jawa Tempat wisata

Wisata Tawangmangu yang Unik dan Instagramable

Bagikan artikel ini:

Saat ini berfoto atau mengabadikan momen bisa dibilang menjadi sebuah hal yang wajib dilakukan. Terlebih lagi banyak orang yang berlomba-lomba untuk mengambil foto dan mengunggahnya di sosial media seperti Instagram. Salah satu tempat yang cocok dan memiliki banyak sekali tempat yang Instagramable tersebut ada di wisata Tawangmangu.

Tawangmangu merupakan sebuah kecamatan yang terletak di daerah Karanganyar, Jawa Tengah. Daerah ini merupakan perbatasan antara Provinsi Jawa Tengah dengan Jawa Timur, sehingga lokasinya juga dekat dengan Kabupaten Magetan, Jawa Timur. Kecamatan Tawangmangu ini memiliki banyak sekali tempat wisata air terjun dan tempat wisata lainnya yang cocok untuk dikunjungi bersama keluarga saat liburan datang.

Tempat wisata Tawangmangu yang bagus dan menarik

Lawu Park 2

wisata tawangmangu

Objek wisata yang pertama adalah Lawu Park 2. Tempat wisata ini terletak di Bulakrejo Gondosoli Kidul, Kecamatan Tawangmangu. Wisata Tawangmangu Park ini cukup terbilang baru karena baru saja dibuka pada bulan Juni 2019. Namun telah menjadi objek wisata yang sering dikunjungi. Dinamakan Lawu Park karena tempat ini berada di kawasan hutan pinus yang berada di lereng Gunung Lawu, sehingga suasana yang diberikan akan terasa sejuk dan asri.

Untukmu yang suka pemandangan alam, tempat wisata yang satu ini cocok untuk dijadikan referensi. Selain itu juga tersedia berbagai jenis taman, yaitu taman tematik, taman kelinci dan taman domba. Ada juga tempat foto yang menjadi spot ikonik di tempat wisata ini bernama salju di tengah hutan atau Snow in the Jungle.

Harga tiket masuknya pun juga terjangkau, yakni hanya dengan Rp 20 ribu rupiah kamu bisa menikmati suasana alam secara langsung. Nantinya Lawu Park 2 ini juga akan menyediakan food court, penginapan dan tempat ibadah yang saat ini masih dalam tahap pembangunan. Tidak hanya itu, tempat ini juga menyediakan wisata Tawangmangu Resort untuk penginapan keluarga.

Rumah Atsiri

rumah atsiri

Untuk yang suka berfoto dengan dikelilingi banyak bunga, maka Rumah Atsiri bisa menjadi salah satu tujuan utamanya. Tempat wisata ini terletak di Desa Plumbon, Kecamatan Tawangmangu. Rumah Atsiri ini tidak sengaja dibuat menjadi tempat wisata karena dulu merupakan sebuah pabrik yang dibangun tahun 1967 karena kerja sama Bulgaria dengan Indonesia. Dinamakan rumah Atsiri karena pabrik tersebut adalah tempat pembuatan minyak atsiri yang berbahan serai dan campuran tanaman lainnya.

Konsep wisata dari tempat ini adalah tur wisata dengan edukasi. Edukasi yang diberikan adalah seputar tanaman atsiri seperti serai, rosmarin, kayu putih, marigold, mint, mawar, lavender, jinten, pala, cendana dan arum dalu. Tempat wisata ini dibuka setiap hari mulai jam 9 pagi hingga jam 5 sore dengan tiket masuk Rp 50 ribu per orangnya.

Bukit Sekipan

bukit sekipan wisata tawangmangu

Selanjutnya ada wisata Tawangmangu Bukit Sekipan yang berada di daerah Kalisoro, Tawangmangu. Lokasinya yang berada di atas bukit menjadikan tempat ini populer untuk berkemah. Namun, ternyata tidak hanya itu, wisata ini juga menawarkan berbagai macam wahana bermain mulai dari taman lampion, miniatur dunia, sepeda air, kampung Halloween, studio film 8D hingga waterboom.

Tiket masuknya adalah Rp 60 ribu tiap orang dan belum termasuk tiket untuk wahana yang ada di dalamnya. Bukit Sekipan juga menyediakan tempat penginapan untuk kamu yang ingin menginap dengan keluarga, harganya Rp 350 ribu per malam untuk small room dan Rp 550 ribu per malam untuk Titanic room.

