Aljuni Hirossie Hanya seorang yang suka traveling dan membagikan ceritanya melalui tulisan. Semoga bermanfaat

5 Cara Menimbang Berat Badan Secara Tepat

1 min read

Cara Menimbang Berat Badan

Cara Menimbang Berat Badan – Salah satu kesalahan terbesar ketika mengukur berat badan adalah menggunakan timbangan setiap saat. Padahal, sesuai fakta bahwa ukuran berat badan sebenarnya bisa berubah-ubah sepanjang hari. Maka dari itu, kamu tidak bisa menimbangnya secara terus menerus.

Untuk menimbang berat badan dengan benar, pertama-tama pastikan bahwa timbangan yang Anda gunakan sudah diatur dengan benar dan dapat diandalkan. Jika Anda tidak yakin tentang keandalan timbangan, cobalah untuk menimbang berat badan Anda di beberapa tempat yang berbeda untuk memastikan bahwa hasilnya sama.

Cara Menimbang Berat Badan yang Benar

Cara Menimbang Berat Badan yang Benar
Cara Menimbang Berat Badan yang Benar

Dalam artikel kali ini, kita akan membahas sejumlah panduan yang tepat dalam menimbang berat badan. Penasaran apa saja yang harus dilakukan? Yuk simak!

1. Hindari Penggunaan Timbangan Badan Setiap Hari

Seperti yang sudah dijelaskan sbeelumnya, setiap saat berat badan akan berubah-ubah tergantung dengan pola hidup dan makan kita. Maka dari itu, mengurangi makanan atau terlalu banyak akan dalam satu hari saja tidak secara seketika terpantau pada timbangan.

Jadi, tidak ada gunanya untuk menimbang berat badan secara terus menerus setiap saat. Kebiasaan ini justru akan membuat seseorang terobsesi dengan angka yang tertera pada timbangan. Ada baiknya, lakukan penimbangan berat padan selama satu minggu sekali saja untuk memantau perubahan berat badan.

2. Timbanglah Berat Badan di Waktu yang Sama

Cara menimbang berat badan yang benar selanjutnya adalah usahakan untuk menimbang berat badan di waktu yang sama dan mengenakan berat pakaian yang sama. Hindari penggunaan sepatu dan juga pakaian yang memiliki bahan tebal dan juga berat karena bisa memengaruhi perhitungan berat badan.

Untuk waktu yang tepat ketika ingin menimbang berat badan adalah pada pagi hari, hal ini dikarenakan pagi hari berat tubuh relative belum terpengaruh oleh cairan atau makanan yang dikonsumsi.

3. Pilihlah Jenis Timbangan yang Tepat

Jenis timbangan juga dapat memengaruhi akurasi pengukuran berat badan loh. Di pasar sendiri saat ini ada dua jenis timbangan yang diperjual belikan, yang pertama adalah jenis analog, dan kedua adalah digital. Timbangan analog merupakan timbangan pegas yang mengandalkan mata manusia untuk membaca angkanya.

Sementara timbangan digital biasanya menampilkan hasil berupa angka yang ditampilkan pada layer timbangan. Dalam sebuah penelitian yang dilakukan, timbangan digital terbukti lebih akura dibandingkan analog dalam menghitung total berat badan.

4. Perhatikan Posisi TImbangan

Pastikan juga timbangan yang kamu gunakan ditempatkan pada permukaan yang sangat rata ketika ingin menggunakannya. Hal ini karena karpet tebal yang empuk atau lantai yang tidak rata berisiko menyebabkan ketidakakuratan pada angka yang dihasilkan.

5. Gunakan Cara Lain untuk Mengukuran Berat Badan

Untuk mengetahui apakah tubuhmu termasuk ke dalam tubuh yang normal, berlebih, atau obesitas, maka kamu bisa menimbangnya dengan perhitungan indeks massa tubuh atau IMT. Walaupun tidak bisa digunakan untuk mengetahui presentase otot atau lemak pada tubuh, namun angka yang dihasilkan bisa mendeteksi risiko kesehatan yang berkaitan dengan kelebihan berat badan.

Kesimpulan

Dan itu dia beberapa cara menimbang berat badan yang benar yang bisa kamu ketahui. Pada akhirnya, perubahan berat badan bukanlah tujuan utama dari sebuah olahraga atau pola makan. Namun untuk tetap sehat karena dengan menjalani pola hidup sehat, maka berat badan kita pun akan mencapai berat badan ideal.

Semoga artikel dari traveling.co.id dapat bermanfaat untuk kamu semua ^^

Aljuni Hirossie Hanya seorang yang suka traveling dan membagikan ceritanya melalui tulisan. Semoga bermanfaat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *