9 Makanan Khas Lombok, Jajanan Legendaris!

1 min read

Makanan Khas Lombok

Keindahan alam Lombok bukan lagi rahasia umum di antara para wisatawan. Namun, dibalik keindahan ini, Lombok juga memiliki beragam makanan khas Lombok yang sangat lezat dan menggoda. Pastinya, siapapun tidak akan menolah mencicipi 9 aneka jajanan kuliner makanan khas Lombok yang sangat lezat di bawah ini.

Sate Pencok

Ini merupakan jajanan makanan khas Lombok yang pertama yang pastinya akan banyak disukai oleh wisatawan. Bagaimana tidak, yang namanya olahan sate sudah sangat familiar di telinga penduduk Indonesia dan memiliki beragam jenis. Salah satunya adalah sate  khas Lombok ini. Sate pencok khas Lombok ini biasanya akan disantap dengan bumbum pepalah yang pastinya sudah diakui kelezatannya.

Nasi Balap

Pernah mendengar jajanan yang dinamai mie balap? Nah, d Lombok sendiri, ada salah satu makanan khas Lombok yang dinamai nasi balap. Bahkan, ini adalah jajan kuliner yang bisa ditemukan di hampir semua penjuru pulau Lombok sendiri. Ini adalah hidangan nasi yang memiliki ciri khas rasa pedas yang menggigit. Nasi yang dihidangkan adalah nasi putih biasa bersama goreng kentang kering dan suwiran ayam disertai dengan bumbu pedas.

Sayur Ares

Nah, ini merupakan makanan khas Lombok yang berbahan dasar sayuran. Namun, jangan khawatir terlebih dahulu, kelezatan yang disajikan oleh sayur ares ini tidak kalah menggoda dengan 2 ragam makanan khas Lombok di atas. Ares sendiri merupakan penamaan untuk gedebok atau pelepah pisang di daerah Lombok. Pengolahan pelepah pisang yang masih muda dengan campuran santan ini akan menyajikan citra rasa yang sempurna. 

Bebalung

Jika ingin mencicipi makanan khas Lombok yang dianggap bisa menambah kekuatan vitalitas dan tenaga, maka cobalah bebalung ini. Bebalung ini adalah sebuah kata yang berasal dari suku Sasak yang berarti tenaga. Ini adalah makanan yang bahannya mirip dengan soto daging. Bebalung ini biasanya menggunakan campuran iga kerbau maupun iga sapi yang nantinya akan dimasak bersamaan dengan bumbu halus.

Bantal

Jangan salah, ini bukan istilah untuk teman tidur yang biasa kita gunakan ya! Ini adalah salah satu makanan khas Lombok yang berupa kue dimana sering disajikan untuk sajian berbuka. Walaupun penamaan dari kue yang memiliki campuran ketan ini memang dipengaruhi oleh bentuknya yang mirip dengan bantal. Namun, makanan lezat kali ini biasanya akan sangat ramai jika sudah memasuki bulan suci Ramadhan. Dimana ini akan dijajakan dan menjadi santapan saat berbuka dan tadarus.

Kue Keciput

Sama halnya dengan kue bantal, ini merupakan kue khas Lombok yang biasanya dibuat dan dihidangkan selama lebaran. Kue keciput ini sendiri berupa kue kering yang biasa menjadi santapan favorit bagi masyarakat Lombok.

Poteng Jaje Tujak

Ini merupakan makanan khas lombok yang menggunakan bahan utama berupa tape. Jadi, makanan ini termasuk jajanan ringan yang juga digemari oleh masyarakat dan para wisatawan yang datang berkunjung. Tidak hanya berbahan utama tape, ini juga menggunakan ketan putih yang membuat balutan rasa yang luar biasa.

Plecing Kangkung

Mengusung nama kangkung, ini memang masakan khas Lombok yang menggunakan tema sayuran. Kangkung yang menjadi bahan utama untuk masakan ini biasanya akan disajikan sebagai makanan pelengkap dengan sambal tomat. Namun, ini bukan hanya beruba tumis kangkung biasa, kamu bisa menikmati beragam sayuran lain seperti kacang panjang, tauge dan kacang tanah.

Kelaq

Ini adalah nama untuk hidangan yang didalamnya terdiri dari beragam jenis sayuran. Kelaq sendiri memiliki banyak jenis, seperti kelaq batih, kelapa telur, kelaq lebui dan beberapa jenis lainnya.

Nah demikianlah 9 aneka makanan kuliner khas Lombok yang sangat lezat. Makanan nomor berapa yang paling ingin kamu coba? 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.