Fungsi dan Macam-macam Tepung yang Perlu Kamu Ketahui

2 min read

Macam-macam Tepung

Saat anda konsumsi makanan, banyak makanan yang terbuat dari tepung. Fungsi dan macam-macam tepung beraneka ragam. Tepung biasa terbuat dari gandum, beras, jagung dan lain-lain. Hal ini membuat tepung dapat digunakan sebagai bahan masakan dam membuat makanan menjadi lezat.

Tepung memang terkenal terbuat dari gandum. Anda bisa membuat makanan dari tepung misalnya mie, donat, roti, kue dan lain-lain. Tepung mengandung karbohidrat, protein, lemak, vitamin dan lain-lain.

Komponen tepung juga berasal dari endosperma, sekam, lembaga, gluten. Tepung memang beraneka ragam dan menjadi bahan baku untuk memasak.

Anda seorang ibu rumah tangga atau memiliki bisnis pembuatan roti, anda wajib menggunakan tepung ini. Sebab,kandungan tepung ini memiliki protein yang tinggi. Tepung ini juga sering disebut tepung roti, karena didalamnya terdapat gluten.

Gluten adalah senyawa protein yang terbentuk karena didalamnya ada campuran glutenin dan gliadin. Ketika diberi ragi dan air akan mengalami difermentasi,ini akan membuat roti mengembang dan kenyal. Maka, itulah tepung ini dibutuhkan oleh anda

Fungsi Tepung

  1. Fungsi Tepung Roti : Produk ini memiliki kandungan protein (gluten) yang lebih tinggi sehingga hasil adonannya kuat, enak dan kenyal. Tepung ini biasanya untuk membuat roti.
  2. Fungsi Tepung Kue : Kandungan protein tepung kue lebih rendah dan butirannya lebih halus, sehingga cocok sebagai bahan kue yang lembut. Tepung ini biasanya untuk membuat kue kering atau kue basah.
  3. Fungsi Tepung Pastry : Tepung ini termasuk memiliki kandungan yang protein sedang yang memiliki tekstur ringan.
  4. Semolina : Merupakan sejenis tepung yang terbuat dari sejenis gandum yang disebut durum. Ini termasuk protein kandungan tinggi, semolina memberikan adonan padat dan kenyal yang cocok untuk pasta.

Macam-Macam Tepung

1. Tepung Terigu Protein Tinggi

Macam-macam tepung yang pertama ada tepung terigu protein tinggi. Pada tepung terigu protein tinggi terdapat kandungan protein sebesar 12 persen. Tepung ini lebih banyak gluten daripada tepung lainnya. Kandungan gluten yang tinggi dapat memfasilitasi kinerja ragi, membuat adonan tepung mudah mengembang dan bertambah volumenya. Tepung kaya protein cocok untuk membuat berbagai jenis roti.

2. Tepung Terigu Protein Sedang

Tepung protein sedang juga dikenal sebagai tepung serbaguna. Tepung jenis ini mudah digunakan untuk membuat berbagai makanan yang diproses dengan cara dibakar. Kandungan protein dalam tepung protein sedang sekitar 10 persen hingga 10,5 persen. Beberapa makanan yang bisa diolah dengan tepung berprotein sedang antara lain bakpao, adonan pizza, bakpao, dan panekuk.

3. Tepung Terigu Protein Rendah

Tepung rendah protein umumnya digunakan sebagai bahan utama dalam produksi berbagai makanan yang dipanggang. Seperti namanya, tepung jenis ini memiliki kandungan protein yang lebih rendah dibandingkan tepung lainnya.

4. Tepung Gandum Utuh

Tepung gandum utuh bisa menjadi pilihan bagi Anda yang ingin beralih ke gaya hidup sehat.Perbedaan mendasar antara tepung terigu dan tepung wholemeal terletak pada bahan baku yang digunakan.

Tepung gandum terbuat dari gandum utuh, sedangkan tepung gandum hanya terbuat dari daging gandum.Seperti tepung terigu, tepung gandum utuh mengandung gluten. Bedanya, tepung gandum utuh memiliki kandungan serat dan nutrisi yang lebih tinggi dibandingkan tepung terigu.

5. Tepung Bebas Gluten

Gluten merupakan protein yang terdapat pada biji-bijian, salah satunya adalah gandum. Meski gluten kaya akan manfaat, tidak semua orang bisa mengonsumsi makanan yang mengandung gluten. Orang yang tidak bisa makan gluten dapat mengganti tepung bebas gluten dengan tepung yang mengandung gluten. Maka,anda bisa menggunakan tepung bebas gluten.

6. Tepung Sagu

Tepung ini juga termasuk dalam golongan pati karena terbuat dari bagian tengah pohon sagu. Untuk bagian tengah pohon ini dikeruk, dihaluskan, dicampurkan dengan air, lalu diamkan hingga mengendap. Endapan inilah yang bisa mengkeringkan sampai berbentuk tepung. Teksur yang dimiliki tepung sagu ini  agar kesat dan juga berpasir dengan warna yang agak keruh.

Anda bisa menemukan tepung di berbagai tempat, misalnya di Pasar, Toko Kue, atau Supermarket. Anda bisa memilih tepung sesuai dengan kebutuhan anda. Cek juga untuk kadaluwarsanya.

Tepung memang sebagai bahan baku untuk membuat beraneka ragam makanan yang lezat.

Tepung juga dapat dikonsumsi oleh segala kalangan dari anak-anak hingga lansia. Itulah beberapa fungsi dan macam-macam tepung,semoga berguna dan dapat memenuhi gizi anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.