Panduan traveling Tempat makan

10 Menu dan Tempat Sarapan di Solo Paling Murah

Sarapan di Solo bisa dinikmati dengan banyak varian menu enak, mulai dari nasi pecel, tahok hingga soto segar. Berbagai macam menu masakan ini cocok untuk santap wisata kuliner kamu yang sedang berkunjung dan liburan ke Solo. Makan sarapan tidak harus melulu di hotel, namun kamu bisa berburu ke berbagai pelosok kota Solo untuk mencicipi rekomendasi sarapan enak di bawah ini.

Daftar kuliner sarapan di Solo yang super enak

Cabuk Rambak Tuminah

sarapan di solo

Cabuk rambak adalah makanan yang bisa dijadikan sarapan, makan siang hingga makan malam. Makanan ini biasanya dihidangkan di atas wadah yang terbuat dari daun pisang alias pincuk. Cabuk rambak terdiri dari ketupat yang diiris tipis kemudian disajikan bersama karak serta sambal wijen. Rasanya menggugah selera dan kamu bisa mencoba cicipi salah satunya di Cabuk Rambak Tuminah yang berlokasi di Jalan Menteri Supeno, Manahan, Banjarsari. Buka dari jam 6.30 pagi hingga 11 siang WIB. Harga rata-rata seporsi cabuk rabak amat murah hanya Rp 5 ribu saja.

Baca juga: tempat sarapan di solo paling fenomenal dan murah banget

Tahok Pak Citro

sarapan di solo

Jika kamu tidak ingin menyantap makanan yang terlalu berat untuk sarapan di Solo kota, maka bisa mencicipi Tahok. Ini adalah kuliner rakyat yang dibuat dari lumatan kedelai, mirip seperti tahu sehingga teksturnya lembut dan dihidangkan dengan kuah campuran gula Jawa serta rempah-rempah. Bisa diminum hangat-hangat dan harganya murah meriah, hanya sekitar Rp 4 ribuan saja. Jika ingin datang sendiri langsung saja cicipi di Pasar Gede, tepatnya di Jalan Suryopranoto no. 21, Kepatihan Wetan yang buka dari jam 6 pagi WIB.

 Rumah makan Bale Padi

sarapan di solo

Jika ingin mencicipi sarapan di Solo enak yang lumayan mewah maka kamu bisa berkunjung ke RM Bale Padi yang buka mulai dari jam 7 pagi hingga 10 malam WIB. Rumah ini menawarkan sajian khas Jawa, tidak hanya dari segi menunya, tapi juga dekorasi restorannya. Harga makanan lumayan murah, misalnya seporsi gulai kakap dihargai Rp 10 ribu, empal Rp 12 ribu dan ada juga menu seharga Rp 20 ribu hingga 30 ribuan tersedia. Sedangkan untuk menu minumannya bisa kamu dapatkan dengan rata-rata harga Rp 4 ribu hingga 12 ribu. Lokasinya RM ini ada di Jalan Ovensari Raya, Kadilangu, Baki Pandean.

Sate Buntel Haji Bejo

sarapan di solo

Menu sarapan di Solo satu ini sangat terkenal karena sudah menjadi langganan Presiden Jokowi. Lokasi warung sate ini letaknya bukan di pinggir jalan besar atau di tengah kota, tapi masuk ke komplek perumahan, tepatnya di Jalan Sungai Sebakung no. 10, Kedung Lumbu, Pasar Kliwon. Buka dari jam 7.30 pagi hingga 5 sore, menu yang disajikan berupa sate buntel dari daging kambing dengan nasi dan bumbu kecap. Selain sate buntel, warung ini juga menawarkan hidangan lain seperti tengkleng dengan kuah berbumbu nikmat. Harga rata-rata per porsinya Rp 50 ribu hingga Rp 70 ribu.

Selat Solo Mekar Sari

sarapan di solo

Warung selat Solo ini berlokasi di dekat Pasar Kembang, tepatnya di Jalan Dr. Radjiman no. 168A, Kemlayan, Serengan. Selat Solo ini merupakan makanan yang mirip seperti bistik sapi. Biasanya dihidangkan dengan telur dan sayuran seperti selada, buncis, kentang, wortel dan tomat yang diberi tambahan kuah manis serta sedikit mustard. Warung makan Mekar Sari ini buka dari jam 9 pagi hingga 7 malam WIB. Kamu juga bisa menemukan varian menu lainnya seperti nasi gudeg, galantin, gado-gado, tahu acar, dsb. Harga rata-rata menunya sendiri berkisar Rp 18 ribu sampai Rp 27 ribuan.

