Do and Don’t Berlibur Saat Musim Hujan, Wajib Anda Ketahui Loh!

1 min read

Negara kita memang hanya terdiri dari 2 musim saja. Yakni musim kemarau dan musim hujan. Sayangnya, cuaca yang mudah berubah saat musim hujan tentu mengganggu suasana liburan anda. Agar anda bisa berlibur dengan mudah, yuk perhatikan apa saja Do and Don’t Berlibur saat musim hujan berikut ini.

Hindari Kawasan Air 

Bukannya tidak boleh, namun ketika musim hujan sebaiknya anda menghindari kawasan yang berada di sekitar air mengalir. Misalnya saja laut, pantai, danau hingga air terjun. Kenapa? Sebab volume air bisa saja tiba-tiba naik dan menyebabkan insiden tidak terduga.

Sudah tahu belum tentang belakangan video dimana sekumpulan remaja terjebak di air deras ketika berlibur di salah satu curug? Mengerikan bukan? Apalagi jika anda tidak lihai berenang, kan? Jadi, usahakan tidak berlibur di kawasan air terlebih dahulu, ya.

Gunakan Perkiraan Cuaca

Memang, cuaca bisa berubah kapan saja dan tidak ada yang bisa memastikan akan hujan atau cerah. Tapi, aplikasi atau layanan prediksi cuaca sangat berperan ketika anda ingin berlibur saat musim hujan loh!

Setidaknya anda bisa tahu apakah kemungkinan cuaca sudah bisa digunakan untuk jalan-jalan atau tidak, kan? Nah, anda juga harus tahu apakah daerah yang akan anda tuju sedang dilanda hujan tidak. Setidaknya anda bisa memperhatikan 3-7 hari belakangan.

Pilih Liburan Wisata Indoor

Tidak ada salahnya memang jika anda ingin berwisata di tempat wisata outdoor memang. Apalagi jika anda memang ingin menikmati keindahan alam. Karena wisata indoor pemandangan yang anda dapatkan pasti terbatas, bukan?

Hanya saja, jika anda memilih wisata indoor, maka anda tidak perlu khawatir berlibur di musim hujan loh. Misalnya tiba-tiba hujan anda tidak akan kehujanan, bukan? Ada banyak rekomendasi wisata indoor yang tak kalah indah dan menyenangkan untuk dikunjungi kok.

Peralatan Lengkap

Memang tidak menyenangkan jika tas bawaan anda harus penuh dengan peralatan musim hujan saat anda berlibur. Namun, tidak ada salahnya anda membawa payung mini lipat agar nantinya tidak kesulitan saat hujan, kan?

Atau, jika anda bepergian menggunakan kendaraan beroda dua, maka anda bisa membawa jas hujan. Merepotkan memang, tapi lebih baik sedia payung sebelum hujan seperti kata pepatah zaman dahulu loh.

Sediakan Vitamin dan Obat-obatan

Tidak ada yang tahu apa yang akan terjadi selama anda berlibur. Bisa saja kondisi cuaca tidak mendukung sering hujan bahkan badai. Nah, jika cuaca tidak mendukung tentu anda akan lebih mudah terkena masalah seperti pilek atau flu, bukan?

Jadi, anda harus menjaga kondisi tubuh dengan istirahat cukup hingga mengkonsumsi vitamin atau suplemen. Dan, jika anda butuh obat di saat yang membutuhkan, anda tidak perlu repot lagi. Setidaknya bawalah obat nyeri, demam, diare dan flu (obat umum) yang bisa dirasakan saat musim hujan.

Konsumsi Makanan Yang Hangat

Tidak ada larangan jika anda ingin menghabiskan semangkuk ice cream saat hujan melanda. Hanya saja, jika anda melakukannya maka kemungkinan untuk sakit tenggorokan tentu lebih besar. Untuk itu, lebih disarankan mengkonsumsi makanan yang hangat dan bisa booster sistem imun.

Misalnya anda bisa mengkonsumsi soup, soto hingga wedang jahe untuk menghangatkan tubuh. Tidak hanya itu, makanan dan minuman kaya akan rempah di musim hujan baik untuk kesehatan. Bahkan, bisa meredakan beberapa gejala yang mengganggu seperti nyeri tenggorokan, batuk dan flu. Jangan lupa bawa budget cukup ya! Selamat berlibur saat musim hujan fellas!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.