jawa Tempat wisata

Rekomendasi Wisata Magelang yang Unik dan Instagenic

wisata magelang memang terkenal dengan keunikannya. Mulai dari candi-candi dan bangunan bersejarah lainnya. Tidak ingin tertinggal dengan Jogjakarta, Magelang jawa tengah mulai berbenah dari segi fasilitas dan sarana prasarana dalam bidang pariwisatanya. Hal inilah yang membuat Magelang semakin dilirik baik oleh wisatawan asing maupun lokal.

Jerih payah masyarakat dan pemerintah Kota Magelang yang membuat daya tarik pariwisatanya, bukan hanya candi dan bangunan bersejarahnya. Namun pariwisata lain seperti pegunungan, dan telaga yang masih jernih mulai dikunjungi oleh wisatawan. Di Magelang sendiri ada 16 destinasi wisata yang harus dikunjungi untuk merasakan sensasi budaya yang masih kental serta situs bersejarah yang masih terjaga keberadaannya.

Daftar rekomendasi wisata Magelang pilihan

Bukit Grenden

wisata di kota magelang

Destinasi ini beralamat di Desa Pogalan, Pakis, Kota Magelang. Dengan ongkos tiket seharga Rp 7.500 sampai dengan Rp 12.500 ketika libur dan hari Minggu, pemandangan yang hijau pedesaan bisa dinikmati sepuas hati. Bagi kamu yang menyukai destinasi pendakian, bukit ini sangat cocok sebagai tempat wisata pilihan.

Apalagi letaknya yang dekat dengan puncak Merbabu yang indah sehingga bisa menikmati pemandangan yang memukau. Di sinilah tempat yang tepat untuk menikmati indahnya sunset dan juga sunrise tanpa perlu jauh-jauh ke Pulau Bali. Rimbunnya hutan pinus dan kabut akan menjadi teman yang tepat untuk menenangkan pikiran yang sedang lelah-lelahnya.

Kamu penyuka foto selfie atau lebih suka difotoin? Tidak masalah karena tempat ini sangat cocok untuk ajang pamer di saosial media. Bukit ini juga dilengkapi dengan beberapa destinasi lainnya seperti rumah kecil lucu kurcaci, sebuah gardu-gardu yang ada di sepanjang jalan hingga tempat peristirahatan ketika payah yang berbentuk petak-petak layaknya gazebo.

Candi Borobudur

tempat wisata di jawa tengah

Destinasi wajib yang harus dikunjungi selanjutnya adalah Candi Borobudur. Borobudur merupakan salah satu bangunan candi bersejarah yang ada di Kota Magelang. Candi Borobudur termasuk dalam daftar wisata Magelang Muntilan yang memiliki wisatawan yang tidak pernah surut setiap harinya, apalagi saat liburan tiba.

Sudah ada sejak abad-18 pada era Dinasti Syailendra, Candi Borobudur juga menjadi salah satu bangunan keajaiban di dunia. Jika menengok ke dalam bangunan ini, wisatawan akan bertemu dengan banyaknya arca yang berjumlah 504 buah dan stupa yang berjumlah 72. Ada sebuah kepercayaan jika seseorang mampu menggapai salah satu arca tersebut maka apa pun keinginannya akan segera terwujud. Mitos ini dimanfaatkan oleh masyarakat untuk mengetahui nasib mereka.

Candi ini merupakan tempat edukasi yang bagus bagi anak-anak sekaligus berwisata, maka tak heran jika Candi Borobudur tidak pernah sepi dijadikan sebagai wisata edukasi oleh setiap sekolah. Biaya masuknya juga murah yaitu Rp 25.000 per anak dan Rp 50.000 per orang dewasa. Jadi pengunjung termasuk siswa bisa mengikuti acara tanpa terbebani dengan biaya yang berat.

Air Terjun Kedung Kayang

tempat wisata di magelang terbaru

Wisata ini berada di wilayah Boyolali dengan tinggi air sepanjang 40 meter. Alamat lengkapnya ada di Jalan Ketep Pass Wonolelo, Nagrong, Magelang. Tempatnya tepat berada disisi lereng Gunung Merbabu dan juga Gunung Merapi, sehingga bisa sekaligus melihat keindahan dari kedua gunung tersebut. Spotnya memang sudah di-setting aman untuk pengunjung berbagai macam usia.

