sulawesi Tempat wisata wisata pantai

Batu Atas, Menikmati Terumbu Karang dan Biota Laut

Batu Atas merupakan tempat wisata indah tersembunyi yang ada di Sulawesi Tenggara. Sama seperti kawasan wisata bahari lainnya, pulau ini juga menawarkan pesona dari terumbu karang dan biota laut yang indah.

batu atas

Mereka yang pernak berlibur ke sini sepakat jika menyebut pulau ini sebagai surga tersembunyi atau tempat menenangkan diri. Selain terisolir dari teknologi internet, pulau ini hanya dihuni oleh 10 ribu orang. Hampir seluruh penduduknya mengenal antara satu dan lainnya. Selain batu atas sulawesi juga mempunyai bermacam macam wisata yang keren sekali selengkpanya bisa baca disini

Artikel terkait: daftar wisata pantai di sulawesi tenggara lengkap

Tentang Batu Atas

Secara morfologi, bukan tanah gembur yang akan ditemukan di pulau ini melainkan batuan hitam berongga. Menariknya, tanaman dan bunga masih bisa tumbuh dengan baik meskipun masalah air masih sering menghantui penduduk.

Sebagian besar penduduk pulau ini menyambung hidup dengan menjadi seorang nelayan. Para nelayan biasanya akan pergi ke laut selama 30 hari penuh. Sebelum meninggalkan sanak keluarganya, mereka akan membantu mengumpulkan ubi kayu yang difermentasikan sebagai persediaan makanan.

Pulau ini tidak begitu besar bahkan jalanan utamanya saja hanya terbentang kurang lebih sepanjang 8 Km. Hal Ini sering kali dimanfaatkan penduduk dan wisatawan yang datang untuk jogging atau sekedar jalan-jalan mengelilingi pulau.

Fasilitas dan daya tarik

Pariwisata di pulau ini masih dalam proses pertumbuhan, pemerintah masih mencoba meningkatkan akomodasi dan fasilitas Batu Atas. Mengingat wisatawan yang datang bukan hanya berasal dari Indonesia, tapi juga ada beberapa wisatawan mancanegara yang sengaja liburan ke pulau ini untuk hotel anda tidak usah bingung pengalaman pribadi admin waktu berkunjung kesini admin dapet hotel yang keren harganya juga miring coba chek di aplikasi hotel disini REDDOORZ. Berikut beberapa fasilitas dan daya tarik yang ada:

  • Transportasi

Pulau ini bisa dijangkau dengan transportasi laut, perjalanan dimulai dari Kota Baubau. Untuk menghindari cuaca dan ombak yang buruk biasanya perjalanan dilakukan di malam hari.

  • Wisata Karang

Karena dikenal sebagai pulau wisata bahari, pulau ini menyediakan fasilitas menyelam yang cukup lengkap. Mayoritas penyelam lokal dan pendatang merasa tertantang untuk melihat sendiri keindahan dari dinding vertikal terumbu karang yang tercipta secara alami. 

  • Mempelajari Seni Tari

Di pulau ini, ada dua jenis tarian yang sangat populer dan diajarkan secara turun temurun sebagai warisan budaya nenek moyang. Tarian tersebut dikenal sebagai Latenumbe dan Lareangi.

  • Pakaian Adat

Pada umumnya, orang mengenakan pakaian adat hanya di saat-saat tertentu. Namun di pulau ini, gadisnya akan mengenakan pakaian adat tradisional khas pulau dengan hiasan mahkota di rambutnya. Keunikannya lagi, hiasan mahkota tersebut dibuat dari bulu ayam.

Lokasi

Lokasi Batu Atas berbeda dari tempat wisata lainnya di Indonesia, wisatawan harus memanfaatkan kapal kayu sebagai transportasi utama. Perjalanan bisa dimulai dari Kota Baubau di Pasar Wameo. Selain menggunakan kapal kayu, ada speed boat yang bisa disewa. Perjalanan menggunakan speed boat jauh lebih cepat tapi harus dilakukan pagi-pagi sekali.

Harga tiket masuk

Karena tempat wisata ini merupakan sebuah pulau, maka tidak dipatok harga tiket masuk Batu Atas. Budget yang perlu dipersiapkan adalah transportasi laut selebihnya gratis.

Mengelilingi Indonesia bisa dimulai dari mana saja, termasuk dari Pulau Sulawesi. Saat mengunjungi Sulawesi Tenggara pastikan untuk singgah sebentar di pulau ini. Pulau yang menjadi tempat pelesiran banyak wisatawan asing yang tertarik untuk melihat pesona terumbu karang.

Pulau ini menyimpan banyak keelokan alam yang belum terjamah, masih sangat asri dan alami. Anda yang ingin merasakan pengalaman liburan baru dengan mengunjungi pulau yang menarik disarankan untuk pergi ke sini.

Dengan mengetahui tempat wisata Batu Atas, telah bertambah lagi satu ilmu pengetahuan kita. Dan akan lebih baik lagi jika Anda berhasil memperkenalkan dan melestarikan keindahan alam di Indonesia kepada banyak orang.

Write A Comment