Aljuni Hirossie Hanya seorang yang suka traveling dan membagikan ceritanya melalui tulisan. Semoga bermanfaat

5 Tips Memilih Koper yang Bagus untuk Plesiran

2 min read

Tips Memilih Koper

Informasi mengenai tips memilih koper yang bagus sangat perlu dimiliki oleh seseorang yang memang sering plesiran. Koper sendiri adalah sebuah barang wajib yang memang tidak bisa dipisahkan. Hal inilah yang membuat banyak orang rela untuk mengeluarkan banyak uang demi memiliki merk koper terbaik sebagai investasi jangka panjang.

Namun, apakah koper mahal sudah pasti memiliki kualitas yang terjamin? Oh tentu saja tidak! Selain harga yang tinggi, ada beberapa faktor lain yang perlu kamu perhatikan sebelum memutuskan untuk membeli koper. Mulai dari jenis koper, ukuran koper, hingga fitur keamanan yang tersemat didalamnya.

Nah, dalam artikel kali ini tim Traveling.co.id sudah merangkumkan beberapa tips memilih koper yang bagus dan awet. Untuk mengetahui informasi selengkapnya, silakan simak ulasan berikut ini.

Tips Memilih Koper yang Bagus

1. Pilih Jenis Koper yang Sesuai

Pilih Jenis Koper yang Sesuai
Pilih Jenis Koper yang Sesuai

Tips memilih koper berkualitas yang pertama ialah dilihat dari jenis koper yang kamu butuhkan secara tepat. Sebagai informasi tambahan, jenis koper sendiri terdiri dari 2, yaitu koper softcase dan juga hardcase. Walaupun keduanya sama-sama koper, namun keduanya memiliki perbedaan mendasar yang tentunya perlu diketahui.

Untuk jenis koper hardcase, koper ini mampu memberikan perlindungan yang optimal terhadap barang bawaan kamu selama melakukan traveling. Koper jenis ini juga sangat mudah dibersihkan sehingga kamu tidak perlu kerepotan saat ingin membersihkannya.

Namun koper hardcase memiliki kekurangan pada kondisinya yang mudah pecah, retak, dan juga tergores. Untuk kondisi ini, kamu bisa mengakalinya dengan memilih koper yang terbuat dari material polycarbonate yang ringan namun kokoh dan tentu saja tidak mudah retak.

Sementara untuk jenis koper softcase, koper ini memang lebih ringan dibandingkan dengan hardcase. Kekurangannya sendiri ada pada saat ingin membersihkannya, kamu akan mengalami kerepotan karena bahan koper ini yang tidak bisa kena air. Untuk koper softcase sendiri, ada baiknya pilih yang terbuat dari bahan ballistic nylon yang berkualitas.

2. Pilih Ukuran Koper yang Tepat

Pilih Ukuran Koper yang Tepat
Pilih Ukuran Koper yang Tepat

Tips memilih koper yang bagus selanjutnya ialah dengan menyesuaikan ukuran koper yang dibutuhkan. Kebutuhan ini disesuaikan dengan durasi liburan yang kamu ambil. Jika ingin bepergian dengan durasi hanya di bawah tiga hari, maka tas ransel atau koper ukuran kabin pun sudah cukup untuk mengakomodasi perjalananmu.

Namun, apabila kamu ingin bepergian untuk waktu yang cukup lama. Kamu bisa memilih koper dengan ukuran yang besar.

3. Pilih Warna Koper yang Cerah

Pilih Warna Koper yang Cerah
Pilih Warna Koper yang Cerah

Kenapa harus memilih koper dengan warna yang cerah? Seperti yang diketahui, koper dengan warna gelap pada umumnya lebih sering digunakan oleh banyak orang sehingga akan sedikit menyulitkan kamu pada saat ingin mencari koper di bagasi.

Itulah sebabnya kamu perlu memilih warna-warna cerah atau motif unik agar mudah untuk menemukan koper ditumpukan koper lainnya. Selain itu, penggunaan warna yang cerah juga meminimalisir tertukarnya koper kita dengan orang lain.

4. Pilih Jumlah Roda Sesuai Kebutuhan

Pilih Jumlah Roda Sesuai Kebutuhan
Pilih Jumlah Roda Sesuai Kebutuhan

Sebagai informasi tambahan kembali, koper sendiri saat ini terdiri dari 2 jenis roda, ada yang 2 roda dan juga 4 roda. Nah, untuk kamu yang sering bepergian, ada baiknya pilihan koper dengan 4 roda. Hal ini dikarenakan koper roda 4 lebih mudah di dorong atau ditarik sehingga akan lebih praktis saat membawanya. Sementara untuk kamu yang ingin memilih koper kabin, jenis koper dengan dua roda bisa menjadi pilihan yang bijak.

5. Pilih Fitur Keamanannya

Pilih Fitur Keamanannya
Pilih Fitur Keamanannya

Tips memilih koper terbaik yang terakhir adalah dengan memerhatikan fitur yang ada di dalamnya. Setiap produsen koper pasti menyematkan banyak sekali fitur kekinian untuk menarik perhatian calon konsumen. FIturnya sendiri ada bermacam-macam, mulai dari bentuk handle yang nyaman, hingga sistem penguncian yang aman.

Dilansir melalui laman resmi Ceklis.id, memilih resleting koper yang berukuran besar sangat direkomendasikan karena lebih kuat dibandingkan dengan resleting kecil. Selain itu, di beberapa negara seperti Eropa sudah mewajibkan setiap produsen koper menyematkan kunti standar Travel Sentry Approved (TSA) agar petugas bandara bisa membuka koper yang dibawa dan melakukan pemeriksaan tanpa perlu merusak koper sama sekali.

Kesimpulan

Dari pembahasan singkat mengenai tips memilih koper yang bagus di atas, maka bisa disimpulkan bahwa semua jenis koper itu baik untuk dipilih. Namun ada beberapa hal yang memang harus kamu perhatikan, salah satunya adalah dari sisi kebutuhan. Akan percuma jika memilih koper yang memang bukan sesuai kebutuhan atau peruntukannya, ibarat kata akan mubadzir pada saat menggunakannya.

Semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk para traveller semuanya, happy traveling ^^

Aljuni Hirossie Hanya seorang yang suka traveling dan membagikan ceritanya melalui tulisan. Semoga bermanfaat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *