6 Makanan Khas Cianjur Yang Lezat, Sudah Pernah Coba?

1 min read

Makanan Khas Cianjur

Siapa sih yang tidak ingin berlibur ke wilayah yang asri seperti Cianjur? Sejuknya udara di sini membuat pengunjung betah. Bahkan, menjadi salah satu destinasi yang banyak diburu oleh wisatawan. Namun, apakah kamu sudah tahu tentang makanan khas Cianjur yang nikmat-nikmat? Jika belum, yuk mari kita bahas apa saja jenis makanan khas Cianjur yang layak kamu coba berikut ini.

Geco Cianjur

Tauge adalah salah satu jenis bumbu yang populer di Cianjur. Kawasan ini terkenal akan hasil olahan tanah mereka. Salah satu bumbu dapur yang sering kita jumpai adalah Tauco. Dan makanan khas Cianjur juga ada yang terbuat dari tauge serta tauco loh!

Namanya adalah Geco. Ini memang singkatan dari tauge dan tauco. Ya, sudah tidak asing jika kita menemukan makanan khas Cianjur dengan nama yang disingkat seperti Geco ini. Rasanya renyah, manis dan gurih. Cocok si buat sarapan pagi, cobain deh.

Sate Maranggi

Sangat disayangkan sekali jika kamu mampir ke Cianjur namun tidak sempat menyantap Sate Maranggi ini. Sate makanan khas Cianjur ini bahkan sudah sangat melegenda dan ikonik di kawasan ini. Karena apa? Sebab daging sate yang akan kamu cicipi sangat unik loh rasanya. Daging yang tebal dan empuk.

Apalagi dengan adanya bumbu bacem yang meresap kedalam daging sate. Wah, semakin khas rasa sate ini, bukan? Ketika kamu mampir ke Cianjur, rata-rata ada banyak penjual sate ini di pinggir jalan kok. Jadi, jangan takut kesulitan mencarinya ya.

Pesmol Kembung

Jika kamu ingin tahu apa saja makanan khas Cianjur yang biasa disantap saat makan siang. Maka, pesmol kembung ini menjadi salah satu jawabannya. Rasanya gurih, pedas dan nikmat loh gais. Apalagi sebelum dimasak ikan kembung ini dilumuri dengan bumbu khas serta kucuran dari air jeruk nipis. Nah, bagian ini yang paling penting.

Sehingga ikan kembung tersebut makin terasa lezat saat disajikan. Bahkan bagi kamu yang jarang makan olahan ikan sekalipun pasti suka. Karena tidak ada bau amis kok. Ikan yang dilumuri dengan air jeruk nipis baunya akan segera hilang.

Bubur Cianjur

Apakah kamu suka bubur? Jika iya, maka kamu harus cobain juga salah satu makanan khas Cianjur yakni bubur Cianjur ini ya gais. Rasanya nikmat, harga merakyat dan porsinya lengkap. Bayangkan kamu bisa menemukan kacang goreng, bawang goreng, bubur, kerupuk, suwiran ayam, potongan goreng jeroan hingga risol juga loh.

Sangat lengkap sekali, bukan? Inilah salah satu alasan mengapa banyak orang suka menikmati bubur Cianjur saat makan pagi. Ya, kamu makan satu porsi saja sudah kenyang loh! Rasanya juga khas, cobain deh.

Laksa

Makanan khas Cianjur selanjutnya yang tak kalah menarik dan populer di kalangan pengunjung. Dalam makanan khas Cianjur ini kita bisa menemukan bihun, telur rebus, daging ayam, tauge, kuah santan hingga kemangi. Wah, super komplit sekali. Kamu yang belum pernah coba Laksa pasti tergiur ingin mencobanya. Sebenarnya, laksa Cianjur ini masih mirip dengan laksa Bogor loh.

Nasi Pepes

Ingin rasakan nasi yang di pepes dengan bumbu khas serta adanya bumbu kaldu ayam membuat masakan khas Cianjur ini lezat. Pepes biasanya untuk ikan maupun jamu dan banyak olahan lainnya kan gais. Bagaimana dengan nasi pepes makanan khas Cianjur ini? Ada yang pernah coba belum?

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.