Panduan traveling Tempat makan

Tempat Sarapan Pagi di Solo paling populer

Sarapan pagi solo bisa memanjakan perutmu yang sedang lapar tapi bingung ingin mencari makan apa sesudah bangun tidur. Kalau kamu sedang atau berniat pergi liburan ke kota penuh dengan kebudayaan ini, maka sebaiknya kamu mencari tahu terlebih dahulu tempat-tempat makan pagi enak yang ada di Solo. Tidak hanya menghidangkan bubur ayam yang memang sudah terkenal sebagai sarapan pagi, namun kota kecil ini juga menawarkan berbagai kuliner sarapan istimewa lainnya yang bisa diintip menu dan tempatnya di bawah ini.

Daftar rekomendasi tempat sarapan pagi Solo yang enak

Buat kamu yang hobi makan dan selalu bingung ingin sarapan pagi dimana, maka berikut ini beberapa rekomenasi sarapan pagi Solo yang enak:

Rawon Penjoro Bu Har Gladag

rawon penjoro bu har gladag

Rawon Penjoro atau dalam bahasa Indonesia artinya penjara mungkin terdengar aneh namanya di telingamu. Namun nama ini tidak salah karena konon sang pemilik warung mengambil nama tersebut karena warungnya yang terletak dekat dengan Rumah Tahanan Negara alias Rutan. Tepatnya di sebelah timur Rutan Solo yang beralamat di Jalan Slamet Riyadi St no 16, Kampung Baru, Ps Kliwon.

Rawon yang disajikan memiliki cita rasa yang berbeda dengan rawon di Jawa Timur dengan perpaduan kuah hitam yang gurih, daging sapi empuk dan berbagai sajian tambahan lainnya seperti tempe, tahu, telur asin dan tauge/ kecambah. Otomatis menggoyang lidah. Warung ini sendiri sudah ada sejak tahun 1970 dan buka dari jam 6 pagi hingga 3 sore WIB. Harga seporsi rawon Rp 11 ribu dan seporsi nasi rawon pisah Rp 14 ribu.

Baca juga : Tempat sarapan murah meriah mulai dari 10 ribu lhoo

Nasi Langgi Nonongan Wora Wari

nasi langgi nonongan wora wari

Rasanya sangat afdol bila sudah mencicipi sarapan pagi Solo enak dengan makan nasi langgi yang mengenyangkan. Lokasi warung makan nasi langgi ini ada di Jalan Wora – Wari no.3 yang buka dari jam 7 pagi sampai 4 sore WIB. Menu nasi langgi yang dihidangkan sangat spesial berupa nasi dilengkapi lauk khas seperti daging sapi berbumbu, serundeng, telur dadar suwir, tempe kering serta sambal goreng hati. Warung ini juga menawarkan pesan antar dan menyediakan gazebo tempat kamu bisa makan di sana langsung. Harga rata-rata menunya murah meriah Rp 10.500. Selain menu nasi langgi, juga menyediakan ayam goreng kremes, sop buntut, ayam panggang Klaten, dsb.

Dim Sum Roda Manahan

dimsum soda manahan

Eitss… siapa bilang makan sarapan pagi di Solo hanya ada nasi saja? Kalau kamu bosan makan nasi, maka kamu bisa menikmati kelezatan dimsum Roda Manahan. Alamatnya ada di Jalan Menteri Supeno no.2, Manahan, Banjarsari tepatnya di depan Gedung Wanita Manahan/ Patung Kuda Manahan. Dimsum ini bisa dinikmati sejak pagi dari pukul 5.30 WIB. Tempatnya ada di pinggir jalan sehingga kamu bisa menikmati kesegaran embun pagi sambil sarapan.

Untuk menunya sendiri ada banyak mulai dari hakau udang dan cumi-cumi, khaifun, bakpau, sampai paikut, lumpia, khaicha, dsb. Rata-rata harga menunya dibanderol tidak mahal, sekotak dimsum dijual mulai Rp 11 ribu. Selain dimsum, tempat ini juga menyediakan bubur dibanderol Rp 10 ribu.

Soto Seger Mbok Giyem

soto seger mbok giyem

Sepertinya salah satu menu sarapan pagi Solo yang enak dan tidak boleh terlewatkan adalah soto hangat dari Soto Seger Mbok Giyem cabang Solo. Untuk mencicipi soto ini maka kamu harus pergi ke Jalan Kapten Piere Tendean, Nusukan, Banjarsari. Warung ini buka dari pukul 6 pagi hingga 8 sore WIB dan selalu padat dengan pengunjung. Selain soto segar, warung ini juga menawarkan lauk tambahan lainnya seperti perkedel, telur puyuh, sate babat, tempe goreng kering, sosis solo goreng dan karak. Harga per mangkuk sotonya amat murah, sekitar Rp 10 ribuan saja.

Nasi Liwet Pasar Gede Bu Sri

nasi liwet gede bu sri

Nasi atau sego liwet masih sering jadi favorit menu untuk sarapan pagi selama di Solo. Selain rekomendasi nasi langgi di atas, masih ada tempat makan nasi enak lainnya yaitu nasi liwet Bu Sri yang ada di Pasar Gede Solo, tepatnya di sepanjang deretan lapak penjual buah, paling sudut pasar. Seporsi liwet ini hanya dibanderol seharga Rp 9 ribu saja dan kamu bisa mencicipi nikmatnya nasi liwet yang disajikan bersama suwiran ayam kampung rebus, telur pindang, dan sayur labu di atas piring rotan. Warung nasi liwet Bu Sri ini buka sejak pagi dari pukul 5.30 sampai 12.30 WIB.

Warung Selat Mbak Lies

tempat sarapan di solo

Lokasi warung selat ini berada jauh dari jalan raya, tepatnya masuk ke gang. Meski ada di gang, tapi tempat sarapan pagi Solo ini selalu ramai dengan pengunjung. Lokasinya ada di Jalan Veteran, Gg no 42, Serengan, Kota Surakarta. Selat Mbak Lies terkenal begitu lezat dengan penyajian dari daging sapi empuk serta kuah selat yang segar dan pelengkap seperti buncis, wortel, serta kentang. Seporsi selat ini dibanderol dengan harga Rp 15 ribu saja dengan menu selat beragam seperti Selat bestik, selat lidah, selat galantin dan selat galantin kuah segar. Warungnya buka setiap hari dari pukul 8 pagi WIB.

Sambel Tumpang Pecel Bu Kis

sambel tumpang pecel bu kis

Menu utama yang ditawarkan di tempat makan ini adalah pecel yang bisa disantap dari pukul 7 pagi hingga 2 sore WIB. Lokasinya ada di belakang Pengadilan Negeri Solo, tepatnya di Jalan Gleges, Priyobadan, Solo. Tempat makan sarapan pagi Solo ini memang terlihat sederhana, namun menyajikan cita rasa khas yang tidak akan terlupakan. Nasi pecel dan sambel tumpeng ini tidak terlalu pedas, malah dominan rasa manis dengan perpaduan berbagai macam sayuran seperti kembang turi, daun pepaya, bayam, kol, kenikir dan taoge. Sambal tumpangnya sendiri diolah jadi sayur berkuah santan yang dimasak dengan tempe semangit atau tempe busuk, baunya seperti terasi. Untuk harganya kisaran Rp 6 ribu hingga 30 ribu.

Sate Kambing Hj. Bejo

sate kambing hj bejo

Rumah makan sate kambing satu ini sangatlah spesial karena sering jadi langganan Presiden Jokowi ketika pulang kampung ke Solo. Rumah makan sate ini lokasinya ada di kawasan Lojiwetan, Pasar Kliwon, Solo yang buka setiap hari dari pukul 7 pagi hingga 4 sore WIB. Di rumah makan ini djual dengan beragam macam menu mulai dari sate daging, sate buntel, tongseng biasa, tongseng tengkleng dan gulai. Untuk menu utama satenya disajikan bersama dengan nasi hangat dan bumbu kecap. Mengenai harganya memang lumayan harus merogoh kocek, karena rata-rata harga seporsi sate sekitar Rp 45 ribuan.

Gudeg Ceker Margoyudan

gudeg ceker margoyudan

Memang gudeg ini bukanya dari tengah malam pukul 1.30 WIB, namun biasanya buka sampai pagi jam 7 sehingga kamu tetap bisa mencicipinya pagi-pagi. Warung makan ini tidak pernah sepi pengunjung dan sangat laris. Lokasinya ada di Jalan Wolter Monginsidi no 41-43, Margoyudan. Rasa gudegnya cenderung gurih atau asin yang disajikan bersama dengan kaki ayam alias ceker empuk. Belum lagi ditambah pedasnya sambal krecek yang super mantap menambah gurih cita rasa gudeg yang ada.

Tahu Kupat Solihin

sarapan pagi solo

Jika kamu ingin mencicipi sarapan pagi Solo dengan kuah kacang bumbu yang sangat enak, maka kamu bisa mencoba icip tahu kupat Solihin. Alamatnya ada di Jalan Gajah Mada 95, Solo, tepatnya di sebelah masjid Solihin. Warung makan tahu kupat ini buka dari pukul 7 pagi hingga 6 sore WIB. Warung Solihin sendiri sudah lama berdiri dan terkenal sebagai warung makan legendaris dimana kamu bisa merasakan kenikmatan kupat tahu yang disajikan bersama bakwan, mie kuning, tahu goreng dan kol yang disiram dengan kuah kacang kecap yang enak. Sebagai pelangkapnya ada kerupuk gendar yang terbuat dari nasi, membuat hidangan makin asyik. Apalagi rata-rata harga menunya murah meriah sekitar Rp 8 ribu hingga Rp 10 ribu saja.

Selat Viens Solo

sarapan pagi solo

Masih belum puas makan selat? Di sini kamu bisa mencicipi sarapan pagi Solo murah yaitu hidangan selat Viens Solo yang beralamat di Jalan Hasanudin no 99, Punggawan, Banjarsari. Hidangan selat segar ini mempunyai banyak sekali keunggulan dari segi cita rasanya yang enak dengan harga yang ramah di kantong hanya kisaran Rp 10 ribu saja. Warung yang tidak pernah sepi pengunjung ini buka dari pagi pukul 7 hingga 5 sore WIB. Hidangan selatnya menggabungkan konsep bistik dengan salad terdiri dari sayuran, telur, daging dan kuah segar.

Sate Kere Yu Rebi

sarapan pagi solo

Kere dalam bahasa Indonesia artinya miskin, namun rasa sate kere yang dijual di Yu Rebi ini kaya akan cita rasa nikmat. Namanya yang terkesan unik rupanya memiliki filosofi tersendiri karena pada jaman dahulu, sate semacam ini hanya dijual untuk kalangan menengah ke bawah, itulah mengapa disebut sate kere. Sate ini juga menjadi salah satu langganan favorit kulineran Presiden Jokowi. Alamatnya ada di Jalan Kebangkitan Nasional Kios 1-2, Sriwedari yang buka dari pukul 9 pagi sampai 8 malam WIB. Rata-rata harga menu yang ditawarkan berkisar dari Rp 10 ribu sampai Rp 22 ribu saja.

Seafood Pak Petruk

sarapan pagi di solo

Buat kamu para pencita makanan laut alias seafood, pastinya jangan lewatkan kesempatan makan di salah satu warung seafood yaitu Seafood Pak Petruk yang buka dari jam 4.30 pagi hingga 11 malam. Ada banyak menu andalan yang ditawarkan di tempat ini, contohnya seperti menu cumi goreng mentega, kerang dan kepiting dengan bumbu padang, bakmi godog seafood, dan masih banyak lagi. Mengenai rata-rata harganya sendiri dihitung berdasarkan berat ikan atau seafood yang kamu pesan, misalnya saja untuk kepiting mulai dari Rp 17.500 per ons. Kamu yang penasaran ingin mencicipi menu di warung ini bisa datang langsung ke Jalan Gajah Mada no 48, Banjarsari, kota Solo.

Baca juga: Tempat sarapan di solo dari tengkleng sampai soto

Itulah berbagai macam rekomendasi yang bisa kamu datangi sendiri ketika mencari tempat makan sarapan pagi Solo yang enak. Rasanya kurang puas jika sudah berlibur jauh-jauh ke Solo namun tidak coba mencicipi beberapa hidangan atau semua makanan yang sudah direkomendasikan di atas, selamat berlibur dan berwisata kuliner, ya!

Write A Comment