Rawon Setan Surabaya, Cita Rasa Legendaris yang Nikmat

1 min read

Rawon Setan Surabaya

Buat kamu yang bermain ke Surabaya, wajib mencoba Rawon Setan Surabaya yang sudah melegenda. Meskipun, kamu tentunya tidak akan sulit menemukan kuliner khas yang satu ini.

Akan tetapi, ada rawon legendaris yang wajib kamu coba, yaitu Rawon Setan di Jalan Embong Malang. Bayangkan saja, racikan rawon di sini sudah terkenal sejak 1952!

Rawon memang wajib masuk daftar kuliner yang dicicipi ketika berkunjung ke Surabaya. Kamu yang punya agenda wisata ke Kota Pahlawan, tentunya sangat direkomendasikan bahkan wajib makan di Rawon Setan Surabaya yang legendaris ini.

Baca Juga: Kafe Temu Kunci Garut, Coffee Shop Berkonsep Timur Tengah

Buat kamu warga luar pulau Jawa atau wisatawan yang ingin lebih lama liburan di Surabaya, Rawon Setan ini lokasinya tepat di seberang hotel JW Marriott Surabaya. Jadi kamu bisa sekalian menginap di hotel tersebut agar tidak perlu berjalan jauh lagi.

Setiap jam makan siang, rumah makan Rawon Setan Surabaya selalu dipadati oleh pengunjung. Tentunya, kamu bisa makan di sini bersama keluarga atau orang tersayang.

Rawon Setan Surabaya masuk dalam kategori rawon legendaris di Kota Pahlawan karena telah berdiri sejak 1952. Saat ini, Rawon Setan Surabaya dikelola oleh menantu dari pendirinya.

Menurut informasi, pendiri Rawon Setan Surabaya adalah, Ibu Masiati dan Bapak Sadiyo. Dari sejarahnya, resep Rawon Setan diciptakan oleh Ibu Musiati sendiri.

Pada awal berdiri, Rumah Makan Rawon Setan Surabaya berada di lokasi tempat Hotel JW Mariott berdiri. Pada 1990, rumah makan legendaris itu pindah ke seberang jalan.

Soal nama ‘Setan’, menurut informasi nama itu diambil karena dulu warung rawon legendaris ini buka malam sampai dini hari. Menurut informasi, dahulu rumah makan ini buka mulai pukul 12 malam hingga 3 dini hari.

Kenikmatan semangkuk Rawon Setan Surabaya

Buat kamu yang ingin merasakan nikmatnya nasi rawon pisah, harganya pun cukup terjangkau. Satu porsi dibanderol dengan harga Rp 38.000. Rawonnya punya isi lima potong daging rawis serta iga dengan ukuran sedang. Terdapat pula taburan bawang goreng di dalamnya.

Sementara, nasinya disajikan bersama tauge pendek ditambah sambal terasi di sisi samping. Kamu yang berkunjung ke sini pasti akan mencium aroma yang sangat menggugah selera, bahkan bisa bikin kamu laper!

Kuah rawonnya sendiri memiliki warna cokelat kehitaman dengan konsistensi yang tidak terlalu kental atau encer. Rasa gurihnya pun sangat pas di lidah. Apalagi, ada sentuhan rasa ‘nutty’ keluak yang tidak terlalu pekat pula.

Salah satu hal yang pasti bikin kamu jatuh cinta ialah keempukan daging rawon di sini. Karena sangat empuk, kamu tidak perlu banyak usaha untuk mengunyahnya.

Baca Juga: Bakso Bening Aryana Bogor yang Nikmat dan Murah

Rawon di sini menggunakan daging rawis atau iga, sehingga masih terselip juga lapisan lemak yang juicy dalam daging. Rawon Setan Surabaya bisa semakin enak apabila ditambah sambal merah cair yang dijamin nikmat.

Belum puas? Kamu bisa tambah lauk juga. Rawon Setan Surabaya menyuguhkan paru goreng dengan harga Rp 25.000. Selain itu, ada juga tempe goreng, serta perkedel. Tidak hanya itu, terdapat pula telur asin dan daging empal.

Buat kamu penggemar rawon atau yang baru mau mencobanya, apalagi penggemar makanan Surabaya, Rawon Setan wajib jadi pilihan tempat bersantap yang nikmat. Akan tetapi, rumah makan ini cuma terdapat di Jalan Embong Malang sebab memang berkomitmen tidak buka cabang di daerah lain.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.