Ini Dia Pesona Keindahan Air Terjun Tiu Teja Yang Memukau

1 min read

Air Terjun Tiu Teja

Selain Bali, Lombok juga dikenal sebagai tempat yang eksotis dan penuh dengan keindahan alam. Hanya saja, gempa yang mengguncang lombok di tahun 2018 silam membuat banyak lokasi wisata terkena dampaknya. Salah satunya adalah Air Terjun Tiu Teja ini. Namun, bukan berarti lokasi air terjun ini menjadi rusak parah dan tidak bisa anda kunjungi lagi kok.

Sebelum adanya gempa dan wabah COVID-19, air terjun ini sangat ramai dikunjungi. Namun, belakangan karena adanya pembatasan tempat wisata, Air Terjun Tiu Teja menjadi sedikit yang mengunjunginya. Padahal, pemandangan alam yang bisa anda nikmati ketika berada di sini tetap sama kok. Asri dan indah.

 

Sejarah Air Terjun Tiu Teja

Sudahkah anda tahu mengapa air terjun ini dinamai sebagai Air Terjun Tiu Teja? Sebenarnya, ada sejarah dibalik nama tersebut. Tiu sendiri adalah air terjun sedangkan Teja artinya pelangi. Jadi, dahulu kala orang sering terkesima dengan keberadaan pelangi yang seolah-olah enggan pergi dari curug tersebut. Dan sejatinya sampai sekarang pun anda bisa melihat pelangi dengan mudah di kawasan ini.

Alamat dan Jam Buka Air Terjun Tiu Teja

Sebelum beranjak lebih jauh tentang Air Terjun Tiu Teja, ada baiknya anda mengetahui dimana lokasi wisata alam satu ini. Alamatnya ada di Desa Santong, Kecamatan Kayangan, Kabupaten Lombok Utara. Dan, jika anda menggunakan transportasi darat dari kawasan ibukota Lombok, maka butuh waktu sekitar 2 jam perjalanan. Cukup lama, karena jarak tempuh dari pusat kota ke Air Terjun Tiu Teja berjarak kurangebih 60 km. Sedangkan biaya masuknya sangat murah yakni hanya membayar tiket masuk sebanyak 5.000 per orang. Jika anda menggunakan kendaraan pribadi maka anda hanya perlu membayar 2.000 per kendaraan saja kok. Anda yang ingin datang ke kawasan ini bisa menggunakan 2 pilihan rute yakni:

  • Anda bisa melewati jalanan di Puncak Pusuk , jika anda memilih rute ini maka anda bisa menikmati keindahan panorama pegunungan yang menghijau.
  • Atau, anda bisa melewati Singingi, jika memilih jalur ini maka anda bisa menikmati keindahan pantai yang membiru.

Baca Juga : Capek Dengan Kebisingan Kota? Yuk Kunjungi 5 Rekomendasi Pulau Di Jakarta Ini

Daya Tarik dan Kegiatan Seru Di Air Terjun Tiu Teja

Jika selama ini anda mungkin hanya mengenal dan mengagumi keindahan gunung Rinjani saja. Maka, Air Terjun Tiu Teja ini seharusnya bisa menjadi daftar destinasi wisata indah di Lombok milik anda. Kenapa? Sebab, masih berada di kawasan KPH Rinjani loh. Sudah bisa dibayangkan bagaimana kelestarian alam sekitar yang selalu terjaga ini, bukan?

Sebenarnya, jika anda datang berkunjung, ada banyak keseruan yang bisa anda nikmati. Misalnya saja anda bisa melakukan kegiatan berikut setibanya di Air Terjun Tiu Teja:

  • Berenang, mandi air dan bermain di tepian air terjun. Ada rasa berbeda ketika anda mandi di sumber air murni dengan mandi di kamar mandi biasa, bukan? Rasa air yang lebih sejuk serta kejernihan air terjun bisa membuat anda terhipnotis dan ingin berendam lama-lama. Begitu juga yang terjadi di lokasi Air Terjun Tiu Teja.
  • Objek wisata telapak kaki raksasa yang lokasinya dekat dengan air terjun ini. Anda mungkin belum pernah mendengar tentang objek wisata ini. Namun, sekitar 20-30 menitan dari lokasi air terjun ada objek wisata batu besar yang kabarnya jejak kaki datu keling di masa lampau.
  • Hunting foto dan menikmati pemandangan alam yang asri, hijau serta menyejukkan hati. 

Rasa-rasanya, dari keterangan ini anda pasti tidak akan menolak jika diajak mengunjungi Air Terjun Tiu Teja, kan?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *