4 Fasilitas Bersejarah Di Ketep Pass Magelang

1 min read

Ketep pass

Sebelum kita membahas tentang tempat wisata yang satu ini, nama yang digunakan cukup unik, ya? Ketep pass adalah salah satu tempat wisata populer di Magelang. Lokasi ketep pass ini ada di jl. Ketep, Sawangan, Magelang di Jawa Barat. Lokasi ketep pass ini sendiri sebenarnya ada di puncak bukit Sawangan. 

Wisata ini adalah bukit yang berada diantara gunung Merbabu dan Merapi. Luas daerah ketep pass ini adalah 8000 m2 sedangkan ketinggiannya mencapai 1200 mdpl. Inilah mengapa daerah ini menjadi sangat segar dan sejuk.

Alamat dan Rute Ketep Pass

Rute ketep pass ini sangat mudah ditemukan dan dijangkau oleh para pengunjung atau traveller. Dapat ditempuh baik menggunakan kendaraan umum maupun kendaraan pribadi. Untuk mengunjungi ketep pass anda bisa menempuh desa Kaponan atau melalui Kopeng. 

Bahkan ini bisa ditempuh hanya dengan menggunakan 1,5 hingga 2 jam perjalanan jika anda menempuhnya dari kawasan Jogja. Sedangkan harga tiket masuk ketep pass tidaklah mahal dimana ini akan memakan biaya sebesar Rp. 10.500 per orang pada hari senin hingga sabtu, Rp. 12.500 per orang pada hari minggu dan hari libur nasional.

Dan jam buka dari tempat wisata ketep pass ini adalah dari jam 6 pagi hingga jam 5 sore. Karena di dalam ketep pass ada Ketep Volcano theatre dan teropong maka untuk mengunjunginya anda perlu membayar sebesar Rp. 5.000 untuk tiket teropong dan Rp. 7.000 untuk masuk ke theatre. 

Sedangkan untuk parkir sepeda motor Rp. 2.000 per sepeda motor dan minibus Rp.7.000, mobil Rp. 5.000 dan bus besar Rp. 12.000. Bagi wisatawan asing, tiket masuk adalah sebesar $3 setiap orangnya. 

Jika anda bertanya bagaimana dengan fasilitas yang ada di kawasan wisata ini? Fasilitas yang ada sangat lengkap dimana anda bisa menemukan mushola, gazebo, warung, restoran, toilet dan gardu pandang.

Museum Vulkanologi (Ketep Volcano Centre)

Museum ini merupakan salah satu fasilitas yang tersedia di lokasi ini. Museum ini telah diresmikan tahun 2003 oleh Bapak Mardiyanto yang kala itu menjabat sebagai Gubernur di Jawa Tengah. Sesuai dengan namanya, didalam museum anda bisa menemukan miniatur dari gunung merapi.

Anda juga akan menemukan komputer interaktif yang akan menampilkan berbagai dokumen masalah gunung berapi. Ada juga poster puncak garuda, bebatuan bukti dari letusan dan aktivitas gunung berapi. Bahkan lengkap dengan foto-foto tentang aktivitas gunung merapi dan poster peringatan dini akan letusan gunung merapi.

Bioskop Mini (Ketep Volcano Theatre)

Lokasi ini merupakan bioskop yang akan menampung sebanyak 78 orang yang akan menampilkan film yang menunjukan tentang sejarah dari gunung merapi tersebut. Film ini akan menceritakan tentang segala hal yang menyangkut gunung merapi seperti jalur pendakian, sejarah gunung merapi, letusan gunung merapi dan penelitian puncak garuda. Anda hanya akan menggunakan waktu sekitar 25 menit untuk menyaksikan film pendek di bioskop mini ini.

Teropong

Jika ingin menikmati keindahan dan pemandangan dari gunung-gunung yang ada di sekitar lokasi wisata ini. Maka anda bisa menyewa teropong yang telah disediakan. Cukup dengan uang Rp. 5.000 maka anda sudah bisa menikmati pemandangan tersebut.

Pelataran Panca Arga

Panca Arga merupakan daerah atau lokasi yang bisa disebut sebagai puncak dan tempat tertinggi pada kawasan ini. Panca arga sendiri memiliki makan lima gunung yang berarti pengunjung bisa menikmati dan disajikan keindahan dari ke lima gunung yang ada di sekitar lokasi tersebut. Kelima gunung itu adalah gunung Slamet, Merapi, Merbabu, Sumbing dan Sindoro.

Baca Juga : 16 Obyek Wisata Magelang yang Unik dan Instagenic

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.