Taman Nasional Wakatobi Surga dunia yang Menakjubkan

Taman Nasional Wakatobi salah satu spot wisata yang patut dikunjungi bila berkunjung ke Sulawesi, wakatobi sendiri adalah kabupaten yang terletak di sulawesi tepat nya di sulawesi tenggara daerah ini mempunyai ibukota yaitu wangi-wangi, wakatobi sendiri merupakan kawasan taman nasional yang semua kekayaan alamnya dilindungi pemerintah, Banyak nya karang disini serta kekayaan alam hayati lain nya salah satu penyebab kawasan ini menjadi kawasan yang dilindungi pemerintah. wakatobi sendiri adalah daerah kepulauan yang berbatasan langsung dengan kabupaten buton. jika anda mendengar wakatobi pasti anda bakal langsung berpikir tentang pantai yang indah dan menawan bukan? iya betul sekali wakatobi memang mempunyai surga surga kecil yang pantas dikunjungi tapi selain pantai, Wakatobi mempunyai spot wisata lain nya seperti:

Baca juga : Kumpulan tempat wisata bahari di sulawesi tenggara

taman nasional wakatobi
  • Benteng Tindoi
  • Benteng liya dan masjid liya
  • benteng mandati tonga
  • benteng togo melengo
  • Mercusuar, Mercusuar ini di bangun pada tahun 1901 sudah lebih dari 100 tahun umur mercusuar ini tapi masih kokoh berdiri
  • Benteng ollo
  • benteng ladonda
  • benteng patua
  • benteng suo suo
  • masjid tua enemy
  • benteng palahidu
  • benteng wali

jika anda berpikir wisata di wakatobi hanya pantai dan terumbu karang mungkin kurang tepat. karena selain pantai, wakatobi merupakan kota tua yang ada sejak jaman penjajahan belanda. terbukti dengan banyaknya benteng yang ada di daerah ini membuktikan bagaimana wakatobi sendiri sudah melewati masa masa lalu yang kaya akan pengalaman dan sejarah.

Selain itu juga bisa digunakan untuk diving sebab terkenal dengan keindahan alam bawah lautnya. Bagi yang ingin berkunjung, ketahui dulu jalur yang bisa ditempuh, fasilitas apa yang ada di sana dan berapa harga tiketnya.

Cara akses ke Taman Nasional Wakatobi

Lokasi taman nasional wakatobi yang berada di Sulawesi Tenggara memiliki 2 cara akses yang bisa ditempuh. Pertama, berjalan dari Kendari ke kota Wanci yaitu ibukota Kabupaten Wakatobi dengan menggunakan kapal. Sedangkan cara akses yang kedua ini lumayan panjang. Sebab dari Kendari menuju ke Bau-Bau via Raha menggunakan kapal cepat regular yang menghabiskan waktu sekitar 5 jam. Selanjutnya menggunakan kapal kayu ke Wanci dengan waktu tempuh sekitar 8 jam.

Selain itu juga bisa dilakukan dari Bau-Bau ke Lasalimu sekitar 2 jam menggunakan kendaraan roda 4. Kemudian gunakan kapal cepat dari Lasalimu ke Wanci yang juga menghabiskan waktu 2 jam.

Tidak hanya  bisa menempuh jalur darat sebab sekarang juga tersedia jalur udara. Menggunakan Merpati Airlines dari Makassar menuju Bau-Bau. Untuk sampai ke Wanci juga digunakan kapal kayu.

Ketersediaan fasilitas

Salah satu fasilitas taman nasional wakatobi adanya penginapan yang tersedia dengan beberapa akomodasi. Di antaranya homestay, hotel, dan resort yang bisa dimanfaatkan pengunjung untuk beristirahat. Selain itu, pengunjung juga bisa melakukan diving ataupun snorkeling, bahkan wakatobi menjadi spot diving yang diminati oleh banyak divers yang ada didunia. Pengunjung juga bisa menikmati tarian yang ada di sana seperti tari Lariangi, Hebalia, tari Sajo, tari Balumpa hingga pesta adat Kari’a. Bagi yang ingin menikmati sunset juga bisa mengunjungi daerah ini khususnya di Pulau Hogadan.

Kekayaan alam bawah laut taman nasional wakatobi

Pengunjung juga akan dimanjakan oleh indahnya alam bawah laut dengan terumbu karang yang beraneka ragam. Dengan keindahan alamnya bukan saja disukai oleh turis lokal tetapi juga disukai oleh turis asing.  Untuk masuk ke taman nasional wakatobi, perlu melewati Wangi-wangi terlebih dulu sebagai pintu masuk ke taman nasional wakatobi.

Tersedia lebih dari 112 spesies terumbu karang dari 13 famili yang menggambarkan kekayaan bawah laut untik di taman nasional ini. Selain itu juga dihuni oleh lebih dari 93 jenis ikan dan ikan yang ada di sana tidak jarang ditemukan di kawasan perairan yang lain. Juga ada kumpulan ikan paus. Bukan saja tempat yang disukai banyak ikan saja, tetapi juga ada brung laut dan beberapa jenis penyu.

Harga tiket taman nasional wakatobi

Umumnya harga tiket masuk taman wisata antara weekdays dengan weekend memiliki perbedaan. Namun untuk mengetahui langsung berapa kisaran harga tiket masuk taman nasional wakatobi sebaiknya  tanyakan kepada pihak yang bertugas di sana. Tentunya kisaran harga tiket diatas Rp 100.000. Namun tidak ada salahnya untuk membawa uang lebih sebab unuk membeli makanan atau menikmati permainan yang ada di sana.

Berbagai peninggalan sejarah

Pengunjung bisa menikmati 9 mata air yang asalnya dari Goa. Salah satunya bernama mata air Kontamale yaitu mata air yang cukup terkenal.  Juga terdapat mercusuar punya Belanda yang memiliki ketinggian sekitar 30 meter. Selain itu juga bisa menikmati atmosfer benda sejarah lainnya seperti Benteng Liya, Benteng Mandati, Benteng Togo Moleng.

Dengan adanya berbagai hal yang bisa dinikmati saat berkunjung ke taman nasional wakatobi tentunya akan membuat liburan menjadi lebih berkesan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *