung-gunung besar. Persediaan dan perlengkapan yang cukup sangat menunjang agar anda selalu siap terhadap hal-hal tidak menyenangkan yang mungkin saja terjadi ketika anda sedang berwisata.

Pemeriksaan kesehatan yang lengkap juga wajib untuk memastikan bahwa anda benar-benar dalam kondisi fit sebelum anda pergi berangkat untuk muncak.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.