6 Makanan Khas Papua Barat Yang Kelezatannya Menggoda

1 min read

Makanan khas Papua Barat

Anda pasti sudah tidak asing dengan keindahan kawasan paling Timur di Indonesia ini, bukan? Namun selain keindahan wilayah yang memukau. Anda juga harus tahu kawasan ini juga punya banyak makanan khas Papua Barat yang lezat dan unik. Citra rasa yang sulit anda temukan di kawasan lain pasti membuat anda datang lagi dan lagi.

Setidaknya, jika anda mampir berkunjung maka anda harus mencoba satu diantara daftar makanan tersebut. Daripada penasaran yuk simak terlebih dahulu apa saja makanan khas Papua Barat yang lezatnya tiada dua ini. Berikut daftar makanan khas Papua Barat yang enak-enak loh gais.

Aunuve Habre

Nah, makanan khas Papua Barat yang pertama memiliki nama unik ya gais? Sekilas pasti anda berpikir jika ini adalah masakan dari negara luar, bukan? Karena namanya saja agak unik. Tidak hanya namanya yang unik. Bentuk dari menu makanan ini juga unik loh gais. Karena terlihat mirip steak namun bukan dari daging melainkan ikan cakalang. Sudah bukan hal yang aneh lagi jika kawasan perairan Indonesia punya banyak hasil laut yang bisa diolah. Termasuk di Papua Barat ini.

Udang Selingkuh

Wah nama makanan khas Papua Barat ini sedikit unik ya? Masa iya udang selingkuh malah jadi menu masakan lezat? Hmm… jangan salah sangka dulu ya gais. Udang selingkuh ini adalah nama udang dari Papua tersebut. Bentuknya besar, gemuk dan menggiurkan.

Jadi, jangan heran jika banyak yang menyukainya. 

Biasanya, kita bisa menikmati sajian ini setelah diolah menjadi tumisan ataupun udang bakar. Nantinya juga akan mereka sajikan bersamaan dengan tumisan sayuran yang tak kalah menggoda selera kok.

Kapurung

Jika anda suka dengan masakan olahan ikan, maka anda wajib mencoba Kapurung ini. Masakan khas Papua Barat ini mirip dengan menu sop ikan. Hanya saja, ikan yang bisa anda temukan pada Kapurung adalah ikan kembung atau ikan peda. Tapi, bagi anda yang doyang makan makanan berkuah serta pedas tetap nikmat untuk disantap loh.

Papeda

Anda pasti sudah tidak asing dengan sagu ketika masuk wilayah kalimantan atau Papua, kan? Karena kebanyakan masyarakat menggunakan olahan sagu sebagai makanan pokok mereka pengganti Nasi loh. Jadi, sumber karbohidrat mereka ada di olahan sagu.

Salah satu olahan sagu yang kerap mereka nikmati bersama makanan berkuah seperti Kapurung di atas adalah papeda. Bentuknya seperti gel, sangat lengket dan kenyal. Biasanya akan terbungkus rapi dengan daun dan akan mereka hidangkan dengan lauk atau sambal tradisional lainnya.

Sambal Colo-Colo

Sambal ini mungkin sudah tidak asing di berbagai daerah Indonesia. Salah satu wilayah yang menggunakan sambal colo-colo ini adalah Papua. Sambal ini terkenal akan cita rasa pedas yang menggoyangkan lidah. Walaupun kebayangkan biasa mereka gunakan sebagai sambal pelengkap pada makanan yang dibakar. Anda akan menemukan potongan cabe, tomat hingga bawang di sambal ini.

Olahan Cacing Laut 

Bukan hal yang aneh jika masyarakat Papua memakan cacing laut. Cacing yang bisa anda temukan di laut pada waktu-waktu tertentu ini biasa menjadi olahan makanan khas Papua Barat. Mereka biasa memakannya mentah-mentah. Namun, juga sering dimasak dan yang paling umum adalah rica-rica cacing laut. 

Kebayang tidak bagaimana rasanya? Kabarnya, cacing laut ini memiliki kadar protein yang sangat tinggi serta rasanya lezat lih gais. Jadi bagaimana? Tertarik untuk mencobanya kah?

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.