Ada dua biaya yang harus dibayar, sebesar Rp 4.000 untuk tiket masuk saja, namun jika ingin berfoto di puncak gardu harus menambah biaya lagi sebanyak Rp 10.000 per orangnya. Jangan khawatir, wisata yang berkaitan dengan air pasti akan disediakan fasilitas lainnya, seperti mushola, kamar mandi dan ruang berganti pakaian bahkan parkir yang aman serta penjual makanan dengan harga yang terjangkau.

Ketep Pass

wisata magelang

Sebagian orang yang tidak terbiasa naik gunung pasti akan kesulitan jika harus memaksakan diri, ditambah jika kondisi tubuh memang tidak memungkinkan untuk mendaki. Namun ada solusi menarik jika tetap ingin menikmati indahnya puncak gunung, yaitu dengan mengunjungi wisata Ketep Pass.

Tempatnya berada pada ketinggian 1200 meter jika dihitung pada permukaan air laut. Sehingga. Di sini juga menyediakan bioskop mini yang memutar sebuah film dokumenter tentang meletusnya Gunung Merapi dan Merbabu yang selalu diputar rutin setiap tahunnya untuk mengenang musibah yang pernah terjadi tersebut.

Ketep Pass masuk pada kategori salah satu wisata Magelang alam yang wajib dikunjungi oleh siapa pun yang menyukai pemandangan alam yang masih terjaga dan hirupan udara yang masih segar-segarnya. Apalagi jika menyukai indahnya pegunungan dan wisata daerah pegunungan.

Bukit Gunung Gono

Terletak di wilayah Banyubiru, Dukun, Magelang. Bukit Gunung Gono merupakan salah satu wisata Magelang yang lagi hits. Bukit ini merupakan bukit bersejarah yang berkembang baik dalam dunia pariwisata Kota Magelang. Suguhan pemandangan dari Gunung Merbabu dan Merapi serta hamparan sawah yang luas akan memanjakan setiap wisatawan yang sedang berkunjung.

Beberapa peninggalan bersejarah juga masih utuh tersimpan rapi di sana. Beberapa diantaranya adalah arca Hindu Ganesha dan Yoni serta makam Kyai sebagai peninggalan penyebaran Islam di Kota Magelang. Tempat ini, bisa kamu jadikan sebagai destinasi untuk berburu foto sunrise maupun sunset dengan landscape alam yang indah.

Gardu Pandang Silancur

tempat wisata di magelang

Objek wisata yang sudah lama beroperasi sejak tahun 2017 ini terletak dekat dengan lereng Gunung Sumbing yang penuh dengan panorama di dalamnya. Alamat lengkapnya berada di Dadapan, Mangli, Kaliangkrik, Magelang. Tempat wisata ini merupakan tempat wisata Magelang yang sedang ramai diperbincangkan.

Cuaca yang cerah akan membuat panorama awan tipis sekitar Gunung Sumbing akan menjadi lebih indah dan Instagrammable untuk berfoto. Panorama yang hijau didukung dengan udara yang sejuk membuat orang-orang yang tengah penat dalam bekerja menjadi bersemangat kembali.

Punthuk Sukmojoyo

wisata di magelang jawa tengah

Wisata yang satu ini tergolong wisata yang baru saja dirilis untuk dibuka secara umum. Tingginya berada pada ukuran 1.000 meter di atas permukaan air laut. Tentunya wisata Magelang Jawa Tengah yang satu ini juga tidak boleh ketinggalan untuk dikunjungi. Disajikan pemandangan hamparan pohon yang hijau dan rindang serta penampakan sunset dan sunrise jika cuaca sedang bagus-bagusnya.

Kabut tipis dan rumah pohon yang unik merupakan daya tarik tersendiri dari wilayah ini. Udaranya yang masih bersih membuat siapa pun tidak akan melewati destinasi ini. Lokasi lengkapnya berada di daerah Desa Giritengah, Borobudur, Magelang.

Hutan Pinusan Kragilan

hutan pinusan kragilan

Tempat berikutnya adalah Hutan Pinusan Kragilan. Tempat ini merupakan salah satu wisata yang masuk pada daftar harga tiket wisata Magelang yang terjangkau untuk ukuran foto-foto sesuka hati. Dengan tiket mulai dari Rp 12.000 per orangnya sudah bisa menjelajahi semua yang ada pada tempat wisata ini. Alamat lengkapnya berada di Desa Pogalan, Pakis, Magelang.

