5 Destinasi Muncak di Jawa Barat Bisa Kamu Kunjungi

1 min read

Destinasi Muncak di Jawa Barat

Jika Anda belum tahu, ternyata destinasi muncak di Jawa Barat ada beragam, Anda bisa menyesuaikannya dengan selera pribadi ataupun kemampuan fisik dan mental yang dimiliki. Makin tinggi gunung yang didaki, tentu mental dan fisik harus makin kuat.

Di Tanah Pasundan, Anda bisa mencoba beberapa titik pendakian menarik berikut ini.

Tidak hanya memberikan pemandangan yang indah di puncaknya, Anda juga akan menemukan kontur alam yang tidak bisa ditemukan di tempat lain. Berikut adalah rekomendasi destinasi muncak terbaik yang ada di Jawa Barat.

5 Destinasi Muncak di Jawa Barat Bisa Kamu Kunjungi

Gunung Guntur

Merupakan gunung dengan ketinggian 2249 mdpl, gunung ini masih aktif dan memiliki pemandangan yang indah. Destinasi menarik yang ada di gunung ini adalah kaldera, sabana dan spot untuk menikmati matahari terbit di Garut.

Selain spot spot menarik tersebut, Anda juga bisa menemukan air terjun dengan nama Curug Citis. Air yang terdapat di Curug Citis merupakan air dari sumber mata air Gunung Guntur, membuatnya terasa segar dan dingin.

Gunung Ciremai

Destinasi Muncak di Jawa Barat adalah Gunung Ciremai. Gunung ini berada di Kabupaten Cirebon, Kuningan dan Majalengka. Kawasan Gunung Ciremai masuk dalam Taman Nasional Gunung Ciremai dengan ketinggian gunung mencapai 3078 mdpl.

Cirmai memiliki dua buah kawah yang memiliki radius 400 dan 600 meter. Kawah tersebut tercipta dari letusan Gunung Ciremai di masa lampau.

Selain kawah, Anda juga bisa menemukan Gowa Walet, gua ini juga bekas dari letusan Gunung Ciremai. Terdapat tiga jalur pendakian yang bisa dipilih oleh pendaki, yakni Jalur Majalengka, Palutungan dan Linggarjati.

Gunung Petuha

Jika Anda mencari tempat menarik di Jawa Barat, Anda bisa mampir dan mendaki Gunung Petuha. Gunung ini memiliki kawah putih yang berada di Kawasan Ciwidey.

Kawah tersebut bisa muncul karena Patuha pernah meletus, di abad ke-13 kawah ini kemudian terbentuk dan memiliki air berwarna putih.

Meskipun tidak seterkenal Tangkuban Perahu atau Pandayan, Gunung Petuha memiliki danau cantik yang sayang jika Anda lewatkan. Danau tersebut diberi nama Situ Patenggang. Hadirnya danau ini juga tidak lepas dari mitos masyarakat setempat.

Gunung Cikuray

Destinasi Muncak di Jawa Barat lainnya adalah Gunung Cikuray. Gunung ini terletak di daerah Dayeuhmanggung, Garut. Dengan ketinggian 2821 mdpl, gunung ini cocok untuk Anda yang baru mulai mendaki dan mencari trek pendakian yang mudah.

Gunung Cikuray banyak dipilih anak muda Pasundan karena letaknya tak jauh dari ibu kota, sehingga aksesnya menuju lokasi lebih mudah dan tidak butuh waktu lama. Bentuk Gunung Cikuray juga unik, menyerupai kerucut yang berukuran raksasa.

Gunung Gede

destinasi muncak di jawa barat
Photo by ochimax studio on Unsplash

Anda tentu tidak asing dengan Gunung Gede, gunung ini memiliki pemandangan yang indah dan terkenal diantara gunung gunung lain di Jawa Barat.

Gunung Gede juga termasuk dalam Taman Nasional Gunung Gede Pangrango, membuatnya memiliki ekosistem dan kontur alam yang masih alami.

Gunung Jawa Barat untuk pemula ini cocok untuk didaki, terutama yang ingin mencari gunung dengan ketinggian dibawah 3000 mdpl. Pasalnya, Gunung Gede hanya memiliki ketinggian 2958 mdpl. Spot menarik yang ada di Gunung Gede adalah alun alun Suryakencana yang memiliki hamparan edelweiss.

Demikian artikel mengenai rekomendasi dan destinasi muncak di Jawa Barat tadi, mudah-mudahan bisa menjadi pertimbangan untuk Anda yang ingin muncak di akhir pekan. Jangan lupa untuk menyiapkan fisik dan mental bagi pendaki yang baru pertama kali naik gunung, sehingga bisa mendaki selamat sampai puncak.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.