sulawesi Tempat wisata wisata pantai

Pantai Tamborasi, Pantai Terpendek di Dunia

Pantai Tamborasi merupakan keajaiban alam yang terbentuk di Sulawesi Tenggara. Mengapa demikian? berbanding terbalik dengan Sungai Nil di Afrika, pantai ini dikenal sebagai sungai terpendek di dunia.

Luas Sungai Tamborasi kurang lebih 20 meter dengan lebar tidak lebih dari 15 meter. Sungai ini memiliki mata air hijau jernih yang sekilas akan menipu mata kita sehingga menyebutnya sebagai danau.

Baca juga artikel tentang wisata disulawesi lain nya disini: daftar wisata bahari disulawesi tenggara

Keunikan Pantai Tamborasi

pantai tamborasi

Selain karena julukannya sebagai sungai terpendek, tempat wisata ini masih memiliki keunikan lainnya. Sumber air dari pantai ini memiliki suhu yang berbeda. Saat Anda berenang jauh mengikuti aliran air maka tubuh akan menjadi dingin mengikuti suhu airnya. Sedangkan bila kembali ke sekitar pantai, suhunya akan menjadi lebih hangat.

Menariknya lagi, sungai ini tampak seperti lautan yang memiliki terumbu karang. Jajaran terumbu karang ini akan terlihat ketika air sungai surut. Sewaktu berenang di sungai ini, pastikan untuk selalu berhati-hati dengan terumbu karangnya.

Fasilitas

Aktivitas menarik yang bisa dilakukan di sungai ini sangat beragam. Meskipun termasuk tempat wisata alam, pemerintah dan warga sekitar tampaknya telah berhasil menciptakan fasilitas Pantai Tamborasi yang cukup lengkap Berikut beberapa fasilitas yang ada:

  • Kuliner

Wisata pantai tanpa kuliner sudah lazim di Indonesia. Bahkan rasanya kurang lengkap bila tidak ada rumah makan atau setidaknya lapak penjual makanan kecil atau mie instan di sekitar pantai. Di Sungai Tamborasi, Anda bisa menemukan sejumlah tenda pedagang makanan yang menawarkan camilan atau makanan berat. Ada juga beberapa tenda yang hanya menyediakan minuman.

  • Gazebo

Sebagai tempat berteduh atau spot terbaik untuk menikmati pantai, Anda bisa pergi ke gazebo. Sungai ini telah dilengkapi gazebo yang akan menjadi tempat berteduh paling nyaman terutama dari terik sinar matahari. Selain digunakan untuk menikmati pemandangan, beberapa pengunjung biasanya memanfaatkan gazebo untuk menyantap bekal mereka. Atau menikmati camilan dan makanan lain yang telah dibeli di sejumlah lapak pedagang sekitar pantai.

  • Toilet

Saat keinginan untuk berenang dan berendam air hangat di Sungai Tamborasi tidak bisa dihindari. Anda tidak perlu khawatir akan pulang dengan pakaian yang basah kuyup atau harus ganti pakaian di dalam mobil. Karena di kawasan Sungai Tamborasi telah disediakan toilet. Toilet tersebut bisa dimanfaatkan untuk membilas tubuh atau mengganti pakaian.

Lokasi

Menjangkau lokasi Pantai Tamborasi bukan hal yang sulit. Anda hanya perlu memulai perjalanan dari Kabupaten Kolaka ke arah utara selama 1-2 jam lamanya.  Perjalanan darat tersebut bisa diisi dengan hal-hal yang positif seperti mengagumi pemandangan atau bahkan membaca buku. Namun, bila bertolak dari luar Sulawesi sangat dianjurkan untuk mengambil penerbangan dari kampung halaman ke Makassar. Lalu sambung perjalanan udara ke Bandara Sangia Nibandera Kolaka.

Harga tiket masuk

Harga tiket masuk Pantai Tamborasi gratis, pengunjung dipersilahkan untuk datang ke pantai ini kapan saja. Pantai ini merupakan salah satu kekayaan alam Sulawesi Tenggara yang sangat dilestarikan oleh masyarakat dan pemerintah. Mereka berusaha dengan baik untuk menjaga kebersihan dan kualitas dari air pantainya.

Liburan singkat di Sulawesi Tenggara harus diisi dengan mengunjungi tempat-tempat yang spesial. Salah satunya adalah wisata pantai, di Sulteng ada banyak wisata pantai menarik dan memesona yang menjadi tempat kunjungan rutin masyarakat lokal.

Salah satunya adalah Pantai Tamborasi ini. Segala keunikan dan aktivitas menarik yang bisa dilakukan di pantai tersebut telah dijelaskan di atas. Kini, hanya usaha Andalah untuk mengunjungi dan melihat pantai tersebut secara langsung

Write A Comment