Soto Bati’ah

soto batiah

Soto Bati’ah bertempat di Jalan Samratulangi no. 33, Manahan, Banjarsari. Tempat makan ini dibuka dari hari Senin hingga Sabtu mulai pukul 7 pagi hingga 3 sore WIB. Warung ini menyajikan menu soto daging yang sayang untuk dilewatkan jika sedang mencari sarapan pagi yang enak. Harganya sendiri terbilang standar, misalnya saja menu soto dengan nasi dihargai sekitar Rp 15 ribuan. Selain menu soto, pengunjung juga bisa tambah menu gorengan sebagai pelangkap.

Jenang Grendul Sekawan

sarapan di solo

Kalau sedang jalan-jalan di Solo, maka jangan lewatkan untuk mencicipi menu jenang grendul yang banyak dijajakan di sana. Siapa bilang sarapan hanya bisa makan nasi saja, jika kamu bosan maka kamu bisa cicipi menu jenang Grendul Sekawan yang ada di Solo. Lokasinya bertempat di selatan SMP 10 atau depan TB Sekawan. Tepatnya ada di Jalan Kartini yang buka dari jam 6 hingga 9 pagi WIB. Seporsi jenang grendul dihargai Rp 5 ribu saja dan kamu bisa mencicipi jenang komplit yang diisi Mutiara, kentan hitan, pati, sumsum, grendhul, dan garul dengan siraman gula Jawa.

Bubur Mas Brengos

Bubur Mas Brengos berlokasi di Jalan Adi Sucipto no. 1, Manahan, Banjarsari yang buka dari pukul 6 hingga 10 pagi WIB. Bubur menjadi sarapan yang paling banyak dicari di kota Solo, karena selain mengenyangkan, makan bubur sangatlah enak untuk mengganjal perut di pagi hari. Salah satu favorit menu yang ada di Mas Brengos adalah bubur ayam teri yaitu bubur yang diberi topping berupa ayam, teri, kacang dan kulit pangsit. Selain menu bubur, kamu juga bisa mencicipi menu pelengkap lainnya seperti telor orak-arik, keripik tempe, ceker ayam, dan telur ayam rebus. Rata-rata harga yang ditawarkan untuk seporsi bubur ayam adalah Rp 14 ribu.

Tahu Gimbal Pak Yono

sarapan di solo

Tahu Gimbal Pak Yono letaknya ada di Timur Polresta Solo, tepatnya di Jalan K.S Tubun, Foodcourt Stadion Manahan, Banjarsari. Menu sarapan di Solo ini lumayan terkenal dan seporsi hanya dihargai Rp 13 ribu saja. Dalam seporsi tahu gimbal, disajikan komposisi tahu, gimbal, kupat, telur goreng, sayur tauge dan kol yang diberi siraman kuah kacang segar dengan campuran petis. Warung tahu gimbal Pak Yono buka setiap hari dari pukul 7.30 pagi hingga 6 sore WIB. Disarankan jika mencicipi tahu gimbal ini dalam keadaan sangat lapar karena porsinya termasuk banyak.

Es Dawet Telasih Bu Dermi

sarapan di solo

Sebagai pelengkap sarapan berat kamu, maka tidak ada salahnya melengkapi menunya dengan dawet telasih Bu Dermi. Es dawet ini merupakan es dawet yang sangat hits di Pasar Gede Solo, bahkan jadi langganan Presiden Jokowi. Es dawet disajikan dalam semangkuk dawet berisi jenang sumsum, ketan hitam, tape ketan, biji selasih, cairan gula yang dihidangkan bersama kuah santan yang rasanya sangat menggoyang lidah. Usaha es dawet Bu Dermi sendiri sudah ada sejak tahun 1930-an, merupakan salah satu kuliner legendari di Pasar Gede. Semangkuk es dawet hanya dihargai Rp 9 ribu saja dan kamu bisa kunjungi di Jalan Jend. Urip Sumoharjo yang buka dari jam 8 pagi hingga 3 sore WIB.

Itulah beberapa rekomendasi sarapan di Solo yang tidak boleh kamu lewatkan ketika pergi liburan bersama keluarga atau sahabat. Selamat mencicipi, ya!

Write A Comment