Ini Dia 7 Oleh-Oleh Khas Papua Barat Paling Laris

1 min read

Oleh-oleh khas Papua Barat

Selain membahas tentang makanan khas Papua Barat. Bagaimana jika kita juga membahas apa sih oleh-oleh khas Papua Barat yang layak anda bawa pulang? Rasanya ada yang kurang jika anda tidak tahu apa saja buah tangan yang wajib dibawa pulang, ya kan?

Nah, agar anda tidak salah beli mari simak yuk apa saja sih oleh-oleh khas Papua Barat yang menarik.  Berikut nih ada daftarnya. Mimin akan bagikan, jadi ketika anda berkunjung anda tidak pusing lagi memilih mana yang layak anda bawa pulang, ya kan?

Keripik Keladi

Siapa nih yang hanya kenal keladi sebagai tanaman umbi-umbian yang memiliki daun gatal, bukan? Nah, jika iya maka anda berada di kawasan yang tepat. Sebab di Papua Barat Keladi menjadi salah satu sumber untuk oleh-oleh bagi wisatawan. Keladi ini mereka olah menjadi salah satu oleh-oleh khas Papua Barat yang tahan lama. Sepertinya nya berbagai jenis keripik merupakan cemilan favorit, bukan?

Sarang Semut

Jika anda langsung membayangkan sarang semut asli maka tidak terlalu salah dari penampilan oleh-oleh khas Papua Barat ini kok. Sebab, tanaman obat-obatan ini memang memiliki lubang-lubang mirip sarang semut. Bukan hanya karena unik dan aneh saja mengapa banyak orang rela membelinya ya gais. Sarang semut ini juga dikenal sebagai salah satu obat alternatif yang berfungsi sebagai penyembuhan banyak penyakit dalam. Bahkan dari diabetes hingga kanker loh.

Koteka

Jika anda belajar banyak hal tentang suku Dani yang merupakan suku pedalaman Papua Barat. Maka, anda tidak akan asing dengan nama Koteka ini. Ini adalah aksesoris suku Dani yang sekarang sudah dimodifikasi hingga dijual bebas. Bahkan uniknya lagi anda bisa menemukan berbagai motif koteka berbeda untuk anda pilih. Ya, hiasan tradisional ini unik dan bisa menjadi pengingat jika anda pernah berkunjung ke Papua, bukan?

Tas Noken

Masih seputar kerajinan tangan asli penduduk. Anda juga bisa membeli salah satu oleh-oleh khas Papua Barat yang berbentuk tas rajut nan unik serta indah. Anda akan mendapatkan banyak ukuran, variasi hingga berbagai warna tas rajut. Tas seperti ini unik dan tidak pasaran loh gais. Sebab menggunakan rajutan tangan dan dibuat secara langsung oleh pengrajin di Papua.

Kopi Papua

Apakah anda pecinta kopi? Jika anda salah satunya, maka jangan sampai lewatkan oleh-oleh khas Papua Barat yang merupakan olahan kopi asli daerah ini ya! Ada banyak jenis kopi asli dari kawasan Papua. Rasanya juga unik dan nikmat. Karena kebun kopi kebanyakan ditanam di dataran tinggi loh!

Martabak Sagu

Jika sebelumnya anda hanya tahu martabak telur dan martabak manis saja. Bagaimana jika kali ini anda mencicipi martabak sagu? Ini adalah salah satu oleh-oleh khas Papua Barat dengan cita rasa unik. Sagu merupakan makan pokok (sumber karbohidrat) bagi masyarakat Papua. Jadi, jangan heran jika sagu banyak diolah di sini. Martabak sagu ini cukup populer apalagi jika anda sedang menelusuri kawasan FakFak.

Sagu Lempeng

Bukankah sudah mimin katakan sebelumnya jika sagu merupakan salah satu sumber karbohidrat masyarakat Papua? Salah satu olahan sagu yang merupakan makanan cemilan paling banyak anda jumpai di Papua Barat adalah Sagu Lempeng. Sagu ini akan diolah dan ditumbuk hingga menjadi tepung sagu. Kemudian diolah lagi menggunakan parutan kelapa serta gula merah. Jangan tanya rasanya ya gais. Gurih dan manis, anda harus mencobanya loh.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.