Wisata yang sudah berdiri sejak tahun 2015 ini sudah melakukan banyak renovasi untuk peningkatan kualitas wisatanya. Beberapa spot foto yang tidak boleh ditinggalkan ada banyak seperti rumah pohon, sepeda langit, gardu pandang, ayunan langit, meja nongkrong, sarang burung dan yang lainnya. Itulah mengapa wisata ini dijuluki dengan nama ‘Top Selfie Pinusan Kragilan’ dimana memang sudah menjadi tempat berfoto oleh orang-orang kemudian membagikannya melalui media sosial masing-masing.

Punthuk Setumbu

wisata di magelang

Selain sebagai tempat wisata biasa, Punthuk Setumbu juga terkenal dengan wisata magelang kuliner yang lezat. Alamat lengkapnya berada di Jalan Borobudur Ngadiharjo KM3, Kurahan, Karangrejo, Borobudur, Magelang. Yang menjadi keunikan dari wisata ini adalah bisa melihat terbitnya matahari pagi melalui Punthuk Setumbu.

Awalnya bukit ini hanya berupa persawahan warga yang kemudian berkembang pesat menjadi pariwisata yang mengagumkan. Jika ingin melihat sunrise maka harus hadir di sini sebelum pukul 05.00 pagi hari. Orang-orang biasanya memilih menunggunya dari malam sembari mengobrol bersama sahabat. Selain itu fasilitas yang ada di dalamnya yaitu kursi-kursi berbentuk gazebo dan rumah seperti panggung yang bisa kamu sewa sebagai tempat bernaung sembari menunggu terbitnya matahari.

Gardu Pandang Cepogo

gardu pandang cepogo

Identik dengan tulisan ‘I Love U’ yang biasa dijadikan tempat berfoto para muda dan mudi yang sedang memadu kasih, nyatanya memang tempat ini memberikan kesan yang romantis di dalamnya. Letak wisata ini berada di Desa Girimulyo Kecamatan Windusari, Magelang. Keindahannya tidak kalah dengan objek wisata Magelang pada umumnya.

Ada yang harus dipahami sebelum memasuki spot foto ini, yaitu wisatawan diharuskan membayar uang sejumlah Rp 5.000 untuk berfoto di sini. Tempat ini tidak pernah sepi dengan pengunjung yang datang untuk berlibur atau ingin berfoto bersama keluarga dan pujaan hati. Nyatanya sudah banyak sekali orang yang mengupload foto mereka di wisata yang sedang hits ini.

Omah Pring Magelang

omah pring magelang

Wisata Omah Piring ini tidak kalah menariknya dengan wisata Magelang terbaru 2020 yang sedang kekinian lainnya. Letaknya berada di Jalan Borobudur-Sendangsono Km 3, Desa Wisata Candirejo, Borobudur, Magelang. Merupakan wisata keluarga dan destinasi berkencan yang unik.

Awalnya Omah Pring adalah rumah biasa yang terbuat dari pring atau bambu yang biasa digunakan untuk tempat beristirahat dan membatik. Namun karena keindahannya, membuat daya tarik tersendiri bagi wisatawan sehingga berkembang menjadi sebuah tempat wisata.

Di tempat ini wisatawan akan diajarkan bagaimana cara membatik dan melakukan kegiatan seru seperti rive tube atau rafting di Kali Progo. Harga tiket masuk tempat wisata ini juga amat terjangkau hanya Rp 10.000 per orang saja.

Punthuk Kendil Magelang

pethuk kendil magelang

Punthuk yang satu ini berlokasi di Desa Giritengah, Borobudur, Magelang. Lokasi yang strategis dan bisa dijangkau dengan mudah sehingga membuatnya mudah dikenal oleh masyarakat yang ingin menikmati keindahannya.

Daya tarik utama dari wisata Punthuk ini jelas adalah pemandangan alamnya yang memukau seperti perbukitan dan pegunungan ditambah spot-spot foto Instagenic sekitarnya. Selain itu pengunjung juga dapat bersantai sejenak di gazebo sambil menikmati hidangan yang disajikan di beberapa warung terdekat di sana.

Wisata ini masih tergolong baru karena baru berdiri pada tahun 2017 lalu yang sebenarnya milik seorang warga pribadi. Karena keindahannya yang memesona sehingga diusulkan untuk dijadikan tempat wisata umum untuk melihat terbit dan tenggelamnya matahari. Untuk memenuhi kebutuhan sebagai tempat pariwisata, tempat ini dilengkapi dengan kursi-kursi dan pohon sebagai tempat berteduh dalam menanti terbit dan tenggelamnya matahari.

