6 Fakta Pulau Komodo, Sudah Tahu Belum?

1 min read

Fakta Pulau Komodo

Nama Pulau Komodo pasti sudah tidak asing ditelinga kita. Tapi, selain menjadi salah satu pulau yang dilindungi karena ada satwa langka. Apalagi yang kalian ketahui tentang fakta Pulau Komodo ini? Belum tahu banyak ya? Atau jangan-jangan kalian belum pernah berkunjung? Yuk kenali terlebih dahulu fakta Pulau Komodo berikut ini.

Rumor Tentang Naga

Kalian juga harus tahu salah satu fakta Pulau Komodo yang cukup unik ini. Sebenarnya, pulau ini ditemukan karena ada rumor yang menyebar di antara masyarakat sekitar. Rumor tersebut sudah menyebar dan membuat banyak orang takut hingga penasaran. Bagaimana tidak, kabarnya di pulau ini konon hidup makhluk menyerupai naga.

Dan, karena rumor ini terus menyebar maka membuat banyak orang berusaha mencari tahu kebenarannya. Hal ini juga yang dilakukan oleh Steyn Van Hens Broek. Dirinya adalah peneliti berkebangsaan Belanda. Namun, dirinya hanya menemukan banyak hewan melata yakni sekumpulan komodo di Pulau ini.

Karena itu, pulau ini resmi diberi nama pulau Komodo semenjak tahun 1910 silam. Jadi, sepertinya rumor tentang naga itu hanyalah gambaran komodo ya gais. Tapi, tetap jadi misteri mengapa ada yang mengatakan jika pulau tersebut terdapat naga di dalamnya.

Warisan Dan Salah Satu Keajaiban Dunia

Fakta Pulau Komodo selanjutnya adalah penetapan pulau ini sebagai wilayah yang dilindungi. Bahkan, UNESCO sendiri juga sudah memberikan ketetapan tentang perlindungan pulau ini dan habitat komodo yang tinggal di sana. Jadi, pulau ini juga termasuk ke dalam salah satu warisan Dunia ya gais. Penetapan ini sendiri sudah lama, dari tahu 1991 loh.

Tidak hanya terlindungi oleh pemerintah. Fakta Pulau Komodo ini juga ternyata masuk sebagai salah satu keajaiban dunia. Jika kamu belum tahu, keajaiban dunia ini adalah beberapa tempat yang memang unik, ajaib serta mengagumkan. Bahkan, juga menjadi salah satu wisata yang terdaftar sebagai tempat paling indah versi majalah National Geographic loh! Ya, menang pulau ini keren dan indah sih.

Rumah Banyak Satwa Langka

Fakta Pulau Komodo selanjutnya yang tidak boleh kamu lewatkan adalah banyaknya satwa yang ada di Pulau ini. Kabarnya, ada setidaknya 2.500 komodo yang ada di Pulau ini. Salah satu pulau di NTT ini sudah seperti rumah bagi mereka. Jadi, jangan heran ketika kamu berkunjung kamu akan dengan mudah menemukan banyak komodo berkeliaran. 

Jangan takut, mereka biasanya sendiri-sendiri kok. Sangat jarang sekali datang bergerombol seperti sedang tawuran. Namun, tidak hanya komodo saja yang menganggap pulau ini sebagai sebuah rumah. Menurut data ada setidaknya :

  • 128 spesies burung
  • 32 spesies mamalia
  • 25 jenis hewan di darat
  • Dan 37 spesies reptil

Jadi, jangan mempertanyakan lagi mengapa pemerintah selalu berusaha melindungi pulau ini ya gais.

Lokasi Shooting Film

Karena menjadi rumah bagi banyak satwa liar dan pemandangan pulau ini indah. Maka fakta Pulau Komodo selanjutnya adalah sering dijadikan sebagai salah satu lokasi shooting film.

Wajib Memakai Sepatu

Jika ini adalah kali pertama kamu berkunjung. Maka jangan lupa menggunakan sepatu ya! Karena pulau ini hidup banyak binatang melata seperti ular. Nah, paling an untuk menjelajah menggunakan sepatu.

Hindari Datang Saat Menstruasi dan Luka Terbuka

Komodo memang bisa menjadi teman manusia. Tapi, mereka sangat sensitif dengan bau darah! Jadi, ketika menstruasi atau memiliki luka terbuka sebaiknya tunda dulu datang ke sana.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.