Air terjun Grojokan Sewu

air trejun grojogan sewu

Selain wisata alam Lawu Park 2, juga ada wisata tawangmangu air terjun yang bernama air terjun Grojokan Sewu. Air terjun ini berada di kawasan Beji, Tawangmangu. Air terjun dengan ketinggian mencapai 80 meter ini menjadi salah satu objek wisata alam yang sangat populer. Lokasinya yang dikelilingi oleh hutan menjadikan tempat ini sangat sejuk dan asri. Selain itu juga terdapat monyet jinak yang asli menghuni daerah tersebut.

Untuk mencapai tempat ini ada dua jalur yang bisa di masuki yaitu jalur atas untuk kendaraan roda empat dan jalur bawah untuk sepeda motor. Selain air terjun, tempat wisata ini juga menawarkan kolam renang, waterpark dan beberapa tenda makanan. Harga tiket masuknya cukup murah yakni hanya Rp 15 ribu per orang untuk wisatawan domestik, sedangkan untuk wisatawan mancanegara seharga Rp 160 ribu per orang.

Air terjun Jumog

air terjun jumog

Jika kamu sudah pernah mengunjungi air terjun Grojokan Sewu, mungkin kamu juga bisa mengunjungi wisata air terjun yang satu ini. Tempat wisata ini terletak di daerah Desa Berjo. Dibanding dengan air terjun Grojokan Sewu, air terjun Jumog ini lebih alami karena masih benar-benar terjaga keasriannya.

Selain itu lokasinya juga lebih mudah dijangkau dari jalan utama. Pemandangannya yang indah dan masih terjaga, menjadikan tempat wisata ini memiliki air yang masih jernih dan bersih. Sehingga cocok untuk kamu yang lebih menyukai tempat-tempat alam yang masih asri dan terjaga. Harga tiket masuk yang ditawarkan sekitar Rp 5 ribu saja per orang dan Rp 15 ribu untuk wisatawan asing.

Taman Balekambang Tawangmangu

taman balekambang tawangmangu

Tempat wisata tawangmangu selanjutnya adalah Taman Balekambang Tawangmangu yang terletak di daerah Kalisoro. Tempat wisata ini menjadi sangat ikonik karena merupakan tempat wisata yang pertama kali ada di daerah Tawangmangu.

Tempat ini merupakan taman hiburan yang sangat cocok untuk kamu yang ingin berlibur bersama keluarga karena memiliki banyak sekali sarana bermain untuk anak-anak dan orang dewasa.

Contohnya adalah ayunan, wahana roller coaster, kolam renang, high rope, ATV, hingga flying fox. Tempat utama di taman ini adalah wahana replika mini jembatan Brooklyn di New York. Taman Balekambang Tawangmangu buka setiap hari mulai jam 8 pagi hingga jam 5 sore dengan tiket masuk mulai dari Rp 20 ribu sampai Rp 50 ribu per orang.

Kebun Teh Kemuning

kebun teh kemuning

Wisata Tawangmangu alam selain air terjun adalah kebun teh. Karena lokasi Kecamatan Tawangmangu yang berada di dataran tinggi menyebabkan daerah ini cocok untuk ditumbuhi tanaman teh. Tempat wisata ini menjadi sangat diminati warga karena harga tiket masuknya yang tidak dipungut biaya atau gratis. Namun, jika kamu ingin melakukan kegiatan outbond, maka akan dikenakan tarif tersendiri.

Lokasinya berada di daerah Ngargoyoso yang ada di bawah lereng Gunung Lawu, menjadikan tempat ini cukup asri dan dingin. Tempat wisata ini sangat cocok untuk kamu yang mencari suasana alam dan hunting foto dengan panorama hijau dari hamparan teh. Kebun teh Kemuning ini dibuka mulai jam 6 pagi hingga jam 6 sore.

Agrowisata Sondokoro

agrowisata sandokoro

Daerah wisata Tawangmangu pada dulunya merupakan bagian dari pabrik gula pada zaman kolonial. Meskipun sudah menjadi sisa-sisa dari sejarah masa kolonial, namun pabrik gula ini merupakan pabrik gula terbesar dan masih berfungsi sampai saat ini di daerah Karanganyar.

