Air terjun jumog Lokasi,Htm & Fasilitas 2021

Yuk Bantu kami menilai tempat ini!!

air terjun jumog tawangmangu salah satu air terjun yang patut anda kunjungi ketika berada di tawangmangu, air terjun ini tidak kalah dengan air terjun lain nya yang berada di daerah lereng gunung lawu. selain air terjun grojogan sewu ternyata di tawangmangu juga ada air terjun yang tak kalah cantik dan mempesona yaitu air terjun jumog. Untuk anda yang belum tau profil air terjun jumog berikut profil singkatnya, air terjun jumog adalah salah satu air terjun yang masuk dalam situs program pariwisata indonesia. air terjun jumog sendiri masih terletak di kawasan wisata karanganyar tepatnya di kecamatan margoyoso, Air trejun jumog sendiri resmi dibuka pada tahun 2004 oleh bupati karanganyar pada saat itu.

hamparan pepohonan hijau udara yang segar serta mata air yang bening akan menyambut anda ketika anda melangkahkan kaki di air terjun jumog, air terjun jumog sendiri terbilang tempat wisata yang jadi andalan pemerintah karanganyar.

perjalanan menuju ke air terjun jumog sendiri juga terbilang mudah dan gampang, medan yang dilalui cukup menyenangkan karena anda akan melewati rindangnya pepohonan yang berjejer disepanjang jalan. jarak air terjun jumog dari kota solo sendiri sekitar 41 km, berikut lokasi lengkap air terjun jumog Baca selengkapnya tentang daftar wisata yang ada di tawangmangu disini 15 tempat wisata paling populer di tawangmangu 2021

air terjun jumog
photo from guide kharisma anugrah

Lokasi air terjun jumog karanganyar

Lokasi air terjun jumog sendiri masih di sekitar kecamatan ngargoyoso,jika anda ingat kecamatan ini, Anda pasti akan ingat beberapa tempat wisata yang ada di kecamatan ini salah satu nya kebun teh kemuning dan masih banyak lagi. air terjun jumog sendiri berada di jalan plesungan,gandu,berjo,ngargoyoso,karanganyar, Jawa tengah berikut tabel lokasinya

Lokasi Jl. Berjo, Gandu, Berjo, Kec. Ngargoyoso, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah 57793
Jam Buka08.00-17.00 (Senin-Jumat )
07.00 -17.00 ( Hari libur Nasional/Wekeend)
Kontak081215823537

dan berikut google map lokasi untuk memudahkan para traveler

akses menuju ke air terjun jumog sendiri terbilang mudah karena sudah banyak plang penunjuk arah sejak anda memasuki kawasan wisata, seperti kebun teh kemuning,candi cetho dan sebagainya. jika anda dari kota solo jarak yang ditempuh sekitar 37,4 km atau apabila ditempuh dengan kecepatan normal berkendara sekitar 59 menit. Untuk rutenya sangat mudah dengan mengarahkan ke tawangmangu lalu kebun teh kemuning anda sudah melihat beberapa penunjuk arah yang mengarah ke air terjun jumog, candi cetho dan sebagainya. untuk anda yang ingin kesini tanpa kendaran pribadi pastinya bakal merogoh kocek lebih dalam karena transportasi menuju air terjun sendiri hanya ada ojek ketika anda sampai di terminal kemuning, untuk biaya ojek sendiri biasanya sampai Rp 50.000 ribu dengan sistem pulang pergi. untuk anda yang menggunakan kendaran pribadi cenderung mudah karena jalan yang dilalui sudah cukup bagus dan aman.

Setelah anda sampai dilokasi atau tepatnya sudah sampai di parkiran anda harus berjalan lagi sekitar 400 meter dengan melewati 116 anak tangga naik turun selain itu anda akan dihadapkan dengan spot-spot foto yang indah dari lereng gunung lawu sampai anak tangga yang indah seperti di negeri dongeng. perjalanan dari tempat parkir begitu aman dan menyenangkan sampai kadang tidak terasa bahwa sudah jalan sepanjang 400 meter

setelah anda sampai dilokasi semua lelah anda akan terbayar ketika nanti memasuki kawasan wisata air terjun jumog.