Punthuk Mangir Magelang

punthuk mangir magelang

Wisata ini terletak di wilayah Bulusari, Desa Bawang, Kecamatan Tempuran kabupaten Magelang. Diadopsi dari wisata hits, Punthuk Mangir memiliki spot foto yang sangat menakjubkan seperti payung merah, gardu pandang dan, keindahan hutan pinus yang menakjubkan.

Suasanya masih sangat alami ditambah dengan suara kicauan burung dan udara yang masih segar di dalamnya. Destinasi wisata ini termasuk masih baru dan masih belum terlalu terjamah oleh wisatawan. Jalan-jalanlah sebelum jam 12 siang untuk merasakan udara yang segar dan belum terpapar sinar matahari yang menyengat. Untuk harga masuknya hanya membayar tiket dengan harga Rp 10.000 saja dan bisa menikmati keindahan yang ada di dalam destinasi tersebut.

Candi Selogriyo

wisata  jawa tengah terbaru

Kalau kamu sudah terlalu sering berkunjung ke wisata Magelang candi Borobudur, maka kamu dapat giliran berkunjung ke candi unik Selogriyo satu ini. Meskipun untuk mencapai tempat ini memang penuh perjuangan, namun ketika sudah mencapai tempatnya segala kelelahan akan terbayarkan. Satu-satunya jalan untuk menuju ke lokasi candi adalah dengan melakukan trek hiking sejauh 2 Km. Di sepanjang perjalanan pun kamu juga akan disuguhi dengan keindahan alam pegunungan dan hijaunya sawah.

Candi Selogriyo diperkirakan dibangun pada abad ke-8 dengan bangunan berisi 5 relung arca dewa-dewa yaitu Ganesha, Durga, Nandiswara, Mahisasuramardini serta Agastya. Ngomong-ngomong selain bangunannya yang berkesan unik, di dekat candi ini juga terdapat sebuah mata air. Konon mata air ini dipercaya memiliki khasiat dapat membuat orang awet muda.

Harga tiket masuknya sangatlah murah, hanya Rp 3.000 per orang. Untuk sampai ke tempat ini, kamu hanya perlu berkunjung ke lokasinya yang ada di Dusun Selogriyo, Desa Candisari, Kecamatan Windusari, Magelang.

Balkondes Wringin Putih

wisata di jawa tengah

Wisata ini juga tidak salah bagusnya dengan wisata lainnya. Terletak di Dusun Bojong, Wringinputih, Borobudur, Magelang dekat dengan kompleks beradanya Candi Borobudur. Wisata ini menghadirkan lingkungan khas pedesaan dan perbukitan yang murni dan belum terjamah oleh tangan nakal manusia.

Wringin Putih berisi sebuah tempat perkembangbiakan bambu liar yang cantik berjajar rapi. Tentunya sangat indah jika berfoto dengan beberapa bangunan yang ada di sini. Terdapat banyak sekali rumah yang terbuat dari bambu yang unik dan sangat hits untuk dijadikan momen berarti kamu.

Balkondes Ngadiharjo

wisata di  jawa tengah

Wisata yang satu ini terletak di Ngadiharjo, Borobudur, Magelang. Wisata ini berfokus pada keindahan Gunung Manoreh dan panorama alam yang ada di sekitarnya. Udara yang masih belum tercemar efektif dimanfaatkan oleh masyarakat perkotaan yang lelah dengan aktivitas padat mereka untuk merelakskan diri.

Selain panorama yang megah, bangunan arsitektur yang ada di sekitarnya juga mengedepankan keindahan dan kemewahan yang sayang untuk dilewatkan. Banyak orang yang mengabadikan momen mereka mengunjungi wisata ini dengan berfoto dan menyebarkannya melalui media sosial. Yang perlu diperhatikan adalah pastikan kendaraan kamu siap melalui medan yang berliku-liku sulit ini. Banyak lumpur dan air yang mungkin bisa menghambat perjalanan menuju ke tempat destinasi.

Itulah beberapa rekomendasi dari destinasi wisata magelang yang sayang untuk dilewatkan begitu saja. Tentunya setiap destinasi disesuaikan dengan hobi dan kesukaan masing-masing. Jangan lupa untuk bersenang-senang dan mengabadikan fotonya.

Write A Comment