\Objek wisata ini dibuka tahun 2006, meskipun proses pembangunannya yang sudah dimulai dari tahun 2005. Dikarenakan objek wisata ini berada di lokasi pabrik gula, maka konsep dari wisatanya adalah edukasi mengenai cara pembuatan gula langsung dari pabriknya. Tempat wisata ini juga memiliki berbagai wahana tempat bermain yang bisa dinikmati mulai dari anak-anak hingga orang dewasa.

Meskipun berada di area pabrik, kamu tidak perlu merasa kepanasan karena tempat ini dikelilingi pohon rindang yang menjadikan lokasinya cukup sejuk dan nyaman. Tempat ini berlokasi di sekitar Jalan Mangkunegara. Harga tiket wisata Tawangmangu ini sangat ramah dikantong yaitu hanya Rp 5 ribu saja per orangnya dengan jam operasional mulai dari jam 8 pagi hingga jam 5 sore.

Telaga Sarangan

telaga sarangan tawangmangu

Selanjutnya ada wisata Tawangmangu Sarangan, yakni tempat wisata berupa telaga yang tempatnya terletak di ketinggian 1200 Mdpl. Wilayahnya memiliki luas sekitar 30 hektare dengan air yang mencapai kedalaman sekitar 28 meter.

Daya tarik dari tempat ini adalah kamu bisa menyewa perahu dengan harga Rp 50 ribu. Dengan menyewa perahu, kamu bisa diajak mengelilingi telaga sebanyak 2 kali. Selain naik perahu, kamu juga bisa merasakan sensasi menaiki kuda untuk mengelilingi telaga.

Tidak sampai di situ saja, tempat wisata sarangan ini juga menyediakan banyak sekali toko-toko yang menjual berbagai macam makanan dan suvenir seperti kaos. Jika kamu tidak puas hanya dengan telaga sarangan saja, kamu bisa mencoba pergi ke wisata air terjun Tirtosari yang lokasinya dekat dengan wisata ini.

Harga tiket masuknya juga sangat terjangkau yaitu hanya Rp 7.500 per orang. Tempatnya berlokasi di daerah Kecamatan Plaosan, Kabupaten Magetan dengan jam buka mulai dari jam 8 pagi hingga jam 6 sore.

Astana Giribangun

astana giri bangun wisata tawangmangu

Selain berwisata ke tempat-tempat yang menyenangkan dan memiliki banyak sekali pemandangan indah tidak ada salahnya jika kamu juga mengunjungi tempat yang bersejarah. Jadi, selain berwisata kamu dan keluarga juga bisa belajar mengenai sejarah dengan cara yang lebih menyenangkan. Salah satunya adalah dengan mengunjungi Astana Giribangun.

Astara Giribangun merupakan tempat bersejarah tempat Presiden Indonesia ke-2 yaitu Soeharto dimakamkan. Tempat ini berada di daerah Dengkeng, Kabupaten Karanganyar. Tempat ini terletak di atas bukit yang menjadikan tempat ini memiliki udara yang sejuk karena juga dikelilingi oleh perkebunan pohon. Makam ini dibangun dengan bangunan bergaya adat Jawa dan terdapat 5 makan di bangunan utamanya.

Meskipun tempat ini bukan kawasan wisata tetapi tempat ini masih cocok untuk kamu yang ingin hunting foto dengan suasana adat Jawa. Dikarenakan bukan tempat wisata sehingga kamu bisa masuk tanpa harus mengeluarkan biaya atau gratis.

Agrowisata Amanah

agrowisata amanah

Selain agrowisata Sondokoro, juga ada agrowisata Amanah. Tempat wisata ini sudah mulai berdiri sejak tahun 2004. Tempatnya yang strategis berada di kaki Gunung Lawu menyebabkan tempat ini sangat cocok untuk wisata keluarga yang ingin mencari udara sejuk dan juga menyenangkan. Dikarenakan lokasinya yang berada di kaki Gunung Lawu, maka udaranya juga cukup sejuk bahkan dingin. Wisata ini memberikan keindahan pemandangan gunung, perkebunan dan hutan yang menyejukkan.