Harga tiket air terjun jumog

untuk setiap wisatawan yang ingin ke air terjun dibebankan biaya tiket masuk seperti tempat wisata lainnya, untuk tiket masuk sendiri sangat terjangkau apalagi dengan tempat wisata se indah air terjun jumog tawangmangu. berikut harga tiket masuknya

kategori wisatawanHarga tiketParkir MotorParkir Mobil
LokalRp.10.000Rp.2.000Rp.5.000
MancanegaraRp.25.000

Bagaimana terjangkau bukan,

Fasilitas umum di air terjun jumog

Di air terjun jumog tawangmangu sendiri menawarkan beberapa fasilitas dan aktivitas yang bakal membuat anda bahagia dengan keluarga atau orang terkasih anda, ternyata selain air terjun di tempat wisata ini juga menawarkan beberapa wahana lain nya. berikut ulasan nya

Kolam renang anak – anak

Kurang afdol rasanya apabila ke air terjun kita tidak berenang atau bermain air, sayangnya kadang kita sebagai orang tua merasa khawatir apabila anak anak kita terutama yang berusia balita berenang atau mandi di sekitar air trejun, walaupun kedalamnya tidak dalam akan tetapi untuk balita sebaiknya lebih berhati hati itulah yang memprakarsai terbuatnya kolam renang untuk anak anak di sekitar air terjun. kolam renang yang ada disini hanya mempunyai kedalaman 50 cm. sangat aman untuk balita

Gazebo dan tempat lesehan

Untuk anda yang capek bermain air, tenang… tidak usah khawatir disini disediakan tempat untuk istirahat berupa gazebo gazebo atau tempat lesehan, jadi anda bisa menikmati suasana di pinggir gazebo atau lesehan berlatar belakang air terjun. anda bisa santai sejenak bercengkrama dengan keluarga sahabat atau orang terkasih anda, apalagi ketika disini sinyal handphone susah jadi bisa menambah kenyamanan dan keintiminan berwisata bersama keluarga tidak terganggu karena handphone.

Tempat makan

Ketika anda berkunjung kesini anda tak perlu khawatir kehausan atau kelaparan karena di sekitar kawasan air tejun banyak tempat makan dengan harga terjangkau menu yang ditawarkan juga enak enak apalagi di nikmati di bawah air terjun yang berhawa sejuk. anda bisa menikmati sate kelinci sebagai menu favorit di sekitar sini harganya juga sangat terjangkau, selain itu untuk anda yang doyan minum kopi, rekomended banget buat ngopi disini apalagi ditemani gemericik air terjun. Ditambah lagi di temani gorengan sebagi cemilan.

kebanyakan para wisatawan yang berkunjung kesini selain ingin melihat air terjun juga ingin menikmati sate kelincinya karena sate kelinci disini memang enak dan terjangkau harganya. Apalagi ditambah pedagang disini yang ramah -ramah ,patut di coba bukan?

Mushola dan kamar mandi

untuk anda yang beragama muslim disini juga di sediakan mushola untuk menjalankan ibadah. jadi ketika waktu sholat tiba anda bisa menjalankan ibadah anda di sini.

selain itu disini juga disediakan kamar mandi untuk anda yang ingin ke kamar mandi untuk membilas tubuh anda sehabis mandi di air terjun, atau kebutuhan lain nya seperti buang air kecil dan sebagainya

Aktivitas di air terjun jumog

air terjun ini sering sekali mendapat penilain bagus dari para wisatawan, mungkin karena semua pelayanan kebersihan sampai fasilitas dan wahana yang ada disini tertata rapi selain makanan yang ada disini mempunyai harga dan kualitas yang sebanding. selain itu keindahan air terjun disini sungguh menenangkan hati. lantas apa saja aktivitas yang bisa dilakukan di air terjun jumog ini.

Swafoto di air terjun jumog

air terjun jumog
photo from guide yanti yanik

tak lengkap rasanya apabila kita berkunjung kesuatu tempat wisata tanpa melakukan swafoto, berfoto di tempat wisata memang sudah jadi kewajban apabila kita berkunjung ke tempat wisata. Apalagi tempat wisata yang kita kunjungi mempunyai spot spot foto yang menarik seperti air terjun jumog ini, spot foto yang paling populer disini adalah jembatan di depan air terjun, jembatan di air terjun sendiri sangat unik karena tepat dibawah air terjun, Model jembatan nya juga mirip banget seperti jembatan jembatan yang ada di jepang.

Berenang di kolam renang anak – anak

photo from guide safenta pratama

untuk anda yang mengajak balita atau anak kecil pasti bingung ketika ingin mengajak anak anda mandi di air terjun karena kondisi air terjun nya memang tidak aman untuk balita, nah untuk menyiasati itu dari pengelola menyediakan kolam renang untuk balita agar anak anak anda yang masih balita bisa merasakan kesegaran air terjun tapi di tempat yang aman yaitu di kolam renang untuk balita ini.

