6 Rekomendasi Makanan Halal Bali Dijamin Enak dan Bikin Nagih!

1 min read

Makanan Halal Bali

Bukan hal yang aneh jika banyak orang datang mengunjungi Bali untuk berlibur. Namun, sudahkah anda tahu tentang makanan halal Bali yang dijamin super duper enak? Karena kita ketahui di Bali sendiri banyak penduduk yang beragama non Islam, bukan? Dan, jika anda baru pertama ke Bali, anda pasti butuh daftar makanan halal yang enak untuk anda coba. Lumayan, untuk referensi anda ketika datang ke kawasan wisata yang sudah mendunia ini. Jadi, yuk simak apa saja makanan halal di Bali ini!

Lawar

Anda yang datang ke Bali pasti pernah melihat Lawar yang biasa disajikan dengan makanan lain bahkan menjadi santapan bersama nasi hangat. Lawar ini adalah salah satu makanan khas Bali yang masih banyak disajikan hingga saat ini. Bahan baku pembuatan makanan ini beragam. Namun, jika anda khawatir, maka anda bisa memilih varian Lawar Kuwir. Jenis lawar ini adalah salah satu makanan halal Bali yang terbuat dari suwiran daging ayam dan sayuran. Sekilas, mirip dengan urap. Hanya saja, Lawar dicampur dengan bumbu khas penduduk Bali loh.

Nasi Tekor

Namanya unik memang, namun ketika anda melihat tampilan asli dari salah satu makanan halal Bali ini pasti langsung tergoda. Bagaimana tidak, nasi tekor ini disajikan dengan berbagai macam lalapan dan sambal nikmat. Anda bisa menemukan Lawar, Kacang Goreng, hingga Ayam Panggang.

Sate Lilit

Apakah anda salah satu penggemar sate? Jika iya, sudah pernah mencoba salah satu menu makanan halal Bali yakni sate lilit belum? Sesuai dengan namanya, sate ini terbuat dari campuran bumbu khas Bali dan daging cincang yang dililitkan pada batang sereh. Jika anda baru melihatnya pasti merasa agak sedikit unik dan berbeda dengan jenis sate pada umumnya. Memang, daging giling yang digunakan pada bahan baku sate ini ada banyak. Bahkan yang non halal seperti daging babi juga ada. Hanya saja anda tidak perlu khawatir, kebanyakan penjual menggunakan daging ayam, kok. Jika anda belum yakin anda bisa mencari restoran halal yang menyediakan menu ini untuk anda coba.

Baca Juga : Pakis Resto Jogja, Tempat Nongkrong Unik Kekinian

Ayam Betutu

Nama kuliner makanan halal Bali yang satu ini pasti sudah tidak asing ditelinga sebagian orang. Walaupun anda mungkin belum pernah mencicipi ataupun melihat aslinya. Setidaknya anda sudah pernah mendengar tentang ayam betutu ini, kan? Makanan khas Bali ini dimasak dengan bumbu khas yang dinamai base genep. Base genep sendiri merupakan bumbu yang kaya akan rempah-rempah. Yakni terdiri dari kencur, jahe, bawang merah, bawang putih, cabe, kunyit, lengkuas, kunir, daun salam, serai dan daun jeruk. Belum lagi, ayam tersebut akan diolah bersama dengan daun singkong yang dimasukkan ke dalam perut ayam utuh.

Tipat Blayag

Tipat blayag ini adalah makanan halal Bali yang menggunakan bumbu khas seperti pecel atau gado-gado. Nantinya, bumbu ini akan disiram ke potongan ketupat serta suwiran ayam dan sayur rebus seperti tauge dan kangkung. Ya, sekilas memang mirip gado-gado. Hanya saja menggunakan bumbu khas masyarakat Bali.

Nasi Sela

Kuliner atau menu makanan halal Bali terakhir pada postingan ini yang tidak boleh anda lewatkan adalah nasi sela. Ini adalah nasi yang terbuat dari sela yang merupakan nama lain dari ubi jalar serta daging, nasi, santan juga bumbu base gede. Tentu saja anda juga akan menikmati sambal matah, kacang goreng, sayur bejek, udang dan suwiran ayam. Membayangkan nya saja pasti membuat anda lapar, bukan?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.