Berbeda dengan agrowisata Sandoro yang menyediakan berbagai macam wahana bermain yang modern, lain halnya dengan tempat wisata yang satu ini. Karena letaknya yang berada di kaki gunung maka wahana yang disediakan juga memanfaatkan alam sekitar.

Misalnya, sawah, kolam ikan, peternakan hingga kebun sayur. Sehingga selain bermain juga bisa sambil belajar dan lebih mengenal alam. Untuk peternakannya sendiri pengunjung akan diajari bagaimana beternak kambing, kelinci, bebek, sapi, ayam, sampai kuda. Selain itu juga bisa berkeliling kebun dengan menaiki kuda.

Jika kamu ingin permainan yang lebih menantang adrenalin, bisa mencoba wall climbing, flying fox, ATV, jambatan ogal-agil dan sebagainya. Tempat ini berlokasi di sekitar daerah Karangpandan, Karanganyar dan dibuka mulai dari jam 7 pagi sampai jam 5 sore. Untuk harga tiket masuknya gratis, namun nanti kamu harus membayar sendiri jika ingin bermain dengan wahana.

Telaga Madirda

telaga madirda

Selain telaga Sarangan, di Tawangmangu juga terdapat telaga Madirda. Telaga ini berasal langsung dari air sumber sehingga air yang terdapat pada telaga ini juga sangat jernih. Saking jernihnya sampai dasar dari telaga ini cukup terlihat jelas.

Telaga ini sudah ada sejak jaman dahulu sebagai tempat untuk pentirtaan. Hal ini diperkuat dengan adanya beberapa candi yang ditemukan di lereng Gunung Lawu, seperti candi Cetho dan candi Sukuh. Telaga ini terletak di daerah Desa Barjo, Kecamatan Ngargoyoso, Karanganyar. Dibuka mulai jam 8 pagi hingga jam 6 sore dengan harga tiketnya yang gratis.

Museum Purbakala Dayu

Selain ke tempat wisata yang khas dengan alam dan wahananya, kamu juga bisa berwisata ke tempat-tempat yang mengedukasi. Salah satunya adalah dengan ke museum Purbakala Dayu. Sesuai dengan namanya, museum ini menampilkan koleksi-koleksi replika dari makhluk purba, khususnya makhluk purba Jawa. Sehingga museum ini sangat cocok untuk anak-anak belajar mengenai sejarah manusia purba.

Wisata tawangmangu edukasi ini berada di Kecamatan Gondangrejo dengan jam buka mulai jam 8 pagi sampai jam 4 sore setiap hari Selasa sampai Minggu saja. Harga tiket masuknya juga sangat murah yaitu Rp 5 ribu saja per orang.

Candi Cetho

candi ceto

Selanjutnya ada candi Cetho yang terletak di daerah kecamatan Jenawi. Candi ini merupakan candi Hindu di Jawa kuno dengan bangunan yang memiliki 7 tingkat. 7 tingkat tersebut melambangkan kehidupan manusia dimana semakin tinggi posisinya, maka akan semakin sulit pula jalan kehidupannya. 

Namun kamu tidak bisa masuk ke lantai ketujuh karena tempat tersebut hanya akan dibuka saat ada upacara keagamaan. Harga tiket masuknya hanya Rp 7.500 per orang dan dibuka setiap hari pada jam 7 pagi hingga jam 5 sore hari.

Wisata petik strawberry

wisata petik strawbery

Lokasi Tawangmangu yang terletak di dataran tinggi menyebabkan daerah ini subur dan cocok ditumbuhi berbagai macam jenis sayuran dan buah-buahan. Salah satu tempat yang memanfaatkan hal tersebut adalah wisata petik strawberry. Lokasinya berada di sekitar daerah Gondosuli.

Pada bulan Juni hingga Agustus adalah saat yang tepat untuk panen strawberry, oleh karena itu pada bulan tersebut kamu bisa memetik strawberry sendiri dengan membayar Rp 50 ribu untuk strawberry per kilonya. Selain itu wisata tawangmangu hotel juga bisa dijumpai di sekitar daerah ini.

Musim liburan bisa kamu manfaat kan untuk menikmati waktu bersama dengan keluarga. Salah satunya adalah wisata Tawangmangu yang memiliki banyak sekali pilihan tempat wisata yang menarik.

Bagikan artikel ini:

Write A Comment