Bermain air dan berenang di air terjun

untuk anak anak yang lebih besar sampai remaja atau dewasa biasanya mereka memilih bermain air angsung dibawah air terjun, air terjun sendiri memiliki ketinggian 30 meter dan curah air yang tidak terlalu kencang, pada hari hari biasa ketika cuaca cerah dan tidak hujan air terjun disini begitu indah dengan sumber air yang masih bersih dan bening, akan tetapi ketika hujan tiba biasanya air terjun ini ditutup oleh pengawas atau pengelola, ini dilakukan agar menjaga keselamatan dan kenyamanan para wisatawan.

sangat direkomendasikan membawa pakaian ganti ketika berkunjung ke wisata seperti air terjun ini, untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak di inginkan seperti terpeleset tercebur atau kecipratan air tanpa disengaja, jika tidak membawa pakaian ganti anda siap siap basah apalagi udara disekitar air terjun cukup sejuk.

Menikmati makanan di pinggir air terjun

photo guide fajar arianto

untuk anda yang sudah lelah bermain air atau berjalan jalan disekitar air terjun sambil berswafoto, bisa beristirahat di gazebo gazebo pinggir air terjun atau memakai alas yang di sediakan di sekitar air terjun, sambil menikmati air terjun anda bisa memesan makanan di tempat makan disekitar air terjun, makanannya pun beragam dari cemilan ringan, gorengan, sampai menu favorit di sekitar air terjun yaitu sate kelinci. sate kelinci di sini sangat enak dan terjangkau, tak heran apabila sate kelinci di sini menjadi menu yang paling laris. selain itu untuk anda yang doyan minum kopi anda bisa memesan kopi disini dengan susana sejuk air terjun sangat cocok apabila ditemani kopi hangat. untuk harga anda tidak usah khawatir karena harga semua pedagang masih standart dari tempat makan sampai penjual kopi keliling.

untuk anda yang ingin berkunjung kesini pada hari hari libur nasioanal atau hari weekend siap siap harus sabar karena biasanya wisatawan akan membludak pada hari hari tertentu.

Wisata terdekat dari air terjun

selain air terjun sebenernya masih banyak tempat wisata di sekitar air terjun yang bisa dikunjungi, jadi ketika anda ingin menikmati beberapa tempat wisata dalam satu jalur dan berdekatan disinilah tempatnya karena beberapa wisata yang tak kalah menarik masih berada dikawasan atau jalur air terjun ini, Berikut Ulasan nya

Candi sukuh

Untuk anda yang suka dengan wisata sejarah atau religi tidak ada salahnya bisa mampir ke candi sukuh, candi yang di temukan pada tahun 1815 ini mempunayi keunikan sendiri di antara banyak sekali ornamen ornamen disekitar candi yang menyerupai alamat kelamin. sangat unik bukan. Jarak wisata air terjun jumog ke candi sukuh sendiri sekitar 2,8 km atau bila ditempuh dengan kendaran dengan kecepatan standart memakan waktu sekitar 10 menit saja. Bagaimana dekat bukan? jarak yang begitu dekat dikarenakan candi sukuh sendiri masih satu desa dengan air terjun jumog yaitu di desa berjo, kecamatan ngargoyoso.

Telaga madirda

selain candi sukuh ada lagi tempat wisata terdekat lain nya yaitu telaga madirda, telaga madirda sendiri adalah danau atau telaga buatan yang terletak di desan berjo, dan masih satu kawasan dengan candi sukuh dan air terjun jumog. tempat wisata ini sangat cocok untuk keluarga atau menghabiskan malam bersama keluarga, anda bisa bercamping disini dengan aman karena banyak penjaga disini dari pihak pengelola , untuk anda yang ingin menikmati suasana camping di gunung akan tetapi belum bisa, Mungkin bisa mencobanya bercamping di telaga madirda. di telaga madirda sendiri menyediakan penyewaan alat camping seperti tenda matras lampu dan lain nya. jarak air terjun ke telaga madirda sendiri sekitar 3,5 KM atau apabila ditempuh dengan kecepatan standart akan memakan waktu perjalanan sekitar 10-15 menit.

Teman- teman dan sahabat traveling.co.id kami menulis artikel ini membutuhkan beberapa jam untuk melakukan riset atau menulis ide, kami harap teman teman pembaca bisa membagikan artikel ini di media sosial teman-teman atau memberi rating artikel ini agar kita semakin semangat lagi dalam memberikan informasi kepada anda. kami menghabiskan waktu ber jam jam untuk menulis anda cukup meluankan waktu 5 detik untuk membagikan artikel ini

Tinggalkan komentar