5 Destinasi Muncak di Jawa Timur Untuk Kamu Kunjungi

2 min read

Wisata dataran tinggi belakangan memang menjadi kesukaan anak muda. Jika Anda salah satunya, cobalah ke 5 destinasi muncak di Jawa Timur ini. Gunung-gunung di Jawa Timur terkenal karena pemandangannya yang indah dan alamnya yang asri. Karena itu, tidak heran banyak anak muda dan pendaki yang tertarik untuk menjelajahi gunung disana.

Berikut ini adalah rekomendasi gunung di Jawa Timur yang cocok digunakan sebagai tempat muncak. Anda bisa memilih salah satu sesuai dengan kemampuan dan preferensi yang dimiliki.

5 Destinasi Muncak di Jawa Timur Untuk Kamu Kunjungi

Photo by ardito ryan Harrisna on Unsplash

Gunung Semeru

Destinasi Muncak di Jawa Timur yang pertama adalah Gunung Semeru. Semeru merupakan gunung yang paling tinggi di Pulau Jawa, inilah alasan kenapa banyak pendaki yang ingin mendaki Semeru. Selain karena ketinggiannya, Gunung Semeru juga terkenal karena pemandangannya yang indah. Gunung ini berlokasi di Malang, Jawa Timur, dengan ketinggian mencapai 3.676 mdpl.

Salah satu spot indah di Semeru adalah Ranu Kumbolo, danau yang berada di ketinggian 2.400 mdpl ini menjadi tempat yang indah untuk menyaksikan matahari terbit. Karena ketinggiannya, Anda disarankan untuk mempersiapkan fisik dan stamina yang kuat.

Gunung Raung

Destinasi muncak di jawa timur selanjutnya adalah Gunung Raung, gunung di Jawa Timur ini berada di tiga wilayah kabupaten, yakni Bondowoso, Banyuwangi dan Jember. Dengan ketinggian sekitar 3.334 mdpl, Anda bisa mendapatkan pemandangan yang indah, apalagi hutan dan panorama alamnya masih asri.

Hal yang menarik di Gunung Raung adalah kalderanya, kaldera tersebut disebut-sebut sebagai yang terbesar kedua di Indonesia, setelah kaldera di Gunung Tambora. Untuk mencapai puncak, pendaki harus melewati jalur pendakian yang cukup ekstrim, karena itu pendaki pemula diminta mempertimbangkan diri jika ingin mendaki gunung ini.

Gunung Welirang

Jika ingin mengunjungi gunungyang memiliki belerang dan masih aktif sebagai gunung merapi, Anda bisa muncak di Gunung Welirang. Gunung ini terletak di perbatasan Kabupaten Malang dan Mojokerto, sehingga mudah dijangkau dari kedua kabupaten tersebut. Dengan ketinggian 3.156 mdpl, gunung ini bisa menjadi lokasi muncak yang cukup menarik.

Sebagai gunung aktif di Jawa Timur, tentunya Anda harus mematuhi berbagai peraturan yang ada disana. Dengan begitu, Anda bisa mendaki dengan selamat dan tanpa ada masalah apapun. Jika beruntung, Anda bisa bertemu dengan penduduk setempat yang bekerja sebagai pengumpul batu belerang dan bertegur sapa.

Gunung Argopuro

Argopuro merupakan nama gunung yang berada di tiga wilayah kabupaten, Bondowoso, Probolinggo dan Situbondo. Karena lokasinya yang bisa diakses dengan mudah dari tiga kabupaten, banyak yang menjadikan Arguporo sebagai spot muncak di Jawa Timur.

Ketinggian gunung ini sekitar 3.088 mdpl, jika Anda baru mulai mendaki, maka gunung ini bisa menjadi permulaan yang tepat. Di Gunung Argopuro, Anda akan menemukan padang sabana yang indah dengan danau yang masih asri. Jalur pendakiannya juga panjang, jadi harus mempersiapkan fisik yang mumpuni.

Selain terkenal dengan keindahan padang savana dan danaunya yang sarat akan nuansa mistis, Gunung Argopuro juga terkenal dengan jalur pendakiannya yang sangat panjang.  Yaitu sekitar 63 km.

Setidaknya butuh waktu kurang lebih 5 hari 4 malam untuk bisa mencapai puncak Gunung Argopuro yang menjadi salah satu gunung terindah di Pulau Jawa ini.

Gunung Ijen

Destinasi muncak di Jawa Timur yang terakhir adalah Gunung Ijen. Siapa yang tidak kenal dengan Gunung Ijen, gunung yang terletak di perbatasan Banyuwangi dan Bondowoso ini memiliki ketinggian sekitar 2.442 mdpl. Gunung Ijen masih termasuk dalam gunung yang aktif, terakhir kali gunung ini meletus pada tahun 1999. Namun sampai sekarang gunung ini masih aman untuk aktifitas pendakian.

Gunung Ijen merupakan salah satu wilayah penghasil belerang di Pulau Jawa yang terkenal dengan fenomena blue fire-nya. Fenomena blue fire atau api biru di kawah Gunung Ijen menyajikan pemandangan yang sangat epic sehingga sering dijadikan sebagai objek fotografi.

Butuh waktu sekitar 2,5 jam untuk sampai ke kawah Ijen.

Itulah lima rekomendasi destinasi muncak di Jawa Timur yang bisa Anda datangi. Rencanakan akhir pekan dengan aktifitas luar ruangan untuk melepaskan penat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.